Sukses

Profil Mayor Teddy yang Trending Usai Video Bantu Pendukung Prabowo-Gibran Pingsan di GBK Viral

Liputan6.com, Jakarta - Mayor Teddy menjadi sorotan publik setelah video dirinya viral di Twitter pada Minggu, 11 Februari 2024. Dalam video yang pertama kali diunggah oleh akun @gitaxx_ di TikTok, Mayor Teddy terlihat sedang mengangkat seorang perempuan yang pingsan di tengah-tengah kampanye akbar pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Akun TikTok @Prabowoidn juga mengunggah video yang sama. Reaksi Mayor Teddy dalam video itu mendapat pujian dari masyarakat. Banyak yang mengapresiasi kecepatan dan tanggapnya dalam menangani situasi darurat tersebut.

"Salut... Sigap banget Mayor Teddy," tulis akun Vaporizer.

"Keren, Mayor Teddy," sahut netizen yang lain.

"Sungguh mulia pekerjaan Anda, bung Mayor. Salam sehat dan salam sukses untuk Indonesia lebih maju," kicau akun cahcr7.

Di saat yang sama, Raffi Ahmad mengunggah fotonya bersama Mayor Teddy yang berhasil bikin gempar warganet, terlebih pengagum sang ajudan pribadi Calon Presiden (Capres) nomor urut 02, Prabowo.

"Mengabulkan request netizen karena banyak yang minta foto Mayor @tedsky89. Sehat terus, Bro," tulis akun @raffinagita1717 dengan mencantumkan akun Instagram pribadi Mayor Teddy yang hingga saat ini dalam status 'digembok'.

Dari pantauan Liputan6.com pada Minggu, 11 Februari 2024, siang, akun Instagram Mayor Teddy memiliki pengikut (followers) mencapai 49,1 ribu. Lantas, siapa Mayor Teddy? Berikut profil Mayor Teddy.

Dikutip dari Kanal Regional dan Citizen6 Liputa6.com, disebutkan bahwa pemilik nama asli Teddy Indra Wijaya adalah seorang perwira TNI yang tergabung dengan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan alumni SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah.

Nama Mayor Teddy sebenarnya sudah lama jadi perbincangan, sejak dirinya masih menjadi ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil tentang Mayor Teddy

Setelah lulus dari SMA, Teddy kemudian melanjutkan pendidikannya di Akademi Militer (Akmil) dan lulus pada 2011. Tiga tahun kemudian, karier Teddy mulai bersinar karena ketika masih berpangkat Letnan Satu (Lettu) dia dipercaya menjadi ajudan Presiden Jokowi.

Posisinya sebagai ajudan Presiden Jokowi tersebut berlangsung dalam periode pertama kepemimpinannya yaitu periode 2014-2019. Adapun Mayor Teddy kemudian meneruskan pendidikan militernya di Amerika Serikat (AS).

Teddy Menempuh Pendidikan di Amerika Serikat

Teddy telah menempuh pendidikan di Amerika Serikat dan meraih prestasi yang cukup cemerlang. Dia berhasil meraih tab ranger yang menandakan bahwa dirinya memenuhi kualifikasi sebagai pasukan elite Angkatan Darat AS atau US Army Ranger School.

Sebagai informasi Ranger School merupakan program sekolah pasukan elite di Angkatan Darat AS. Sekolah ini juga menerapkan sistem gugur yang setiap minggunya siswa akan menjalani sejumlah tes.

Tes tersebut mulai dari kemampuan fisik, navigasi darat, taktikal tes, hingga kepemimpinan. Selain itu, persentase kelulusan di sekolah tersebut berkisar dari 20 hingga 25 persen dari jumlah total siswa.

Teddy kemudian menjadi lulusan terbaik US Army Infantry School di Fort Benning, AS pada November 2019. Diketahui Teddy meraih predikat International Honor Graduate di antara 185 perwira siswa yang terdiri dari 171 perwira Amerika dan 14 perwira asing.

3 dari 3 halaman

Menjadi Ajudan Menteri Pertahanan

Setelah kembali ke Indonesia, Teddy saat ini mempunyai pangkat sebagai Mayor dan dipercaya menjadi ajudan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. Prabowo juga pernah menyinggung tentang Teddy dalam satu kesempatan.

Saat itu Prabowo tengah berpidato selama puluhan menit dalam acara doa yang digelar di Lebak, Banten. Prabowo kemudian meminta izin untuk menghentikan pidatonya karena sudah dipelototi oleh ajudannya.

"Saudara-saudara, saya sudah dipelototin oleh ajudan saya. Berdiri di depan saya ini matanya melotot," kata Prabowo.

Kemudian Prabowo menyampaikan jika ajudannya tersebut dulu bekerja sebagai ajudan Presiden Joko Widodo. Namun saat ini Mayor Teddy justru ditunjuk sebagai ajudannya yang juga seorang Menteri Pertahanan.

“Dulu beliau ini ajudannya Pak Jokowi, tapi Pak Jokowi entah punya niat baik kepada saya, ajudannya ini dikasih ke saya,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini