Sukses

Studi: Kehadiran Kakek-Nenek Berdampak Positif pada Kesehatan Mental Ibu

Kehadiran kakek-nenek bisa berdampak baik bagi kesehatan mental para ibu.

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan dan kehadiran kakek-nenek dapat memberikan dampak signifikan terhadap kesehatan mental para ibu, menurut sebuah penelitian baru yang diterbitkan minggu ini di jurnal Population Studies.

Para peneliti di Universitas Helsinki di Finlandia menemukan bahwa dukungan kakek-nenek dapat melindungi ibu dari depresi – terutama mereka yang telah berpisah dari pasangannya dan menjadi orang tua tunggal.

Studi ini memeriksa data register Finlandia dari 116.917 ibu yang berpisah dan 371.703 ibu yang tidak berpisah dengan anak di bawah usia 12 tahun.

Para wanita tersebut diperiksa setidaknya selama tiga tahun antara tahun 2000 dan 2014.

Para peneliti membandingkan prevalensi obat antidepresan yang dikonsumsi ibu dengan karakteristik kakek dan nenek terkait kemampuan mereka dalam memberikan dukungan.

Kemungkinan depresi ibu yang lebih rendah diperkirakan terjadi jika kakek-nenek berusia di bawah 70 tahun, bekerja, dan tidak memiliki masalah kesehatan yang parah.

Depresi juga lebih jarang terjadi jika kakek-nenek masih menikah dan tinggal dekat dengan putri mereka.

Karakteristik nenek dari pihak ibu tampaknya paling berpengaruh terhadap kesehatan mental ibu.

Penelitian tersebut menemukan bahwa peran kakek dan nenek dari pihak ayah lebih kecil.

“Karakteristik kakek-nenek yang terkait dengan peningkatan potensi untuk memberikan dukungan dan penurunan kebutuhan akan dukungan memprediksi kemungkinan lebih rendah terjadinya depresi pada ibu, terutama di kalangan ibu yang berpisah,” para peneliti menyatakan dalam temuan tersebut, dilansir New York Post

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rasa Kebersamaan

Rekan penulis studi Dr. Niina Metsa-Simola menyebutkan bahwa perbedaan kesehatan mental ibu di AS bisa lebih besar dibandingkan di Finlandia, terutama ketika ibu berpisah.

“Hal ini karena Finlandia adalah negara kesejahteraan Nordik yang komprehensif dan menawarkan langkah-langkah dukungan yang relatif besar, termasuk layanan penitipan anak yang terjangkau,” katanya.

“Selain itu, rumah tangga multigenerasi (yakni kakek-nenek yang tinggal bersama anak dan cucu mereka yang sudah dewasa) sangat jarang terjadi di Finlandia.”

Matt Lundquist, LCSW, MSED, seorang psikoterapis di Tribeca Therapy di New York City, tidak terlibat dalam penelitian ini tetapi bereaksi terhadap temuan tersebut dalam sebuah wawancara dengan Fox News Digital.

Dalam banyak kasus, katanya, bentuk intervensi kesehatan mental yang paling membantu adalah rasa kebersamaan dan dukungan dari orang-orang terkasih.

“Meskipun ada masalah kejiwaan yang memerlukan perhatian dari ahli kesehatan mental, seringkali dukungan masyarakat, dukungan keluarga, kepedulian dan pengasuhan yang diberikan oleh ibu baru dan orang tua baru sangatlah signifikan,” katanya.

 

 

3 dari 5 halaman

Dukungan dari Ibu

Dukungan dari sosok ibu yang dapat memberikan bimbingan antar perempuan sangatlah penting, kata Lundquist.

Perempuan menghadapi tantangan perubahan identitas yang muncul saat mereka menjadi ibu baru, terutama jika mereka baru pertama kali melahirkan, katanya.

“Dan juga, [mereka menghadapi] tantangan dalam belajar merawat bayi kecil dan menjadi orang tua,” kata Lundquist.

“Banyak orang meminta dukungan dari ibu mereka atau dari seseorang yang bisa menjadi pendukung dengan kebijaksanaan dan pengalaman.”

Dalam hal mengatasi depresi pascapersalinan, Lundquist mengatakan bahwa menjadi ibu baru adalah tantangan yang “kurang dihargai” – dan kakek-nenek bisa ikut campur tangan dalam hal ini.

“Ketika kita memikirkan peran yang dimainkan oleh orang tua [ibu], terutama ibunya, ada bentuk panduan khusus dalam menavigasi perubahan identitas tersebut dan menciptakan ruang untuk membicarakan hal tersebut,” katanya.

 

 

4 dari 5 halaman

Terhubung Lewat Panggilan Video

Psikolog pendidikan dan pakar parenting Dr. Michele Borba, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, juga menekankan bahwa “hubungan kepedulian sangat penting untuk kesejahteraan mental.”

Pakar yang berbasis di California mengatakan, “[Tidak mengejutkan] bahwa penelitian ini menemukan bahwa ibu yang memiliki ibu yang tinggal berdekatan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami depresi.”

Ketika tinggal dekat dengan keluarga tidak memungkinkan, panggilan video setiap hari dengan kakek-nenek bisa menjadi alternatif yang baik, saran Borba.

“Nenek juga dapat menemukan jaringan dukungan untuk putri mereka – teman dan kerabat serta sumber daya medis terdekat,” katanya.

“Kuncinya adalah pengasuh secara konsisten memberikan perhatian dan perhatian untuk membantu kesejahteraan pribadi ibu serta anak-anak mereka.”

Hubungan anak-orang tua ini dapat berperan penting dalam membantu memudahkan transisi menjadi ibu, yang mungkin menjadi tantangan bagi sebagian ibu baru, menurut Lundquist.

Ada “intensitas yang sangat besar” dalam menyadari “seberapa banyak dari diri Anda yang harus Anda berikan kepada orang lain,” kata terapis tersebut.

“Dan itu secara fisik, spiritual, energik dan emosional,” katanya.

“Jika seseorang memiliki hubungan dekat dengan orang tuanya, terutama ibunya, di situlah ruang di mana mereka dapat membicarakan perasaan tersebut.”

5 dari 5 halaman

Kakek-Nenek Bisa Tawarkan Bantuan Alih-Alih Berasumsi

Meskipun para ibu tunggal tampaknya lebih menghargai dukungan orangtua mereka, Lundquist mengatakan bahwa bagi beberapa keluarga, penting untuk mendefinisikan peran kakek-nenek.

“Tampaknya jelas bahwa kakek-nenek tersebut muncul dengan niat baik, meskipun pendekatan mereka mungkin tidak hati-hati atau bernuansa,” katanya.

Lundquist menyarankan agar kakek-nenek menawarkan bantuan mereka daripada berasumsi bahwa mereka diundang untuk mengunjungi atau tinggal bersama anak dan cucu mereka.

Dia mendorong kakek-nenek untuk bertanya, “Apa saja cara yang dapat kami lakukan untuk membantu namun tidak terasa membebani Anda?”

“Saya pikir hal ini berdampak pada membantu para ibu baru atau orang tua baru untuk merasa lebih terbuka dalam menerima bantuan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.