Sukses

Daftar Makanan dan Minuman yang Bisa Dikonsumsi Saat Radang Tenggorokan

Radang Tenggorokan Terkadang Membuat Susah Untuk Makan dan Minum. Berikut Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Nyaman di Konsumsi Saat Radang Tenggorokan.

Liputan6.com, Jakarta - Radang tenggorokan, kondisi yang sering kali disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, dapat menimbulkan rasa sakit dan gatal yang mengganggu saat menelan. Hal ini tentunya membuat penderitanya kesulitan untuk makan dan minum.

Namun, asupan makanan dan minuman yang tepat tetaplah penting untuk membantu pemulihan dan meredakan gejala. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang aman dan bermanfaat untuk dikonsumsi saat radang tenggorokan menurut Health.

1. Es Krim dari Jus Buah

Es krim dengan sensasi dinginnya yang menyegarkan dapat memberikan kelegaan sementara untuk tenggorokan yang sakit. Namun, pilihlah es krim yang hanya menggunakan buah yang dihaluskan atau jus asli sebagai bahan utamanya.

Hindari es krim dengan sirup jagung fruktosa tinggi, gula tambahan, pewarna, dan perasa buatan yang dapat memperburuk kondisi.

Anda dapat membuat es krim sendiri di rumah dengan buah-buahan kaya antioksidan seperti blueberi, jus delima, dan ceri. Tambahkan sayuran seperti bayam atau daun kale untuk meningkatkan nilai gizi.

Gunakan cetakan es krim bebas BPA untuk hasil yang lebih higienis. Konsumsi es krim buatan sendiri ini secukupnya untuk membantu meredakan gejala radang tenggorokan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minum Apa Biar Sakit Tenggorokan Hilang?

  1. Teh Chamomile: Seduh teh chamomile dalam air panas untuk meredakan peradangan dan membantu tidur nyenyak.
  2. Smoothie: Buat smoothie dengan sayuran hijau, bubuk protein nabati, selai kacang, susu kacang, buah beku, jahe, kunyit, dan lada hitam untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan menenangkan tenggorokan.
  3. Jus Ceri Asam: Minum jus ceri asam untuk mengurangi peradangan dan membantu tidur lebih nyenyak.
  4. Minuman Jahe: Minum teh chamomile dengan madu, es buah dengan jahe, ubi jalar tumbuk dengan jahe, oatmeal dengan jahe, atau smoothie dengan jahe untuk mendapatkan manfaat antioksidan, anti-inflamasi, dan antikanker.
3 dari 4 halaman

Sakit Radang Tenggorokan Sebaiknya Makan Apa?

Terdapat beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat radang tenggorokan. Selain karena nyaman untuk dikonsumsi saat sakit, makanan ini juga mengandung manfaat untuk mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

  1. Telur: Telur mengandung vitamin A, D, seng, dan selenium yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Konsumsi telur orak-arik yang teksturnya lembut dan mudah ditelan.
  2. Ubi Jalar: Ubi jalar kaya akan vitamin A, C, dan senyawa anti-inflamasi yang membantu meredakan sakit tenggorokan. Campurkan kayu manis dan madu dengan ubi jalar tumbuk atau buat puding dengan kurma, tepung almond, dan sirup maple.
  3. Oatmeal: Oatmeal mengandung antioksidan, magnesium, dan seng yang membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Campurkan oatmeal dengan pisang, madu, jahe, dan kayu manis untuk menambah rasa dan nutrisi.
  4. Kaldu Sup Ayam: Kaldu sup ayam hangat dan menenangkan, uapnya membantu melegakan hidung tersumbat. Kaldu juga mengandung nutrisi dan antioksidan. Tambahkan bawang putih untuk manfaat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-virus.
4 dari 4 halaman

Makanan Apa Saja yang Tidak Boleh Dimakan Saat Radang Tenggorokan?

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menyantap makanan favorit saat sakit, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya agar tidak memperburuk rasa sakit tenggorokan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Produk Asam:

  • Jus asam seperti jus jeruk, tomat, atau nanas dapat mengiritasi tenggorokan yang sudah terasa sakit dan memperparah rasa perih.
  • Cuka, baik dalam salad dressing atau saus, juga memiliki sifat asam yang dapat memperburuk iritasi.

2. Minuman Berkarbonasi:

  • Minuman bersoda, soda, dan air soda mengandung gelembung yang dapat menggelitik tenggorokan dan memperburuk rasa sakit.
  • Kafein dalam minuman bersoda juga dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat memperlambat pemulihan.

3. Makanan Keras atau Sangat Renyah:

  • Kerupuk, roti panggang kering, dan granola bar memiliki tekstur keras dan tajam yang dapat menggores tenggorokan saat ditelan, menyebabkan rasa sakit dan iritasi lebih lanjut.

4. Makanan Pedas:

  • Cabai, saus pedas, dan makanan pedas lainnya mengandung senyawa capsaicin yang dapat mengiritasi tenggorokan dan memperburuk rasa sakit.

5. Makanan dan Minuman Sangat Panas:

  • Sup panas, teh panas, dan kopi panas dapat terasa menenangkan pada awalnya, tetapi dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut pada tenggorokan yang sudah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini