Sukses

5 Tips Ampuh Jaga Kondisi Tubuh Tetap Fit dan Terhindar dari Dehidrasi saat Mudik

Jika dehidrasi terjadi saat perjalanan mudik, tubuh akan tidak fit dan potensi keselamatan dalam perjalanan akan berkurang.

Liputan6.com, Jakarta Mudik merupakan momen penting bagi banyak orang untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat terdekat, terutama saat perayaan hari besar seperti Idulfitri. Namun, perjalanan mudik bisa menjadi tantangan bagi kondisi tubuh seseorang, terutama karena faktor perjalanan yang panjang dan potensi terjadinya dehidrasi.

Jika dehidrasi terjadi saat perjalanan mudik, tubuh akan tidak fit dan potensi keselamatan dalam perjalanan akan berkurang. Dan dengan menjaga kondisi tubuh tetap fit dan terhindar dari dehidrasi, kamu dapat memastikan perjalanan mudik berjalan lancar serta menyenangkan bagi semua orang yang terlibat. 

Jadi, untuk memastikan kesehatan dan kenyamanan selama mudik, berikut ini 5 tips ampuh untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan terhindar dari dehidrasi.

1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Salah satu cara terbaik untuk mencegah dehidrasi adalah dengan memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Saat mudik, terutama jika kamu melakukan perjalanan jauh dengan mobil atau transportasi umum lainnya, seringkali lupa memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Ketika kondisi tubuh kekurangan cairan, fungsi organ-organ tubuh tidak akan berjalan secara optimal. Akibatnya tubuh menjadi cepat lelah dan lesu saat melakukan mudik yang berdampak pada perjalanan mudik kurang nyaman.

2. Batasi Konsumsi Minuman Bersoda dan Berkafein

Minuman bersoda dan kafein dapat meningkatkan risiko dehidrasi karena sifat diuretiknya yang dapat meningkatkan produksi urin. Saat mudik, upayakan untuk membatasi konsumsi minuman seperti soda, kopi, dan teh. 

Jika memang merasa perlu mengonsumsi minuman kafein, pastikan kamu juga minum air putih secara teratur untuk mengimbangi kehilangan cairan.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Kandungan Air

Makanan dan camilan yang sehat dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Hindari makanan yang terlalu asin atau berlemak, karena dapat meningkatkan risiko dehidrasi. 

Sebaliknya, pilih makanan ringan yang mengandung air, seperti buah-buahan segar atau sayuran, untuk membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

4. Konsumsi Buah-buahan

Konsumsi buah-buahan sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi, terutama saat mudik.

Pasalnya, sebagian besar buah-buahan memiliki kandungan air yang tinggi, mengandung kalium, magnesium, dan natrium, yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, kaya akan serat yang membantu menjaga tubuh terhidrasi dengan cara memperlambat penyerapan air dalam usus.

Selama mudik, pastikan untuk membawa serta beberapa jenis buah-buahan segar sebagai camilan sehat, ya!

5. Istirahat Sejenak dan Konsumsi Minuman Isotonik

Perjalanan mudik membutuhkan banyak energi serta cairan dan salah satu langkah mudah untuk mengembalikan energi agar tetap fit adalah istirahat sejenak saat lelah. Kamu bisa melakukan pengaturan nafas di saat istirahat yang baik membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Dengan begitu, TARIKNAPAS membuat fungsi tubuh optimal, termasuk metabolisme sel dan energi. Pasalnya, ketika tubuh mendapatkan cukup oksigen, organ-organ tubuh dapat bekerja dengan baik.

Selain istirahat sejenak, kamu juga bisa mengonsumsi minuman isotonik yang dapat menjadi bagian untuk menghindari dehidrasi. Pasalnya, minuman isotonik dirancang untuk membantu menggantikan elektrolit dan cairan yang hilang selama aktivitas fisik.

Salah satu minuman isotonik yang bisa kamu konsumsi adalah ISOPLUS. ISOPLUS merupakan minuman isotonik yang bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena aktivitas harian dengan 7 ion yang lengkap dan mirip dengan cairan tubuh sehingga lebih mudah diserap. 

Selain itu, kandungan 7 ion itu mampu kembalikan cairan tubuh agar selalu fit dan bugar, bantu kamu untuk aktif dan melakukan yang terbaik setiap saat dengan tetap mendapatkan #ExcellentHydration. ISOPLUS pun hadir dengan dua varian, yakni Isoplus Regular dan Isoplus Coco.

Keduanya merupakan minuman isotonik yang mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang. Terkhusus ISOPLUS Coco, merupakan minuman Isotonik dengan air kelapa muda Thailand. 

So, dengan kata lain, minum Isoplus #ExcellentHydration Isoplus dapat membantu kamu menjalani gaya hidup aktif dan terhidrasi dengan baik sehingga siap melanjutkan aktivitas dengan excellent!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini