Sukses

4 Prinsip dalam Berolahraga

Prinsip olahraga yang harus diperhatikan adalah F, I, D, T atau Frekuensi, Intensitas, Durasi, Tipe atau jenis olahraga yang ingin dilakukan

Rutin berolahraga terbukti dapat memberikan manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan daya tahan jantung, menurunkan berat badan, dan manfaat lainnya. Namun, bagi Anda yang ingin berolahraga, ada baiknya untuk memerhatikan prinsip olahraga yang benar.

"Prinsip olahraga yang harus diperhatikan adalah F, I, D, T atau Frekuensi, Intensitas, Durasi, Tipe atau jenis olahraga yang ingin dilakukan," kata Dr. Ermita I. Ilyas, Ms, AIFO dari Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dalam acara 'Aktivitas Fisik Membuat Tubuh Bugar dan Menarik' Bersama Pocari Sweat di Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta, seperti ditulis Minggu (23/2/2014)

Lebih lanjut Ermita menuturkan, frekuensi (F) merupakan lamanya waktu yang digunakan si atlet ketika berolahraga dalam seminggu. Idealnya, seminggu ada baiknya dilakukan 3 sampai 5 hari dalam seminggu.

"Dengan frekuensi 3x seminggu, akan memberikan hasil. Dengan frekuensi 5x seminggu, akan menurunkan berat badan," kata dia menerangkan.

Sedangkan intensitas (I) ketika berolahraga merupakan berat dari olahraga yang dilakukan. Sebab, antara olahraga yang satu dan lainnya memiliki intensitas yang berbeda.

Selanjutnya, kata dia, durasi (D) merupakan waktu atau lamanya seseorang melakukan olahraga dalam sehari. Bila Anda melakukan olahraga hanya mampu selama 10 menit, itu tidak menjadi masalah. Daripada tidak berolahraga sama sekali, lebih baik dilakukan walaupun hanya sebentar.

"Idealnya 30 sampai 60 menit. Tapi kalau mampu hanya 10 menit, ya itu masih lebih baik ketimbang tidak sama sekali," kata Ermita menjelaskan.

Dan hal terakhir yang harus diperhatikan adalah jenis dan tipe olahraga. Ermita menjelaskan bahwa ada tiga jenis olahraga yang dapat dipilih seseorang, misalnya aerobik, latihan beban, an-aerobik.

"Aerobik itu seperti lari, renang, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan jantung dan pernapasan. Sedangkan latihan beban untuk meningkatkan kekuatan otot. Sedangkan an-aerobik merupakan olahraga yang dilakukan dalam durasi singkat," kata Ermita. (Adt/Igw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini