Sukses

Perokok dan Peminum Alkohol Rentan Derita Kanker Mulut

Kanker mulut bisa terjadi di semua bagian mulut. Dan siapapun bisa terkena kanker mulut, tetapi risikonya lebih tinggi untuk para pria yang berusia lebih dari 40 tahun, merokok, dan minum alkohol. 

"Di Singapura, sekitar 150 sampai 200 pasien terdiagnosis kanker mulut setiap tahun. Sekitar 75-90 persen dari kasus tersebut berkaitan dengan merokok dan alkohol," ujar Konsultan Bedah Mulut dan Rahang Atas dari Pusat Kesehatan Gleneagles Singapura dr. Victor Fan MB BCH, lewat surat elektroniknya kepada Liputan6.com, Sabtu (6/4/2013).

Beragam gejala kanker mulut sebenarnya bisa diketahui seperti bercak putih atau merah dalam mulut, luka mulut yang tak kunjung sembuh, pendarahan dalam mulut, gigi tanggal, masalah atau sakit saat menelan, benjolan di leher, sakit telinga, dan ulkus atau bengkak di bibir.

Ketidaknormalan lainnya termasuk benjolan atau bengkak atau ulkus yang tidak sembuh dalam dua minggu sampai sepuluh hari.

Menurut Victor, ulkus yang bersifat kanker cenderung menjadi keras dan tidak selalu sakit. Jika kanker menyebar ke lidah, maka pasien mungkin tidak berbicara dengan baik atau sulit makan. (Abd)