Sukses

Nikita Willy Sebal dengan Istilah GTM, Sebut Anak Pasti Punya Alasan Saat Menolak Makan

Nikita Willy punya alasan tidak setuju dengan istilah GTM atau Gerak Tutup Mulut pada anak.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris terkenal Nikita Willy baru-baru ini mengungkapkan ketidaksetujuannya terhadap istilah GTM (Gerakan Tutup Mulut) yang sering digunakan untuk menggambarkan anak-anak yang enggan makan.

"Kalau boleh jujur, saya sebel banget dengan kata-kata GTM," kata Nikita.

"Saya enggak tahu siapa yang buat kata-kata GTM. Kayaknya para ibu masing-masing terlalu cepat memberl label pada anaknya," tutur Nikita dalam sebuah Talkshow acara Seminar Awam MPASI IDAI di Jakarta (22/6/2024).

Wanita bernama lengkap Nikita Purnama Willy tersebut mengatakan bahwa saat anak menolak untuk makan, maka pasti terdapat alasannya, sama seperti orang dewasa. 

"Mungkin masih kenyang karena terlalu banyak snack atau susu, popoknya penuh, masih ngantuk, tidak enak badan dan lain-lain," ujar ibu dari Issa Xander ini. 

Saat anak tidak ingin makan, Nikita menyarankan jangan langsung melabeli anak GTM atau susah makan. Ia menyarankan orangtua untuk mencari permasalahan serta solusinya secepat mungkin sehingga anak bisa kembali makan dengan normal.

"Jadi mungkin kita harus menghapus kata-kata GTM dari kamus parenting kita dan kita ganti dengan kata-kata 'oh, anak saya tidak mau makan karena alasan tertentu yang saya harus cari tau."

Aktris berdarah Minangkabau tersebut tidak menyangkal bahwa ia juga sempat mengalami masa-masa di mana anaknya tidak mau makan. Namun, dia memaklumi hal tersebut karena anaknya juga seorang manusia.

"Dengan mengikuti feeding rules dia akan lapar sendiri, mencari makan sendiri dan konsultasi dengan dokter anak pasti itu works untuk anak," ucap Nikita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nikita Willy Sebuat Bikin Makan Menyenangkan

Nikita Willy juga menyebutkan bahwa salah satu kebiasaan yang ia terapkan pada anaknya adalah membuat kegiatan makan sebagai kegiatan yang menyenangkan dan tanpa paksaan.

"Makanan dia adalah hak dia. Dia berhak untuk menolak atau bilang sudah kenyang karena itu adalah makanan dia dan pilihan dia," tutur istri Indra Priawan Djokosoetono tersebut.

Hal ini pun disetujui oleh Ketua Unit Kerja Koordinasi Nutrisi & Penyakit Metabolik IDAI sekaligus Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak, Titis Prawitasari, SpA(K).

"Seringkali kita pengennya adalah harus habis, tidak bisa ya. Jadi yang ada nanti dia tutup mulut. Mungkin itu awal mulanya Gerakan Tutup Mulut tadi," kata Titis di kesempatan yang sama

Jadi, sebagai orangtua kita harus menghormati toleransi makan anak. Kita bertugas untuk menyiapkan makanan anak sebaik mungkin berdasarkan pemahaman kita.

3 dari 3 halaman

Nikita Willy Hamil Anak Kedua

Di kesempatan bersama IDAI tadi, baby bump Nikita Willy sudah terlihat. Ya, saat ini Nikita tengah hamil adik Issa Xander.

Kabar bahagia dirinya tengah hamil melalui akun Instagram pribadinya pada 18 Juni 2024.

Ia mengunggah momen gender reveal anak keduanya bersama sang suami, Indra Priawan, dan pertama Baby Issa.

Dalam unggahan tersebut, Nikita Willy terlihat bahagia dengan menunjukkan perutnya. Ia juga mengungkapkan rasa syukur atas kehamilannya. Momen ini pun menjadi sorotan publik, dan banyak yang mengucapkan selamat kepada Nikita Willy dan Indra Priawan.

Kehamilan kedua Nikita Willy ini tentu menjadi kabar yang membahagiakan bagi keluarga kecilnya. Baby Issa pun akan segera memiliki adik laki-laki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini