Sukses

Saat Cemburu, Atasi dengan Ini!

Rasa takut atau cemburu terkadang timbul karena pengalaman masa lalu untuk mengatasinya perlu pemahaman diri sendiri dan bantuan pasangan.

Terkadang timbul perasaan tidak enak yang menggangu ketika pasangan sedang bersama dengan lawan jenis lain walaupun itu hanya teman. Menurut Psikologis Klinis, Dr Kanan Khatau hal tersebut terjadi karena ada faktor emosi yang bergolak.

"Biasanya seseorang berperilaku cemburu ketika ada pengalaman yang membuat emosinya bergejolak dan rasa takut itu memengaruhi emosi dan pikirannya sehingga berubah menjadi negatif," katanya dikutip Idiva, Kamis (12/12/2013).

Kanan mengatakan ketika ada perasaan seperti itu sebaiknya jangan dipendam. "Saya menyarankan jika perasaan sudah dipenuhi rasa cemburu dan takut jangan dipendam, beritahu pasangan itu. Saat dibicarakan pemahaman antara pasangan akan muncul dengan sendirinya, jangan sampai rasa takut malah membuat Anda kehilangan si dia," kata Kanan menjelaskan.

Selain Kanan, Psikolog Seema Hingoranny mengatakan emosi negatif sebaiknya tidak ditekan. "Jangan sampai emosi negatif menutup akal sehat dan membuat Anda dan pasangan terlibat dalam perdebatan atau perang dingin. Ekspresikan rasa cemburu dengan positif misalnya sambil bercanda atau bicara serius namun dengan kondisi yang nyaman," katanya.

Berikut ini Seema memberikan kiat untuk mengatasi rasa cemburu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman



1. Cintai Diri Sendiri

Mengakui kelemahan atau kekurangan akan membantu untuk meminimalkan rasa cemburu. "Selain itu saat tahu kelemahan membantu Anda untuk lebih baik lagi. Belajarlah mencintai diri sendiri terlebih dahulu," ujar Seema.
3 dari 5 halaman


2. Belajar dari masa lalu

Belajar berbeda artiannya dengan membandingkan, menurut Seema setiap orang memiliki karakter yang berbeda. "Jangan pernah menyamakan kondisi masa lalu dengan yang sekarang, walaupun rasa takut timbul karena pengalaman masa lalu tapi bukan berarti harus emosi tetapi redamkan dengan pelajari masalah itu kenapa muncu," kata Seema.

Seema menambahkan jangan sampai emosi negatif mempengaruhi perilaku. "Rasa takut akibat masa lalu justru membuat hubungan Anda sekarang akan bermasalah. Fokus jangan sulit memisahkan mana fakta mana yang ahnya perasaan dari pikiran negatif. Intinya percaya," ujarnya.
4 dari 5 halaman


3. Tenangkan pikiran

Ketika rasa cemburu itu datang coba untuk mengambil napas dalam-dalam dan berpikir tenang. "Jauhkan pikiran-pikiran yang membuat emosi Anda memuncak, apa yang dipikirkan itu mungkin hanya persepsi yang salah," jelas Seema.
5 dari 5 halaman


4. Meminta bantuan pasangan

Jika Anda bukan tipe orang yang mudah mengatakan rasa cemburu, cobalah dengan bahasa isyarat seperti memegang tangannya dengan kuat ketika mendadak cemburu itu datang.

"Tindakan sederhana seperti memegang tangan Anda atau meletakkan lengan di pinggang atau pundak pasangan akan membuat suasana cemburu menjadi lebih nyaman," ujar Seema.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini