Sukses

Makanan Tradisional Jepang Tunjukkan Manfaat bagi Kesehatan Otak, Terutama pada Perempuan

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan beragam manfaat kesehatan dari beberapa makanan Tradisional Jepang, termasuk sushi.

Liputan6.com, Jakarta - Penelitian baru mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan tradisional Jepang mungkin membantu mencegah demensia dan penurunan kognitif, terutama bagi wanita.

Meskipun pola makan khas Jepang ditandai dengan nasi, ikan, kerang, dan buah jeruk, pola makan tradisional sedikit lebih unik, tulis penulis studi Shu Zhang, seorang peneliti di Pusat Nasional Geriatri dan Gerontologi di Jepang. Pola makan tradisional juga mencakup makanan seperti rumput laut, miso (pasta kedelai yang difermentasi), teh hijau, acar, dan jamur.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan beragam manfaat kesehatan dari beberapa makanan ini – seperti teh hijau dan ikan – jadi tidak mengherankan jika menggabungkan keduanya hanya akan meningkatkan potensi efek positifnya.

“Mengikuti pola makan tradisional Jepang mungkin bermanfaat bagi kesehatan otak – dan lebih baik daripada pola makan khas Barat,” tulis Zhang dalam Conversation.

Pola makan khas Barat, dalam penelitian ini, mencakup pola makan tinggi karbohidrat olahan, makanan berlemak, minuman ringan, dan alkohol.

Untuk penelitian yang dipublikasikan di Nutrition Journal pada bulan Maret, para peneliti mengamati sampel 1.636 orang Jepang berusia 40 hingga 89 tahun. Para peneliti menemukan bahwa 589 orang mengikuti pola makan tradisional Jepang, sementara kelompok lainnya mengonsumsi pola makan Barat (697 orang). , dan kelompok kecil lainnya (350 orang) mengikuti pola makan nabati (biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan).

Para peneliti mengumpulkan berbagai faktor gaya hidup dan kemudian selama dua tahun berikutnya, mereka mengukur atrofi otak, yang dianggap sebagai indikator penurunan kognitif dan demensia, dengan melakukan pemindaian MRI secara teratur pada para partisipan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Makan Sushi bagi Perempuan

Apa yang mereka temukan sangat mengejutkan: Wanita yang mengikuti pola makan tradisional Jepang mengalami penyusutan otak lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang mengikuti pola makan Barat. Khususnya, pola makan hanya berdampak pada wanita.

Pria yang mengikuti pola makan Barat atau Jepang tampaknya tidak memiliki perbedaan apa pun pada otak mereka.

Para peneliti berspekulasi mungkin ada sejumlah alasan yang menyebabkan perbedaan tersebut, termasuk faktor biologis dan gaya hidup. Kebiasaan negatif – seperti merokok – yang mungkin bertentangan dengan pola makan sehat, ternyata lebih umum terjadi pada pria. Laki-laki juga lebih cenderung menyimpang dari pola makan tradisional, dan mengonsumsi lebih banyak mie (karbohidrat olahan) dan alkohol, dilansir New York Post

Jepang, yang merupakan salah satu dari lima “zona biru” di dunia, dikenal memiliki populasi yang hidup lebih lama, lebih sehat, dan memiliki tingkat penyakit kronis yang lebih rendah dibandingkan banyak negara lain di dunia, menurut Daily Mail.

3 dari 3 halaman

Pola Makan Tradisional Jepang Dianggap Baik untuk Atasi Penuaan Otak

Dan Buettner, penulis The Blue Zones Solution, mencatat bahwa hanya 6,7% orang yang tinggal di Okinawa, Jepang, menderita demensia, dibandingkan dengan lebih dari 11% orang di Amerika Serikat.

Pola makan tradisional Jepang dianggap baik untuk otak yang menua karena kaya akan polifenol, fitokimia, dan asam lemak tak jenuh, yang semuanya dapat membantu menurunkan peradangan dalam tubuh, lapor Daily Mail.

“Semua komponen ini dikenal karena efek anti-oksidan dan anti-inflamasinya – yang pada dasarnya berarti membantu menjaga otak dan neuron bekerja sebaik mungkin,” tulis Zhang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.