Sukses

Kuman Pilek Awet Berbulan-bulan di Luar Tubuh, Ini Cara Atasi!

Kuman penyebab pilek, infeksi, dan radang tenggorokan bisa bertahan di luar tubuh manusia selama berbulan-bulan.

Menjaga kebersihan tangan sangat baik untuk pertahanan tubuh. Apalagi, kuman penyebab pilek, infeksi, dan radang tenggorokan bisa bertahan di luar tubuh manusia selama berbulan-bulan.

Dengan kondisi tersebut, kuman seperti Streptococcus pneumoniae dan Streptococcus pyogenes bisa hidup di tempat-tempat rawan seperti mainan anak-anak, pegangan pintu, dan keran. Demikian hasil penelitian para ilmuwan di University of Buffalo, New York yang dipublikasikan dalam jurnal Infection and Immunity pada 27 Desember.

Pada penelitian sebelumnya disimpulkan, dua bakteri yang menyebabkan pilek, infeksi telinga, dan radang tenggorokan tak hidup lama di luar tubuh manusia. Namun, berbeda dengan penelitian terbaru ini. Jadi pertahanan terbaik Anda adalah membersihkan tangan dengan benar.

"Temuan ini harus membuat kita lebih berhati-hati tentang bakteri di lingkungan karena mereka mengubah pandangan kita bagaimana bakteri ini menyebar," kata peneliti senior Dr. Anders Hakansson.

"Ini adalah makalah pertama yang langsung menyelidiki bahwa bakteri bisa bertahan hidup dengan baik di berbagai permukaan, termasuk tangan, dan berpotensi menyebar antar individu," katanya lagi seperti dikutip Dailynews, Senin (30/12/2013).

Para peneliti menemukan bahwa di sebuah pusat penitipan anak, empat dari lima boneka positif S. pneumonaie dan beberapa permukaan seperti boks dinyatakan positif S. pyogenes, bahkan setelah dibersihkan. Pengujian ini dilakukan di pagi hari sebelum pusat penitipan anak dibuka hingga berjam-jam sejak kontak manusia.

"Dalam semua kasus ini, kami menemukan bahwa patogen ini dapat bertahan untuk waktu yang lama di luar inang manusia , " kata Hakansson.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan, cara terbaik melindungi diri sendiri dan anak-anak dari sakit yakni:

1. Jaga kebersihan tangan

Gunakan air mengalir dan sabun setidaknya 20 detik. Seringlah mencuci tangan Anda, terutama setelah menyentuh lokasi rawan kuman seperti mainan, gagang pintu, dan keran.

2. Hindari menyentuh wajah Anda
3. Tidak menggosok mata atau menggigit kuku.

Tapi, yang perlu diingat, Anda tak bisa menangkis semua kuman. Jadi usahakan agar kebutuhan minum tercukupi, tidur yang cukup, kurangi stres agar membantu sistem kekebalan tubuh Anda dalam melakukan tugasnya.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini