Sukses

Optimalkan Sistem Jaminan Kesehatan Sosial, BPJS Kesehatan Jalin Kerja Sama dengan HIRA Korea Selatan

Kerja sama antara BPJS Kesehatan dan The Health Insurance Review and Assessment (HIRA) Service diresmikan di Wonju, Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - BPJS Kesehatan berupaya mengembangkan sistem klaim digital dan pengembangan sistem pembayaran kepada seluruh fasilitas kesehatan dengan berkolaborasi dengan Korea Selatan.

Kerja sama antara BPJS Kesehatan dan The Health Insurance Review and Assessment (HIRA) Service diresmikan pada Kamis (22/2) di Wonju, Korea Selatan.

Direktur Kepatuhan dan Hubungan Antar-Lembaga BPJS Kesehatan, Mundiharno berharap kerja sama dapat membawa manfaat yang signifikan bagi kedua negara, terutama dalam meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat.

“Kerja sama yang dilakukan ini melibatkan pertukaran keahlian dan pengetahuan antara kedua lembaga guna memperkuat sistem jaminan kesehatan sosial di kedua negara. Dengan berbagi pengalaman, BPJS Kesehatan dan HIRA berharap dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan aksesibilitas bagi masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan di masing-masing negara,” kata Mundiharno, dilansir Antara.

Bentuk kerja sama atara BPJS Kesehatan dan HIRA nantinya berupa penyelenggaraan seminar bersama, konferensi, lokakarya, serta pertemuan tingkat profesional lain. Selain itu, akan dilakukan pula kolaborasi penelitian, pelatihan, konsultasi, serta publikasi.

Pertukaran informasi dan pengalaman, khususnya terkait Sistem Klaim Digital dan penanganan Anti-Fraud dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), jelas Mundidharmo, BPJS Kesehatan dan HIRA bisa memperkuat sistem jaminan kesehatan baik di Indonesia maupun Korea Selatan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diyakini Dapat Membawa Manfaat bagi Kedua Negara

Mundiharno meyakini, kerja sama yang dilakukan bisa membawa manfaat yang signifikan bagi masyarakat, khususnya di Indonesia dan Korea Selatan, sekaligus menjadi dasar yang kuat dalam mengoptimalkan sistem jaminan sosial di bidang kesehatan.

“Kerja sama ini menandai langkah positif dalam memperkuat kerja sama bilateral di bidang kesehatan antara Indonesia dan Korea Selatan, serta menegaskan komitmen kedua negara untuk meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakatnya,” ujarnya. Selain tim BPJS Kesehatan, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Direktur Eksekutif Strategi dan Manajemen HIRA, Soo-Suk Oh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.