Sukses

Serangan Tren Makanan Pedas dan Viral Bikin Lambung Gen Z Berpotensi Meledak, Sebaiknya Minum Apa?

Tren Makanan Pedas dan Viral Ancaman Nyata bagi Kesehatan Lambung Gen Z, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Liputan6.com, Jakarta - Generasi Milenial dan Gen Z dibanjiri tren makanan viral yang pedas dan asam, sehingga kesehatan lambung perlu diperhatikan secara khusus. Konsumsi makanan pedas dan asam secara berlebihan, seperti mie setan level 10 dan steamboat pedas, dapat menyebabkan iritasi lambung serta meningkatkan risiko gastritis atau peradangan.

Tidak hanya itu, kebiasaan makan cepat yang sering dilakukan generasi muda karena kesibukan dapat memicu peningkatan produksi asam lambung, berpotensi mengganggu pencernaan. Stres juga berperan penting dalam kesehatan lambung, karena bisa meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan kondisi seperti GERD atau maag.

Untuk mencegah komplikasi serius, spesialis gizi klinik, dr Putri Sakti Dwi Permanasari MGz SPGK AIFO-K menyarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala seperti perut kembung, mual, muntah, atau heartburn.

Dia juga menyarankan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan mudah dicerna seperti sayuran hijau, pisang, dan yogurt, sambil menghindari makanan pedas, asam, berlemak, dan gorengan. Herbal seperti madu dan kunyit bisa membantu meredakan gangguan lambung berkat sifat anti-inflamasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jika Lambung Kumat Apa yang Harus Dilakukan?

Tidak hanya memberikan tips praktis untuk mengatasi gangguan lambung dengan mengatur pola makan, Dwi Permanasari juga menekankan pentingnya mengurangi stres melalui yoga atau meditasi.

Dengan pendekatan ini, tidak hanya kesehatan lambung yang terjaga, tetapi juga kualitas hidup secara keseluruhan dapat meningkat.

Survei terbaru menunjukkan sekitar 60 persen Generasi Milenial dan Z mengalami gejala gangguan lambung akibat pola makan tidak sehat. Freshmag berkomitmen memberikan solusi efektif dengan formulasi bahan alami seperti madu dan kunyit, minim efek samping, serta telah mendapatkan sertifikasi BPOM dan Halal Indonesia untuk keamanan konsumsi sehari-hari, menjadikannya pilihan bijak untuk gaya hidup aktif dan berkesan.

Ahmad Zaini, Direktur Utama PT Herbathos untuk Indonesia, mengatakan,"Kami bangga kembali hadir di Jakarta Fair dengan Freshmag, menyediakan solusi terdepan untuk menjaga kesehatan lambung Generasi Milenial dan Z yang gemar mengeksplorasi kuliner viral."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini