Sukses

Usia Berapa Anak Boleh Disekolahkan?

Sebenarnya, berapa usia ideal bagi seorang anak untuk disekolahkan?

Umumnya orangtua akan memasukan anak-anaknya ke sekolah ketika ia berusia di atas 5 tahun. Tapi, seiring perkembangan zaman, tak sedikit pula orangtua yang sudah menyekolahkan anak-anaknya saat berusia di bawah 5 tahun. Sebenarnya, berapa usia ideal bagi seorang anak untuk disekolahkan?

Psikolog Anak, Anna Surti Ariani, SPSi., MSi., Psi, mengatakan bahwa penting bagi orangtua untuk mengetahui apa fungsi utama dari TK A dan TK B itu?

Menurut Anna, kepandaian seorang anak tidak memiliki hubungan yang erat dengan disekolahkan anak tersebut atau tidak. Namun, kesiapan bersekolah di SD sedikit banyak ditentukan oleh pengalaman bersekolah, sehingga TK B di zaman sekarang sangat dibutuhkan.

Untuk memasukkan anak ke TK, lanjut Anna, ada baiknya orangtua untuk mengecek terlebih dulu apakah sekolah yang diincar memang memperbolehkan sang anak untuk menempuh pendidikan usia kecil atau tidak. Sebab, ada SD yang membatasi usia minimal 7 tahun dan ada pula yang 6 tahun.

"Jika SD yang diinginkan membatasi usia masuknya 7 tahun, maka di usia 6 tahun masuk TK B, dan usia 5 tahun masuk di TK A. Carikan kelas yang sesuai dengan usia anak-anak Anda," kata Anna seperti dikutip Health Liputan6.com dari bukunya yang berjudul '250 Tanya Jawab Kesehatan Anak' , dan ditulis Rabu (12/2/2014)

(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini