Sukses

Manfaat Bok Choy: Sehatkan Tulang dan Jantung hingga Turunkan Risiko Kanker

Bok choy kaya akan nutrisi yang meningkatkan kesehatan, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K, kalsium, dan folat.

Liputan6.com, Jakarta - Bok choy, yang secara ilmiah dikenal sebagai Brassica rapa dan terkadang disebut pak choi, adalah sayuran hijau tua yang berasal dari Tiongkok.

Sebagai bagian dari keluarga Brassica, sayuran ini sangat mirip dengan sayuran silangan lainnya seperti kangkung, brokoli, dan kubis Brussel. Meskipun banyak dikonsumsi dalam masakan Asia, ia terus mendapatkan popularitas di wilayah lain di dunia karena memiliki banyak manfaat kesehatan.

Tekstur bok choy yang renyah dan kemampuannya menyerap rasa menjadikannya bahan utama dalam berbagai masakan. Misalnya, sering digunakan dalam salad, tumisan, dan sup, karena mengandung banyak nutrisi.

Bok choy kaya akan nutrisi yang meningkatkan kesehatan, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K, kalsium, dan folat. Manfaat bok choy juga bisa dirasakan jika disertakan dalam pola makan seimbang. Profil mikronutrien bok choy dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh, kesehatan tulang, dan penanda kesehatan lainnya, dilansir Health.

Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang

Banyak mineral dalam bok choy, termasuk kalsium, fosfor, vitamin K, dan zinc, yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Tulang adalah tempat penyimpanan utama kalsium, yang menambah kekuatan dan strukturnya. Sayangnya, tubuh tidak bisa memproduksi kalsium sendiri sehingga harus dikonsumsi melalui asupan makanan. Bok choy menawarkan bentuk kalsium yang sangat mudah diserap.

Bok choy juga mengandung sedikit zinc dan zat besi, yang keduanya mendukung kesehatan tulang. Seng berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang ditemukan pada sendi dan sistem kerangka yang diperlukan untuk kekuatan dan struktur tulang.2 Sebaliknya, zat besi sangat penting untuk metabolisme vitamin D, yang merupakan prioritas dalam mencegah osteoporosis. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dapat Mendukung Kesehatan Jantung

Menambahkan bok choy ke dalam pola makan seimbang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sayuran berdaun hijau ini mengandung potasium, magnesium, dan kalsium, semuanya mineral yang berperan dalam mengatur tekanan darah.

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi sayuran berdaun hijau dikaitkan dengan penurunan insiden penyakit kardiovaskular dan strategi yang menjanjikan untuk mencegah kejadian penyakit kardiovaskular.

Bok choy juga mengandung vitamin C dalam dosis besar, yang telah dikaitkan dengan penurunan angka kematian akibat penyakit kardiovaskular.5 Sifat antioksidan dan anti-inflamasi pada bok choy, karena kandungan vitamin C-nya, dapat meningkatkan aliran darah yang sehat dengan menjaga respons pembuluh darah dan integritas.

 

3 dari 5 halaman

Dapat Mendukung Upaya Manajemen Berat Badan

Bok choy rendah kalori dan kaya akan mikronutrien penting, mendukung upaya kesejahteraan dan pengelolaan berat badan secara keseluruhan. Kandungan serat dan airnya menjadikannya sayuran yang mengenyangkan, yang dapat membantu memuaskan rasa lapar tanpa menambah banyak kalori dalam jumlah total harian.

Selain itu, ia juga berperan dalam pengendalian nafsu makan dengan meningkatkan rasa kenyang, sehingga mengurangi kemungkinan Anda mengonsumsi camilan yang kurang bergizi di antara waktu makan.

Selain itu, bok choy dapat disiapkan dengan beberapa cara berbeda, sehingga menambah variasi pada asupan Anda. Bagi mereka yang lebih menyukai camilan renyah, pertimbangkan untuk memanggang bok choy menjadi dua bagian. Mereka yang ingin menambahkan serat dan vitamin pada lauk nasinya bisa menumis sayuran dengan minyak zaitun dan bawang putih sebelum mencampurkannya. Kemungkinannya tidak terbatas.

 

4 dari 5 halaman

Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Seperti sayuran silangan lainnya, bok choy mungkin menunjukkan sifat anti kanker. Meskipun sifat-sifat ini kemungkinan bersifat multifaktorial, sebagian besar efek kemopreventifnya diperkirakan terkait dengan kandungan glukosinolatnya. Penelitian terkini menunjukkan bahwa glukosinolat dan produk penguraiannya beroperasi di bawah mekanisme anti-inflamasi dan antioksidan. Namun, masih diperlukan penelitian lanjutan dalam skala yang lebih besar.

Selain itu, bok choy mengandung sejumlah kecil selenium, elemen yang menunjukkan hubungan terbalik dengan risiko kanker prostat, kanker paru-paru, kanker esofagus, dan kanker lambung.

Penelitian terbaru menemukan bahwa paparan selenium yang tinggi dapat mengurangi risiko banyak penyakit kanker melalui mekanisme yang berbeda-beda.11 Terdapat 0,35 mikrogram (mcg) selenium dalam 1 cangkir parutan bok choy, jadi satu porsi mungkin bukan merupakan paparan selenium yang tinggi, namun dapat menyebabkan paparan selenium yang tinggi. mendukung asupan harian.

5 dari 5 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengonsumsi Bok Choy

Meskipun bok choy menawarkan banyak manfaat kesehatan, bok choy juga dapat menimbulkan potensi risiko bagi sebagian orang bila dikonsumsi dalam jumlah besar.

Misalnya, 1 cangkir bok choy parut menyediakan 27% vitamin K harian yang direkomendasikan. Karena vitamin K terlibat langsung dalam pembekuan darah, mereka yang mengonsumsi obat pengencer darah harus memperhatikan ukuran porsinya.

Mengubah asupan vitamin K secara tiba-tiba dapat mengganggu efektivitas obat-obatan ini dan menyebabkan masalah kesehatan yang mengkhawatirkan.

Namun, kebanyakan orang tidak perlu menghindari bok choy dan sayuran berdaun hijau lainnya sama sekali. Ahli diet terdaftar dapat membantu mengetahui seluk beluk nutrisi dan potensi interaksinya dengan obat yang diresepkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini