Sukses

Kota Depok Perkuat Upaya Pencegahan Masalah Stunting, Berhasil Masuk Kasus Terendah Secara Nasional

Bayer Luncurkan Program Pencegahan Stunting di Depok

Liputan6.com, Jakarta - Stunting menjadi salah satu fokus utama pemerintah karena prevalensinya yang masih cukup tinggi di Indonesia. Pemerintah menargetkan menjadi 14 persen pada tahun ini, tapi pada 2023 masih di angka 21,6 persen.

Salah satu dari lima besar kota dengan kasus stunting terendah secara nasional adalah Depok. Meskipun begitu upaya penanganan stunting harus terus ditingkatkan untuk mencegah risiko buruk di masa depan.  Oleh sebab itu, pemerintah Kota Depok menyambut baik program Cegah Stunting (CETING) yang digagas Bayer.

Perusahaan global di bidang Life Science yang bergerak dalam sektor kesehatan dan pertanian ini berhasil menjalankan program ini, dengan mencakup lebih dari 2.300 warga penerima manfaat. Dimulai sejak Agustus 2023, CETING difokuskan pada pemberian edukasi kesehatan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar pabrik Bayer di Cimanggis, Kelurahan Cisalak, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat.

CETING merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan pabrik Bayer Cimanggis dalam mengatasi masalah kesehatan, terutama dalam pencegahan stunting di sekitar area operasinya. Sebagai penutup program pencegahan stunting ini, 150 rumah tangga menerima fasilitas penyediaan air bersih dan sehat.

Kepala Bayer Product Supply Consumer Health Cimanggis, Priscilla Silvan Prarizta, menjelaskan bahwa program ini sesuai dengan visi perusahaan untuk 'Health for All, Hunger for None'. Meskipun prevalensi stunting di Depok sudah di bawah angka nasional, dia menyatakan bahwa upaya pencegahan masih diperlukan.

Menurut Priscilla, melalui fasilitas air bersih dan sehat umum serta serangkaian program edukasi kesehatan, pihaknya berharap dapat membantu pemerintah mencapai target penurunan stunting di Indonesia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wali Kota Depok Apresiasi Program Cegah Stunting

Program CETING mendapat apresiasi dari Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, yang menyatakan terima kasih kepada perusahaan itu atas kontribusinya. Program ini dianggap sangat bermanfaat bagi warga Cisalak dan menjadi bukti dukungan dari berbagai pihak dalam penanganan dan pencegahan stunting.

Guna memastikan dampak yang berkelanjutan, Bayer menerapkan pendekatan perubahan perilaku dan melibatkan masyarakat dalam program CETING. Selama lima bulan pelaksanaan bersama dengan Mercy Corp Indonesia (MCI), program ini memberikan berbagai manfaat, termasuk pelatihan kesehatan, edukasi, pembangunan fasilitas air bersih, dan pembentukan komite terkait sanitasi dan pengelolaan air bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.