Sukses

Penyebab Batuk Darah seperti yang Dialami Polo Srimulat Sebelum Meninggal Dunia

Berikut beberapa kemungkinan paling sering seseorang mengalami batuk darah seperti yang dialami Polo Srimulat sebelum meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Komedian Christian Barata Nugraha atau Polo Srimulat meninggal dunia pada Rabu, 6 Maret 2024 di Bekasi, Jawa Barat. Polo memiliki riwayat penyakit paru dan sempat batuk darah sebelum dibawa ke Rumah Sakit Ana Medika Bekasi pada Rabu pagi.

"Tujuh hari terakhir kondisi sudah membaik. Tapi tadi setengah lima pagi bapak batuk-batuk ada bercak darah. Langsung saya bawa ke rumah sakit," kata anak Polo, Sebastian mengutip Kapanlagi.com.

Batuk darah adalah suatu kondisi ketika batuk berisi darah dari beberapa bagian paru-paru (saluran pernapasan). Penyebab munculnya batuk darah ada banyak kemungkinan penyebab. Hal tersebut bisa saja saja serius sehingga perlu dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab pasti munculnya batuk darah seperti mengutip NHS, Rabu (6/3/2024).

Kemungkinan Penyebab Batuk Darah

Berikut beberapa kemungkinan paling sering seseorang mengalami batuk darah:

  • batuk yang berkepanjangan atau parah
  • infeksi paru atau saluran napas seperti infeksi dada, pneumonia, atau bronkitis
  • masalah pada saluran udara yang menyebabkan saluran tersebut melebar dan menghasilkan lebih banyak lendir (bronkiektasis)

Bisa jadi juga batuk darah terjadi karena ada permasalahan serius yang perlu segera dikonsultasikan ke dokter. "Terkadang batuk darah bisa menjadi tanda penyakit yang lebih serius seperti penggumpalan darah atau kanker paru-paru. Penting untuk memeriksakannya sesegera mungkin," tulis NHS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Polo Sudah Lama Bolak-Balik RS Terkait Sakit Paru

Mengenai kondisi Polo, Sebastian menuturkan bahwa ayahanda beberapa waktu terakhir memang bolak-balik ke rumah sakit karena kondisi kesehatan yang kurang baik.

"Bapak sudah bolak-balik ke rumah sakit, memang kondisi bapak akhir-akhir ini kurang baik di paru-paru," tutur Sebastian lagi.

3 dari 4 halaman

Keluarga Minta Maaf

Sebastian pun memohon maaf terhadap publik serta pihak-pihak lain bila semasa hidup ayahanda melakukan kesalahan. 

"Keluarga cuma bisa minta maaf sama semuanya kalau ada salah. Untuk sementara seperti itu," sambung Sebastian mengutip Showbiz Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Soal Polo Srimulat Meninggal Dunia

Diberitakan sebelumnya, Polo meninggal di Rumah Sakit Ana Medika Bekasi, Jawa Barat. Kabar duka itu pertama kali tersiar di kalangan awak media. Pemilik nama asli Barata Nugraha tersebut mengembuskan napas terakhir pukul 12.10 WIB.

"Assalamualaikum wr wb. Innalillahi wa innailaihi rajiun. Telah berpulang ke ke sisi Allah SWT Barata Nugraha atau Pak polo pukul 12.10Wib di RS. Ana medika Bekasi. Mohon maaf atas segala kesalahan beliau," begitu bunyi pesan yang tersebar di kalangan awak media

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini