Sukses

6 Tips Pilih Sepatu Lari yang Tepat untuk Pemula dan Pelari Berpengalaman Agar Bebas dari Cedera

Sepatu yang dipakai saat berlari ternyata sangatlah penting untuk menghindari cedera.

Liputan6.com, Jakarta - Memilih sepatu lari yang tepat adalah langkah penting bagi para pelari, baik mereka pemula yang baru memasuki dunia lari atau mereka yang telah memiliki pengalaman. Dengan sepatu yang sesuai, tidak hanya kinerja lari meningkat, tetapi juga risiko cedera dapat diminimalkan. 

Menurut beberapa ahli, berikut merupakan beberapa tips saat memilih sepatu lari yang sesuai dengan tubuh dan preferensi kamu.

1. Menentukan Tipe Pelari

Sebelum memilih dan membeli sepatu, hal pertama yang harus diperhatikan adalah di tipe pelari manakah dirimu. Apakah kamu baru seorang pemula atau sudah terbiasa dalam berlari.Hal ini tentu akan berpengaruh dengan jenis dan tipe sepatu yang cocok untuk kamu. 

Bayu Prasetio, seorang Techical Expert dari HOKA Run Club mengatakan, "Ketika sudah nyaman dan menemukan performa (lari) yang didapatkan saat ini, itu dapat mengarahkan ke sepatu yang memang sesuai dengan levelnya," ujarnya dalam acara Opening HOKA Flylab di Jakarta (24/5/2024).

Biasanya terdapat 2 tipe sepatu lari, yaitu untuk para pelari berpengalaman dan pelari pemula.

2. Jenis Sepatu Untuk Pelari Berpengalaman

Bagi para pelari yang sudah terbiasa dengan rutinitas lari, memilih sepatu yang tepat menjadi kunci untuk meningkatkan performa dan meminimalisir risiko cedera.

Sepatu lari untuk pelari berpengalaman umumnya memiliki desain yang lebih ringan dan responsif

Gery Halim, seorang Brand Marketing Divison Manager MAP dari produk sepatu lari HOKA menjelaskan bahwa sepatu yang cocok untuk pelari berpengalaman adalah sepatu yang dapat memberikan energy return terbaik. 

Jenis sepatu seperti itu akan sangat baik untuk pelari yang suka berlari cepat dan menargetkan pace yang jauh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jenis Sepatu Untuk Pelari Pemula

Berbeda dengan pelari berpengalaman yang memiliki kebutuhan spesifik, pelari pemula umumnya membutuhkan sepatu yang nyaman, menunjang, dan menawarkan stabilitas yang baik untuk membantu mereka beradaptasi dengan aktivitas lari.

"Sepatu yang mempunyai mid sole cushion yang tebal, dari segi comfort itu pasti udah luar biasa," ujar Gerry.

Stabilitas sebuah sepatu juga sangat penting untuk didapatkan bagi seorang pelari pemula, karena akan sangat membantu saat berlari melewati jalanan tikungan. Sepatu yang seimbang akan membantu kaki dalam bergerak dengan lebih aman.

4. Mencari Model dan Warna yang Menarik 

Selain berfokus pada fitur sepatu, mencari model serta warna yang menarik bagi diri sendiri ternyata juga penting. 

Saykoji, seorang rapper Indonesia membagikan pengalamannya dalam memilih sepatu saat ia memutuskan untuk berlari, "Pertama, saya memilih sepatu warna kuning. Kenapa gitu? karena itu hal pertama yang pasti saya liat dirumah kalau bangun pagi. Jadi secara look ngebantu untuk memotivasi," jelasnya di acara yang sama.

Model serta warna yang menarik dan memang disukai secara personal akan membuat kamu untuk lebih bersemangat dalam memakainya dan mulai berlari.

3 dari 3 halaman

5. Pilih Sepatu yang Paling Nyaman dan Pas di Kaki

Kenyamanan adalah faktor terpenting dalam memilih sepatu lari. Sepatu yang tidak nyaman dapat menyebabkan lecet, nyeri kaki, dan bahkan cedera. 

Seorang atlet lari professional, Novia Nur Nirwani menjelaskan bahwa sepatu yang nyaman merupakan kunci utama dari kelancaran berlari, "Dulu aku pernah di 2017 itu cedera karena beberapa kali ganti sepatu, karena emang sepatunya itu engga cocok gitu dikaki. Ada yang terlalu keras, ada yang terlalu sempit."

6. Mencoba Foot Scanner

Salah satu tips lainnya dalam memilih sepatu lari adalah dengan mencoba alat foot scanner. 

"Foot scanner bisa membantu temen-temen dalam memilih size sepatu, atau ternyata kondisi kakinya ada kondisi kebutuhan khusus tertentu," jelas Gerry.

Salah satu kondisi kaki yang biasanya membutuhkan jenis sepatu khusus adalah kaki dengan kondisi flat foot atau disebut juga kaki rata dimana salah satu atau kedua kaki memiliki sedikit lengkungan atau tidak ada lengkungan sama sekali.

Alat ini dapat ditemukan di beberapa toko sepatu lari, salah satunya di HOKA Flylab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.