Sukses

Bolehkah Anak Usia di Bawah 10 Tahun Latihan Beban?

Lantas, apakah anak sudah sepatutnya diperkenalkan dengan aktivitas fisik yang ada di pusat kebugaran, seperti yang dilakukan orang dewasa?

Agar tetap fit dan bugar seorang anak harus dibiasakan rutin melakukan aktivitas fisik. Sejak anak dapat berjalan, maka sudah sewajarnya orangtua memerkenalkan kegiatan fisik pada mereka.

Lantas, apakah anak-anak itu sudah sepatutnya diperkenalkan dengan aktivitas fisik yang ada di pusat kebugaran, seperti layaknya orang dewasa?

Instruktur Kebugaran dari India, Arnav Sarkas mengungkapkan bahwa di beberapa negara ada orangtua yang mulai mengenalkan olahraga di pusat kebugaran seperti angkat beban, saat anak menginjak usia 5 tahun. Dengan catatan, orangtua harus melatihnya langsung atau menggunakan instruktur yang dapat membantunya, agar terhindar dari efek samping.

Arnav menganjurkan, carilah beban yang sesuai dengan usia, keamanan, bentuk yang tepat, dan dapat dipertahankan. Dan jangan lupa untuk menambahkan bobot bebannya secara bertahap.

"Jika anak-anak ingin melakukan latihan seperti ini, penting memberikan anak-anaknya pelatih yang tepat," kata Arnav seperti dikutip Health Me Up, Rabu (15/1/2014).

Sebenarnya angkat beban di pusat kebugaran bukanlah aktivitas fisik yang cocok diberikan kepada anak. Apalagi bila usia anak tersebut di bawah 10 tahun.

Menurut Arnav, anak dengan usia relatif kecil seperti itu ada baiknya untuk diperkenalkan olahraga yang sifatnya beramai-ramai, karena akan membantu anak itu mengembangkan kepribadian dan sosialisasinya.

"Selai itu juga membuat mereka termotivasi, karena mereka bekerja secara tim," kata Arnav menjelaskan.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini