Sukses

Agar Tak Boring di Mobil Kala Macet, Lakukan Senam Kecil Ini Aja!

Agar otot tidak kaku selama duduk terlalu lama di dalam mobil ketika terjebak macet, cobalah untuk melakukan olahraga sederhana

Agar otot tidak kaku saat duduk terlalu lama di dalam mobil ketika terjebak macet, cobalah melakukan olahraga sederhana yang dapat Anda lakukan selama berjibaku dengan jalanan ibu kota.

Lalu, olahraga apa yang cocok dilakukan di dalam mobil ketika seorang terjebak macet?

Berikut olahraga sederhana yang patut Anda lakukan, seperti yang diutarakan Spesialis Kedokteran Olahraga Sport Medicine sekaligus Dokter Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dr Michael Triangto, SpKO, saat diwawancari Health Liputan6.com, Kamis (14/11/2013)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman


1. Stretching leher

Biasanya pengendara mobil sering merasakan sakit kepala yang tidak mengenakkan ketika terjebak macet. Stretching leher perlu, agar sakit kepala segera hilang.

"Cobalah stretching dengan cara menunduk sejauh leher. Setelah itu, gerakan kepala ke bahu, dan putarlah kepala selama beberapa putaran. Lebih bagus, angkat dagu menggunakan kedua tangan dan putarlah kepala ke kiri dan kanan," kata Michael menjelaskan.
3 dari 6 halaman


2. Stretching bahu

Tidak hanya leher, bahu juga berisiko mengalami kaku otot ketika terlalu lama terjebak macet di jalan. Michael Triangto mengatakan, situasi ini akan akan sering terjadi pada orang yang kurang nyaman dengan kondisi mobilnya.

"Misalnya mobilnya kecil, tapi badan pengendaranya gemuk, geraknya jadi terbatas," kata Michael menambahkan..

Untuk cara stretchingnya, luruskan lengan ke depan, tangan kiri pegang siku bagian kanan lalu ditarik ke sisi kiri. Begitu pun sebaliknya.

"Atau pengendara juga dapat menyatukan jari-jarinya dan tarik ke atas setinggi mungkin, melewati sandaran bagian leher," kata Michael kembali menjelaskan.

3. Stretching pinggang
4 dari 6 halaman



Berhubung pinggang yang paling sering terasa pegal, cobalah untuk melakukan gerakan sederhana agar rasa pegalnya itu hilang.

Caranya, manfaatkanlah pegangan yang ada di sisi kanan pengemudi atau sisi kiri penumpang bagian depan, yang biasanya dijadikan tempat untuk lengan beristirahat. Setelah memegangnya denga kedua tangan, tariklah pinggang ke arah kiri.

"Kalau pegangan tidak ada, gunakan pegangan jok. Kalau enggak, ya pergunakan paha. Rapatkan paha, lalu taruh telapak tangan di atasnya. Gerakin ke kanan dan ke kiri," kata Michael kembali menjelaskan.
5 dari 6 halaman


4. Stretching otot panggul, paha, dan betis

Pertama yang harus dilakukan adalah angkat lutut ke arah perut. Kedua, meluruskan kaki sedapat mungkin juga. Ketiga, gerakan telapak  kaki dan melemaskannya.
6 dari 6 halaman


5. Usahakan keluar dari mobil

Bila macetnya terlalu panjang dan lama, dan kondisi memungkinkan, keluarlah sejenak dari dalam mobil Anda. Lakukanlah streaching di luar mobil, agar lebih leluasa dalam bergerak.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini