Sukses

Alice Norin Didiagnosis Kanker Sarkoma, Kerap Sakit Perut Bawah Sejak Agustus 2023

Aktris Alice Norin mengabarkan kondisi kesehatannya. Wanita 36 tahun ini mengungkapkan bahwa pada Desember 2023 ia didiagnosis kanker sarkoma

Liputan6.com, Jakarta Aktris Alice Norin mengabarkan kondisi terkait kesehatannya. Wanita 36 tahun ini mengungkapkan bahwa pada Desember 2023 ia didiagnosis kanker sarkoma.

"Aku divonis kanker sarkoma yaitu kanker langka yang berkembang di otot rahim," kata Alice yang diunggah di video TikTok pada Jumat, 16 Februari 2024.

"Aku lagi enggak bercanda dan aku lagi enggak nyari perhatian. Buat apa penyakit dibercandain?," kata Alice.

Istri dari Alvin Yudhapatria ini menceritakan bahwa sejak Agustus 2023 ia kerap mengalami rasa sakit pada perut bagian bawah. Saat itu, ia memutuskan pergi ke dokter untuk mencari tahu penyebab rasa sakit tersebut.

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan diketahui ada miom.

"Kata dokter, kalau enggak mengganggu (miom) enggak usah dioperasi," tutur ibu dua anak ini.

Sakit Perut Hebat di Desember 2023

Selang beberapa bulan kemudian, tepatnya pada saat tanggal 12 Desember 2023, Alice Norin merasakan sakit perut yang lebih dari biasanya.

"Sakitnya benar-benar enggak ketahan dan aku mutusin cek di hari itu juga," katanya.

Ia kemudian memeriksakan kesehatannya ke dokter A. Lalu, dokter tersebut menanyakan riwayat kanker pada keluarga Alice. Dan, rupanya ibu Alice juga punya riwayat kanker.

"Almarhum mama aku meninggal karena kanker," kata Alice ke dokter.

Lalu, dokter menjelaskan bahwa setelah diperiksa terdapat miom sebesar 6 cm di tubuh Alice. Lalu, ada pembuluh darah di sekitar miom yang seharusnya tidak ada. Hal tersebut menandakan keganasan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cari Second Opinion

Dokter tersebut kemudian meminta Alice mencari second opinion ke dokter obstetri dan ginekologi fetomaternal. Setelah menjalani pemeriksaan, ternyata dugaan dokter sebelumnya benar. 

"Dan, bener hasilnya sesuai yang dikhawatirkan dokter A," kata Alice.

"Banyak pembuluh darah yang ada di dekat miom yang menandakan kemungkinan keganasan," tuturnya.

Kemudian Alice kembali bertemu dengan dokter yang sebelumnya. Dokter tersebut mengatakan bahwa ada kemungkinan kanker sarkoma. Sehingga perlu dilakukan operasi dengan metode midline laparotomy (sayatan dibuat di tengah perut dibuka dari atas ke bawah),

3 dari 4 halaman

Jika Tunjukkan Keganasan, Organ Reproduksi Harus Diangkat

Jika hasil biopsi pada miom memperlihatkan keganasan, semua organ reproduksi dan semua organ di belakang harus dikeluarkan.

"Artinya aku akan menopause dini dan yang pasti enggak bisa lagi punya anak," tuturnya.

Operasi besar dilakukan pada Sabtu, 16 Desember 2023.

"Aku sama suami kayak enggak punya waktu untuk mencerna, 'Ini beneran?'," tuturnya.

 

4 dari 4 halaman

Doa dari Follower

Banyak pengikut Alice Norin yang kaget ketika wanita berambut panjang tersebut mengungkapkan kondisi kesehatannya. Lantaran Alice terlihat baik-baik saja selama ini.

"Kak Alice kuat banget sampai sekarang masih kelihatan baik-baik saja. Semoga dipulihkan dan sehat kembali. Semangat kak," kata seorang pengikutnya.

"Semoga cepat sembuh, diangkat penyakitnya," kata yang lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini