Sukses

Ibu Hamil Perlu Air Mineral Berkualitas dan Bebas BPA Saat Mudik, IBI Hadirkan Posko OPOR Bu Bidan

Hal yang lebih penting ialah bagaimana masyarakat bisa lebih cerdas dan hati-hati dalam memilih air minum dalam kemasan, memastikan bahwa kemasan air minum tersebut bebas dari kandungan BPA.

Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan perempuan, bayi, dan balita di Indonesia, kapanpun dan dimanapun, tidak terkecuali pada momen mudik Lebaran, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik 'Posko OPOR Bu Bidan' di beberapa lokasi titik mudik. Posko OPOR Bu Bidan merupakan kependekan dari Organisasi Profesi Pro PeRempuan. 

Kegiatan sosial tersebut merupakan rangkaian kegiatan sosial bidang kesehatan Ibu dan Anak dalam rangka memperingati HUT ke-73 IBI dan Hari Bidan Internasional (IDM) Tahun 2024.Pada momen mudik Lebaran 1445H ini, Posko OPOR Bu Bidan secara resmi dibuka bertepatan dengan pelepasan rombongan mudik bersama di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur pada Sabtu, (6/4).

Ketua Umum IBI, Ade Jubaedah mengatakan bahwa salah satu tujuan penting dari dilaksanakannya Posko OPOR Bu Bidan, untuk mendekatkan layanan kebidanan kepada masyarakat.

"Khususnya akses bagi perempuan, ibu hamil, ibu menyusui serta balita dalam memperoleh layanan kesehatan selama perjalanan mudik, sebab mereka merupakan kelompok rentan yang perlu mendapatkan perhatian khusus," kata Ade. 

Pelayanan kesehatan di Posko OPOR Bu Bidan diberikan langsung oleh tenaga bidan profesional. Layanan yang disediakan secara gratis tersebut menyediakan berbagai keperluan perempuan, ibu hamil, dan balita selama melakukan perjalan mudik, seperti air minum dengan kemasan yang bebas BPA dan higienis. Selain itu, Posko OPOR Bu Bidan juga memberikan makanan dan minuman tambahan bagi ibu hamil dan anak, juga vitamin, suplemen, alat kontrasepsi pil dan kondom, diapers, bayi, serta pembalut wanita.

Para bidan profesional juga memberikan edukasi perihal kesehatan ibu dan anak. Salah satu materi pelayanan yang diberikan adalah upaya mendukung program pemenuhan asupan air minum dengan kualitas mineral yang baik pada ibu hamil dan menyusui. Itu karena asupan mineral yang cukup dan berkualitas akan menjadi modal utama kesehatan bagi ibu hamil. Sebab, jika kekurangan mineral akan mempengaruhi kualitas kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

"Selain dari makanan, tentunya mineral dapat juga dibantu kecukupannya dengan memilih air mineral dengan mineral yang berkualitas. Selain itu untuk ibu hamil, bayi dan anak- anak juga sangat penting untuk memastikan setiap kemasan, termasuk galon air minum bebas dari berbagai kandungan atau zat-zat berbahaya seperti BPA. Karena kita tahu saat ini hampir seluruh masyarakat sudah menggunakan air minum dalam kemasan dan galon untuk minum sehari-hari," ujar Ade.

Telah menjadi urgensi kini, dimana masyarakat juga perlu memerhatikan kemasan galon air mineral pilihannya yaitu yang bebas BPA. Itu karena BPA merupakan salah satu zat kimia yang terkandung dalam pembuatan plastik polikarbonat yang tentunya dapat membahayakan tubuh jika tercemar pada air mineral.

"Kandungan BPA dalam kemasan air minum tentunya sangat mengkhawatirkan sekali, terutama untuk ibu hamil dan bayi. Kami sangat menyayangkan sebenarnya. Namun hal yang lebih penting ialah bagaimana masyarakat bisa lebih cerdas dan hati-hati dalam memilih air minum dalam kemasan, memastikan bahwa kemasan air minum tersebut bebas dari kandungan BPA. Oleh karenanya, kami merasa sangat perlu untuk dilakukan edukasi secara masif khususnya bagi ibu hamil," kata Ade.

Selain kemasan galon yang aman dan bebas bahan kimia berbahaya BPA, ibu hamil juga perlu memperhatikan kandungan dan kualitas air mineral yang dikonsumsi. Perlu dipahami tidak semua air mineral sama, dan mengandung mineral seperti namanya. 

Tersedianya informasi yang jelas tentang kandungan mineral pada label kemasan produk air mineral, tentunya sangat penting dan membantu masyarakat, untuk memastikan bahwa air yang dikonsumsi adalah benar merupakan air mineral dengan kandungan mineral yang baik kualitasnya serta memiliki kelebihan dibandingkan yang lain.

 "Mineral berkualitas yang dimaksud antara lain natrium, kalium, kalsium, magnesium, bikarbonat, dan klorida," kata Ade.

Berdasarkan kriteria yang paparkan IBI, Le Minerale telah memenuhi standar air mineral yang dibutuhkan ibu dan anak sehingga Le Minerale menjadi air mineral pilihan IBI untuk dibagikan pada program edukasi di Posko OPOR Bu Bidan. Le Minerale dinilai memiliki kandungan mineral berkualitas, hal tersebut tertera pada informasi kandungan mineral yang terdapat di label kemasan produk. Selain itu, Le Minerale memiliki kemasan yang aman karena memiliki tiga lapis proteksi yaitu, pembungkus tutup botol (seal cap), segel dan botol keras sebelum dibuka untuk menjaga mineral di dalamnya serta Le Minerale terbukti bebas BPA. 

Melihat pentingnya pemilihan air mineral yang aman dan berkualitas, sesuai tema rangkaian kegiatan IBI dalam rangka HUT ke-73 IBI dan Hari Bidan Internasional 2024 yaitu bagaimana peran aktif IBI dalam mendukung penguatan sistem ketahanan nasional dalam situasi krisis iklim melalui sinergi dan kolaborasi, maka edukasi terkait konsumsi air mineral bagi Ibu hamil, ibu menyusui, serta balita ini adalah hal paling mendasar dalam menghadapi tantangan kesehatan di tengah krisis iklim saat ini. 

Berbagai riset juga membuktikan bahwa konsumsi air mineral yang cukup dan berkualitas akan sangat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Bagi masyarakat yang melaksanakan mudik dapat mengetahui langsung informasi serta layanan lainnya dengan mengunjungi di Posko OPOR Bu Bidan yang tersebar di berbagai titik, di antaranya:

  1. Terminal Pulogebang Jakarta Timur,
  2. Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng,
  3. Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat,
  4. Pelabuhan Merak Banten, serta

Beberapa titik mudik lainnya di berbagai daerah di Indonesia yang diselenggarakan oleh perwakilan pengurus IBI di daerah 9 pengurus daerah IBI. Adapun layanan yang disediakan dalam posko OPOR bu Bidan, antara lain:

  1. Layanan Pemeriksaan Tekanan Darah Perempuan,
  2. Layanan Pemeriksaan Suhu Tubuh Perempuan, Bayi, dan Balita,
  3. Layanan Pemeriksaan umum ibu hamil,
  4. Edukasi seputar kehamilan,
  5. Edukasi seputar KB,
  6. Edukasi seputar hygiene menstruasi,
  7. Edukasi seputar kebutuhan cairan pada masa hamil dan menyusui.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini