Sukses

TPS RSCM Bantu Pasien dan Nakes Salurkan Hak Suara dalam Pemilu 2024

Untuk memberikan akses Pemilu 2024 kepada pasien yang tidak mampu untuk turun ke Lobby Gedung A. Pihak KPPS dan RSCM melakukan jemput bola.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Pemilihan Umum (Pemilu 2024) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menyediakan tempat pemungutan suara (TPS).

TPS ini dibuka di Lobby Gedung A, RSCM, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024).

Menurut petugas KPPS RSCM, Hengky Haposan, hanya orang-orang tertentu yang dapat memberikan hak suara di TPS ini, yakni:

  • Pasien
  • Tenaga kesehatan (Nakes)
  • Keluarga pasien yang sudah mengurus surat pindah memilih.

Hengky pun mengatakan bahwa jumlah pemilih di TPS ini awalnya 238. Namun, karena satu dan lain hal jumlahnya menjadi 235.

Para pemilih tak hanya berasal dari DKI Jakarta, tapi ada pula warga Tasikmalaya, Palembang, dan kota lainnya.

TPS Keliling

Untuk memberikan akses kepada pasien yang tidak mampu untuk turun ke Lobby Gedung A. Pihak KPPS dan RSCM melakukan jemput bola.

Para pasien akan didatangi ke kamarnya dan semua alat memilih akan dibawa pula ke sana. Ini memudahkan mereka untuk memilih.

"Orang yang kami jemput bola tidak banyak, kurang dari sepuluh orang," kata Hengky ketika ditemui di RSCM, Rabu (14/2/2024).

Tak hanya untuk pasien dan keluarganya. TPS ini juga memudahkan bagi para nakes. Salah satunya Novi Anggraini.

Pekerja lab di RSCM ini seharusnya melakukan pencoblosan di kampung halaman yakni di Lampung. Namun, tuntutan pekerjaan dan jarak membuatnya tidak memungkinkan untuk nyoblos di Lampung.

"TPS ini sangat membantu, kalau tidak ada TPS ini mungkin saya golput (golongan putih)," ujar Novi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini