Sukses

Menakjubkan, Fenomena Alam Langka Ini Perlihatkan Awan Bak Aurora

Fenomena di langit yang begitu indah dan langka ini mengejutkan banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta Aurora adalah salah satu fenomena di langit yang indah dan hanya dapat dilihat ditempat tertentu saja. Fenomena alam unik ini memiliki tampilan yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet. Cahaya tersebut akibat adanya interaksi antara medan magnetik.

Medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari itu lah yang menghasilkan aurora. Secara umum, aurora terjadi di daerah sekitar kutub utara dan kutub selatan.

Namun fenomena menakjubkan tersebut justru pernah terjadi kawasan Bangsar, Malaysia. Beberapa potretnya bahkan telah beredar di media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Fenomena Cuaca Langka

Dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Jumat (31/5/2019) pada tanggal 28 Mei 2019 lalu warga kawasan Bangsar dikejutkan dengan fenomena di langit yang begitu indah dan langka.

Fenomena itu disebut dengan ‘Crown Flash’ yang langka. ‘Crown Flash’ adalah fenomena meteorologi yang sangat langka dan pertama kali direkam secara ilmiah dalam sebuah jurnal pada tahun 1885. Kejadian luar biasa tersebut kembali terjadi di Bangsar pada 28 Mei lalu yang kemudian diunggah oleh seorang pengguna Facebook.

Pengguna Facebook yang melihat awan unik itu langsung membagikan foto-fotonya yang ia ambil dari Bangsar Heights dari pukul 17.21 hingga 17.35 waktu setempat dengan nama “Republik Bangsar#TROB” dikutip dari World of Buzz. Foto itu menunjukkan awan yang memiliki warna-warni seperti cahaya aurora.

3 dari 4 halaman

1. Fenomena langka yang berhasil diabadikan.

4 dari 4 halaman

2. Crown Flash di langit Bangsar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.