Sukses

Viral Video Petugas GBK Masukkan Kucing Dalam Plastik, Simak Klarifikasi Lengkapnya!

Viral! Petugas Pengendalian Hama Masukkan Kucing Dalam Plastik di Stadion GBK

Liputan6.com, Jakarta - Video yang menunjukkan kucing dalam plastik di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) viral di media sosial.

Video tersebut dibagikan oleh akun TikTok @gravvsr dan memperlihatkan petugas layanan pengendalian hama menangkap dua kucing, yang kemudian dimasukkan ke dalam karung plastik.

Kucing oren dan kucing abu itu kemudian diangkut ke luar wilayah GBK.

"Sekelas GBK melastikin kucing... Gila juga, sih," kata pemilik video dikutip Health Liputan6.com pada Selasa, 18 Juni 2024.

Video ini diunggah ulang oleh berbagai akun pencinta hewan dan menjadi viral di media sosial. Salah satu yang memberi perhatian pada video tersebut adalah pegiat Jakarta Ramah Hewan, Francine Widjodjo.

Francine menyoroti aturan di GBK yang melarang pengunjung memberi makan kucing di area ring road stadion utama. Pengumuman ini dibuat dalam bentuk poster dan ditempel di area stadion.

"Kucing memang menggemaskan, namun kotorannya meresahkan. Dilarang memberi makan kucing di area ring road stadion utama GBK," bunyi pengumuman di poster.

Menurut Francine, pihak GBK seharusnya menentukan area khusus untuk pemberian makan kucing liar, seperti yang telah dilakukan oleh Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

"Mencintai seharusnya tidak menghilangkan empati. Sedih banget baca pengumuman ini di GBK. Solusinya bisa kasih spot tertentu untuk area makannya seperti yang dilakukan MRT Jakarta. Lebih baik lagi kalau ditunjang sterilisasi untuk mengendalikan populasinya," mengutip unggahan Instagram pribadi Francine Widjodjo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pihak GBK Cabut Poster Larangan Memberi Makan Kucing

Keluhan warganet dan para pencinta hewan sampai pada pihak GBK dan mendapat tanggapan yang baik. Pada Senin, 17 Juni 2024, Francine mengatakan bahwa pihak GBK sudah mencabut pengumuman soal larangan memberi makan kucing.

"Sore ini, 17 Juni 2024, saya jalan santai lagi di area GBK dan sangat mengapresiasi bahwa pihak GBK sudah mencabut seluruh larangan untuk memberi makan kucing-kucing jalanan. Tadi kami sudah keliling dan semuanya sudah bersih (dari poster larangan)," kata Francine dalam unggahan video.

Sayangnya, pihaknya belum menemukan keberadaan kucing oren dan kucing abu yang diangkut oleh petugas pengendalian hama.

3 dari 4 halaman

Petugas Viral yang Masukkan Kucing Dalam Plastik Angkat Bicara

Viralnya video petugas pengendalian hama yang memasukkan kucing ke dalam karung plastik membuat yang bersangkutan membuat video klarifikasi.

"Itu sebenarnya saya tidak menggunakan plastik, itu karena urgent. Karena pet cargo yang kami bawa sobek dicakar kucing. Dan, saya pun tidak menyiksa hewan peliharaan atau hewan hidup, itu karena urgent, sementara," kata petugas bernama Wahyu dalam video klarifikasi.

"Jadi, kita tangkap itu untuk kita pindahkan ke tempat yang lebih layak," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Kabar 2 Kucing Dalam Plastik yang Viral

Wahyu dan rekannya, Dede, juga memperlihatkan bahwa pet cargo lain yang mereka miliki memang tengah digunakan untuk kucing lain.

Dengan kata lain, ketidaktersediaan pet cargo membuat mereka terpaksa menyimpan kucing oren sementara dalam karung plastik.

Namun, keduanya memastikan bahwa tidak ada penyiksaan terhadap kucing. Wahyu memperlihatkan dalam video bahwa kucing yang viral kini berada di kantor mereka dengan keadaan baik dan sehat.

"Kucing yang kemarin kita tangkap pun Alhamdulillah masih sehat dan kami rawat. Itu tidak kami siksa atau kami asal menangkap, kucing kami rawat dan sebelumnya saya meminta maaf sebesar-besarnya karena membawa kucing dengan cara seperti itu," pungkas Wahyu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.