Sukses

Cara Main UNO Stacko Kayu dan Aturannya, Seru Buat Nongkrong

Cara main UNO Stacko kayu bisa dilakukan langsung atau dengan menggunakan dadu.

Liputan6.com, Jakarta Cara Main UNO Stacko kayu tidak jauh berbeda dengan yang biasa. Permainan UNO Stacko ini sangat asik dimainkan bersama-sama saat nongkrong bersama teman-teman. Bahkan permainan ini bisa menampung hingga banyak pemain.

Main UNO Stacko dengan berbagai warna atau berbahan kayu tentunya sangat menyenangkan. Apalagi perasaan mendebarkan saat menarik balok dan berusaha untuk tidak menjatuhkan menaranya membuat kumpul sama teman-teman menjadi meriah.

Cara main UNO Stacko kayu bisa dilakukan langsung atau dengan menggunakan dadu. Jika kamu main UNO Stacko kayu menggunakan dadu, maka permaianan tersebut lebih mirip dengan permainan Jenga. Bermain UNO Stacko dengan dadu membuat kamu secara tidak langsung belajar matematika dengan menyenangkan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara main UNO Stacko kayu dari berbagai sumber, Rabu (27/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Komponen dan Jenis Balok UNO Stacko

Komponen UNO Stacko

Berikut beberapa komponen pada UNO Stacko:

- 8 Balok Biru

- 8 Balok Merah

- 8 Green Balok Hijau

- 8 Yellow Balok Kuning

- 4 Balok Draw two

- 4 Balok Reverse

- 4 Balok Skip

- 1 Balok Wild

Jenis Balok UNO Stacko

Tidak jauh berbeda dengan permainan UNO dalam kartu, cara main UNO Stacko kayu juga memiliki beberapa tanda atau simbol yang berada pada masing-masing balok.

Berikut beberapa jenis balok yang ada pada UNO Stacko:

- Balok Angka, balok yang memiliki angka pada masing-masing sisinya. Angka pada balok UNO Stacko ini dimulai dari angka 1 hingga 4. Angka-angka tersebut terdapat pada 4 warna yang berada di permainan UNO Stacko, yakni biru, kuning, merah, dan hijau.

- Balok Turn Around atau Reverse, balok yang memiliki simbol dua panah yang saling berlawanan arah. Hal ini menandakan bahwa giliran pemain akan diputar balik.

- Balok Draw 2, balok dengan lambang dua kotak pada tiap sisinya. Hal ini menandakan bahwa pemain selanjutnya harus mengambil 2 balok dengan warna yang sama pada balok draw 2 block ini.

- Balok Skip, balok dengan lambang lingkaran yang dicoret pada tiap sisinya. Hal ini berarti bahwa pemain selanjutnya tidak akan mendapatkan giliran atau dilewati dalam satu giliran tersebut.

- Balok Wild, balok dengan warna ungu ini dapat diambil kapan saja oleh para pemain. Nantinya, orang yang mengambil balok ungu ini akan menentukan warna apa yang perlu diambil oleh pemain selanjutnya.

3 dari 5 halaman

Cara Main UNO Stacko Kayu Tanpa Dadu

Menyusun UNO Stacko

Cara main UNO Stacko kayu yang pertama adalah menyusunnya terlebih dahulu. Cara penyusunannya, kamu bariskan 3 balok secara acak pada masing-masing tingkatan atau level. Susunan balok dilakukan secara menyilang antara baris satu dan selanjutnya, begitu seterusnya.

Cara main UNO Stacko kayu

Setelah menyusun semuanya, kamu bisa mulai menerapkan cara main UNO Stacko kayu ini. UNO Stacko sendiri dapat dimainkan oleh 2 hingga 10 pemain. Jadi, jika kamu memiliki teman yang cukup banyak, permainan ini dapat menjadi salah satu rekomendasi yang sangat menyenangkan.

- Pemain pertama harus mengambil balok pada bagian bawah ataupun tengah.

- Setelah balok tersebut diambil, maka pemain tersebut harus meletakkan kembali balok tersebut di bagian atas menara.

- Pemain berikutnya harus mengambil balok dengan warna ataupun angka yang sama dengan yang diambil oleh pemain sebelumnya.

- Permainan terus berlanjut hingga salah satu pemain merobohkan atau meruntuhkan menara UNO Stacko.

4 dari 5 halaman

Aturan Main UNO Stacko

Cara main UNO Stacko kayu ini tentunya memiliki berbagai aturan. Aturan ini tentunya akan membuat permainan menjadi lebih menegangkan. Kamu bisa membuat aturan permainan UNO Stacko ini sesuai kesepakatan bersam teman-temanmu.

Berikut beberapa aturan yang biasa digunakan dalam menerapkan cara main UNO Stacko kayu:

- Pemain yang mengambil balok hanya diperbolehkan menggunakan satu tangan saja. (Bahkan, ada aturan yang hanya memperbolehkan menggunakan dua jari saja)

- Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketika balok-balok bersimbol digunakan oleh pemain lain, maka pemain selanjutnya wajib untuk mengikuti aturan yang berlaku pada masing-masing simbol.

- Balok yang diijinkan diambil oleh para pemain adalah balok pada susunan bawah, balok pada level 1,2, dan 3 pada bagian atas tidak diijinkan untuk diambil.

- Balok pertama yang diambil oleh pemain awal harus balok yang mengandung angka (dilarang keras mengambil balok bersimbol).

- Pemain yang meruntuhkan susunan menara diharuskan menyusun dan menata kembali menara agar dapat dimainkan kembali.

5 dari 5 halaman

Cara Main UNO Stacko Kayu dengan Dadu

Berbeda dengan UNO Stacko biasa, Uno Stacko dengan dadu ini cenderung mirip dengan permainan Jenga. Dimana kamu hanya mengambil balok sesuai dengan angka yang keluar dari dadu. Biasanya UNO Stacko yang menggunakan dadu ini terbuat dari kayu.

Untuk cara bermain, secara garis besar mirip dengan UNO Stacko tanpa dadu. Bedanya, hanya dari balok mana yang perlu diambil. Pada penggunaan dadu, maka balok yang diambil adalah sesuai hasil dari 4 dadu yang kamu lemparkan.

Adapun untuk tanda matematika yang digunakan (+, –, x, dan :) untuk menghasilkan angka yang digunakan, hal itu tergantung pada kesepakatakan semua pemain. Entah itu hanya menggunakan tanda tambah (+) saja untuk hasil dadunya, ataupun boleh menggunakan tanda lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini