Sukses

Macam-Macam Puasa Sunnah dan Niatnya yang Dapat Dilakukan Umat Muslim

Macam-macam puasa sunnah dan niatnya perlu diketahui oleh setiap muslim.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam puasa sunnah dan niatnya hendaknya sudah diketahui oleh umat muslim. Puasa sunnah merupakan salah satu lumbung pahala yang bisa dimanfaatkan oleh umat muslim pada waktu yang telah ditentukan.

Selain puasa wajib di bulan Ramadan, masih banyak lagi puasa sunnah yang dianjurkan oleh Agama Islam untuk dikerjakan. Walaupun tidak wajib dilakukan, tentunya akan sangat merugikan bila kamu tidak melaksanakannya, karena bisa mendapatkan pahala dan menghapus dosa.

Macam-macam puasa sunnah dan niatnya perlu diketahui oleh setiap muslim. Ada beberapa puasa sunnah yang dapat secara rutin kamu laksanakan, dan ada pula beberapa puasa sunnah lainnya yang dilakukan pada waktu tertentu saja.

Berikut Liptuan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (10/8/2019) tentang macam-macam puasa sunnah dan niatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Puasa Bulan Dzulhijjah

Puasa Sunnah 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Puasa sunnah 10 hari pertama Dzulhijjah adalah macam-macam puasa sunnah dan niatnya yang pertama, yang dikerjakan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Puasa sunnah ini adalah salah satu amalan yang dianjurkan dikerjakan dalam 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

 Untuk mulai menjalankan amalan puasa sunnah ini, disunnahkan untuk membaca niatnya seperti berikut:

"NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJJATI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA"

Artinya: Aku niat puasa sunnah di bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala.

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

Macam-macam puasa sunnah dan niatnya yang selanjutnya adalah Puasa Arafah. Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan sehari sebelum hari Idul Adha, tepatnya tanggal 9 Dzulhijjah.

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah punya keutamaan yang besar daripada puasa sunnah 10 hari pertama Dzulhijjah lainnya. Keistimewaan puasa Arafah ini diungkapkan dalam sebuah hadits berikut ini.

Dari Abu Qotadah, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim no. 1162)

Di antara amalan pada bulan Dzulhijjah yaitu puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah untuk menyambut Idul Adha. Nah, berikut ini adalah niat puasa Arafah yang harus kamu ketahui.

"NAWAITU SHAUMA 'AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA"

Artinya: "Aku niat puasa sunnah Arafah karena Allah Ta’ala"

Selain itu, puasa Arafah 9 Dzulhijjah juga punya dalil atau hukumnya yang diriwayatkan dari Abu Daud yang berbunyi:

"Bahwa Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam biasanya berpuasa hari 9 Dzulhijjah, hari Asyura, 3 hari setiap bulan yaitu Senin pertama dan 2 Kamis terawal."

3 dari 6 halaman

Puasa Senin Kamis

Puasa sunnah senin dan kamis adalah puasa sunnah yang cukup populer dilakukan umat Muslim. Sederhananya, ini adalah macam-macam puasa sunnah dan niatnya yang dilakukan di hari Senin dan Kamis.

Niat puasa sunnah di hari Senin:

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TA'ALA

Artinya: Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta'ala.

Niat puasa sunnah di hari Kamis:

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TA’ALA

Artinya: Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta'ala.

4 dari 6 halaman

Puasa Syawal dan Puasa Muharram

Puasa Syawal

Puasa Syawal adalah puasa sunnah yang dilakukan selama enam hari pada bulan Syawal, pasca hari raya Idul Fitri. Macam-macam puasa sunnah dan niatnya ini dilakukan di tanggal yang tidak ditentukan, boleh urut maupun acak, asal masih dalam bulan Syawal.

Keutamaan puasa 6 hari di Bulan Syawal sesuai dengan hadist nabi Muhammad SAW adalah:

“Siapa saja yang berpuasa Ramadan, kemudian diikuti puasa enam hari bulan Syawal, maka itulah puasa satu tahun.” (HR. Ahmad dan Muslim).

Niat Puasa Syawal:

“Nawaitu sauma ghodin an sittatin min syawalin sunattan lillahi taala.”

Puasa Muharram

Puasa Muharram adalah salah satu macam-macam puasa sunnah dan niatnya yang dilakukan di bulan Muharram, atau tahun barunya umat Islam. Puasa Muharram biasanya dilakukan di tanggal 10 yang dikenal dengan puasa sunnah Asyura.

Niat Puasa Asyura:

“Nawaitu sauma ghodin min yaumi ‘asyura sunnattan lillahi ta’ala.” yang artinya “Aku berniat puasa sunnah Asyura’, karena Allah ta’ala.”

5 dari 6 halaman

Puasa Sya'ban dan Puasa Nabi Daud

Puasa Sya'ban

Macam-macam puasa sunnah dan niatnya yang selanjutnya adalah pausa sya’ban. Puasa Sya'ban adalah puasa sunnah yang dilakukan di Bulan Sya'ban.

Dari Aisyah Radiallahu Anhu beliau berkata:

“Adalah Rasulullah saw berpuasa sampai kami katakan beliau tidak pernah berbuka. Dan beliau berbuka sampai kami katakan beliau tidak pernah berpuasa. Saya tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali Ramadhan. Dan saya tidak pernah melihat beliau berpuasa lebih banyak dari bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud).

Niat Puasa Sya’ban:

“Nawaitu sauma syahri syahban lillahi ta’ala” yang artinya “Saya niat puasa bulan sya’ban , sunnah karena Allah ta’ala.”

Puasa Nabi Daud

Macam-macam puasa sunnah dan niatnya berikutnya adalah Puasa Sunnah Nabi Daud. Puasa sunnah Nabi Daud adalah puasa yang dilakukan selang-seling, yakni sehari puasa dan sehari berikutnya tidak. Begitu seterusnya.

Niat Puasa Daud:

“Nawaitu shauma daawuda sunnatal lillahi ta’aala.” Yang artinya “Saya niat puasa Daud, sunnah karena Allah ta’ala.”

 

6 dari 6 halaman

Doa Buka Puasa Sunnah

Doa berbuka puasa tidak berbeda dengan yang biasa kamu ucapkan di bulan Ramadan. Berikut bacaan doa buka puasa:

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini