Sukses

Angka Kelahiran Turun Terus, Banyak RS di China Tutup Layanan Persalinan

RS di China disebut-sebut banyak melakukan penutupan poli kebidanan dan kandungan akibat penurunan angka kelahiran

Liputan6.com, Jakarta Para ahli medis dan media China melaporkan penutupan departemen kebidanan dan kandungan di banyak rumah sakit di negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa ini.

Penutupan departemen kandungan dan kebidanan diibaratkan sebagai musim dingin di Negeri Tirai Bambu. Saat ini China sedang berjuang pada aspek perekonomian negaranya.

Angka kelahiran rendah di negara ini disebabkan kaum muda di China cenderung menghindari pernikahan dan enggan memiliki anak, hal ini mengakibatkan prospek untuk menghidupkan kembali pertumbuhan populasi di negara ini tampaknya suram, dilansir dari Al Jazeera pada Kamis, 28 Maret 2024.

China belum mempublikasikan angka resmi tentang penutupan yang dilaporkan. Kantor berita Reuters melaporkan minggu ini bahwa banyak rumah sakit di China telah berhenti menawarkan layanan kebidanan dan kandungan tahun ini.

Data dari Komisi Kesehatan Nasional China menunjukkan bahwa fenomena ini tidak terjadi secara tiba-tiba. Antara tahun 2020 dan 2021, jumlah rumah sakit bersalin turun dari 807 menjadi 793, menurut Reuters

"Musim dingin kebidanan tampaknya akan datang secara diam-diam", demikian laporan media China's Daily Economic News minggu lalu. Namun, lonceng peringatan telah berbunyi lebih lama dari itu di antara para ahli medis dan laporan media di Tiongkok.

Pada bulan September, The Paper, sebuah organisasi media digital milik pemerintah yang berbasis di Shanghai, menerbitkan sebuah laporan panjang mengenai penutupan departemen kebidanan, termasuk di kota Ningbo dan Wenzhou di provinsi Zhejiang, provinsi Jiangsu, wilayah Guangxi, dan kota Guangzhou di Provinsi Guangdong.

Menurut The Paper, banyak rumah sakit di Guangdong juga telah menyesuaikan layanan kebidanan dan kandungan mereka, seperti mengurangi jam kerja, termasuk tidak ada layanan rawat inap, dan mengurangi perawatan yang dapat diberikan pada waktu lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kritik Terhadap Penutupan Departemen Kebidanan di China

Dalam sebuah artikel opini yang diterbitkan oleh China Business News pada bulan Februari, Profesor Deng Yong dan Wang Chongyu, dari Universitas Kedokteran China Beijing, memperingatkan agar departemen kebidanan dan kandungan di China tidak segera dihapuskan.

"Alasan di balik fenomena ini dan masalah sosial dan medis yang terpapar sangat perlu didiskusikan dan diselesaikan oleh semua sektor," tulis mereka dalam analisis panjang tentang situasi yang sedang berlangsung dan argumen mereka untuk menjaga departemen kebidanan tetap terbuka.

"Meskipun penghapusan rumah sakit anak dan rumah sakit ibu dan anak tampaknya telah menjadi tren umum, penghapusan yang cepat akan mempengaruhi pasokan perawatan medis dasar bagi warga, meningkatkan tekanan pada sumber daya rumah sakit, dan memicu serangkaian masalah sosial," lanjut mereka.

"Jika tidak ada cukup rumah sakit anak, ibu dan anak untuk menyediakan layanan medis, ibu hamil dan bayi tidak akan dapat menerima perawatan medis profesional, dan konsekuensinya akan menjadi bencana."

3 dari 4 halaman

Lebih Sedikit Jumlah Wanita Cina yang Memiliki Anak

Angka kelahiran di Tiongkok telah menurun sejak diberlakukannya kebijakan satu anak untuk keluarga pada tahun 1980 karena kekhawatiran peningkatan populasi yang cepat.

Di tengah penurunan populasi yang sama tajamnya, pemerintah China kemudian mengubah kebijakan pada tahun 2015 untuk mengizinkan pasangan memiliki dua anak.

Pada tahun 2021 pemerintah mengizinkan memiliki tiga anak. Namun, dengan mengizinkan pasangan untuk memiliki lebih banyak anak tidak membuat mereka melakukannya.

Biro Statistik Nasional China mengumumkan pada bulan Februari bahwa jumlah penduduk negara tersebut turun untuk tahun kedua berturut-turut pada 2023, menurun sebanyak 2,08 juta menjadi 1,409 miliar.

Penurunan di tahun 2023 jauh lebih besar daripada penurunan yang tercatat pada 2022 sebesar 850.000, yang menandai pertama kalinya jumlah penduduk China mengalami penurunan sejak 1961.

Angka-angka untuk tahun 2023 juga menunjukkan bahwa kelahiran baru turun sebanyak 5,7 persen, sehingga menjadi 9,02 juta, dan angka kelahiran di negara tersebut juga mencapai titik terendah baru yaitu 6,39 kelahiran per 1.000 orang. Turun dari angka tahun 2022 yaitu 6,77 kelahiran per 1.000 orang.

4 dari 4 halaman

Ekspektasi Perempuan China yang Berubah

Stuart Gietel-Basten, profesor ilmu sosial di Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong yang merupakan seorang ahli kebijakan kependudukan, mengatakan bahwa perubahan demografi Tiongkok tercermin dalam sektor kesehatan, mencatat bahwa ketika layanan kebidanan menurun, layanan yang dibutuhkan untuk populasi yang menua akan meningkat.

"Apa yang perlu kita lakukan adalah mengenali tantangan mendasar untuk memulai hidup bagi kaum muda di China, dan di banyak bagian lain di dunia, dalam hal biaya perumahan, pekerjaan yang layak, dan pekerjaan yang stabil," kata Gietel-Basten kepada Al Jazeera.

Menurut Gietel-Basten, perempuan muda di Tiongkok menghadapi banyak sekali risiko terhadap karier dan kesejahteraan ekonomi mereka dengan memiliki keluarga.

"Biaya yang harus ditanggung oleh perempuan dalam hal risiko ekonomi, tetapi juga risiko untuk memiliki jenis kehidupan yang mereka inginkan dan harapkan, sangat, sangat besar," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.