Sukses

Ratu Camilla Ungkap Kondisi Terkini Raja Charles III yang Sedang Jalani Pengobatan Kanker

Liputan6.com, Jakarta Raja Charles III sudah memulai pengobatan kanker pada awal pekan ini. Saat ini, Raja Inggris itu 'dalam kondisi yang sangat baik' setelah menjalani pengobatan awal kanker seperti disampaikan sang istri, Ratu Camilla.

Ratu Camilla mengatakan bahwa Raja Charles III sangat tersentuh dengan ucapan dan doa dari banyak orang untuk kesembuhannya.

"Beliau sangat tersentuh dengan semua surat dan pesan yang dikirimkan masyarakat dari berbagai penjuru," kata Camilla dalam sebuah acara di Salisbury Cathedral, Inggris pada Kamis, 8 Februari 2024 malam mengutip BBC.

"Hal itu sangat membuat semangat," lanjut Camilla.

Raja Charles III Terkena Kanker

Seperti diketahui, Buckingkham Palace mengumumkan bahwa ayah dari William dan Harry mengalami kanker. Kondisi tersebut diketahui saat menjalani pengobatan akan pembesaran prostat bulan lalu.

Untuk saat ini tipe dari kanker yang diderita Raja Charles III belum diketahui tapi dikonfirmasi bukan kanker prostat seperti dugaan banyak orang. Lalu, hal detail lebih rinci mengenai stadium maupun prognosis terhadap kanker juga belum diketahui.

"Selama prosedur pembesaran prostat yang dilakukan Raja di rumah sakit baru-baru ini, ada masalah yang menjadi perhatian. Tes diagnostik telah mengidentifikasi suatu bentuk kanker," tulis Istana Buckhingham diunggah di akun resminya pada Senin, 5 Februari 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mundur dari Tugas Publik

Dokter yang merawat meminta pria 75 tahun itu untuk mengurangi kegiatan publik selama pengobatan.

"Selama waktu tersebut beliau telah disarankan oleh dokter untuk menunda tugas-tugas yang berhubungan dengan publik," tulis keterangan Istana Buckingham.

Meski Raja Charles III menghentikan acara-acara publiknya, namun Istana Buckingham mengonfirmasi bahwa suami dari Ratu Camilla itu akan melanjutkan peran konstitusionalnya sebagai kepala negara.

"Yang Mulia tetap akan menjalankan tugas negara dan urusan pekerjaan seperti biasa," tulis Istana Buckingham.

 

3 dari 4 halaman

Alasan Langsung Ungkap ke Publik soal Kondisi Raja Charles II

Tak butuh waktu lama bagi Buckhingham Palace mengumumkan kondisi kesehatan sang Raja. Pengumuman kondisi kesehatan Raja Charles secara resmi disampaikan ke publik guna mencegah spekulasi. 

"Yang Mulia memilih membagikan diagnosis untuk mencegah spekulasi serta berharap dapat membantu memberi pemahaman publik bagi semua orang yang terkena dampak kanker," seperti mengutip keterangan Istana Buckingham.

4 dari 4 halaman

Pangeran William Bertugas Gantikan Sang Ayah

Pangeran William terlihat untuk pertama kalinya bertugas menggantikan ayahnya pada Rabu, 7 Februari 2024. 

William menerima tamu di Kastil Windsor Rabu pagi tadi. Dari berbagai foto, tampak William tersenyum dan bercanda selama acara dengan tamu-tamunya. Penulis asal Inggris, Ellen White termasuk di antara para tamu.

Kemudian, pada malam harinya, William menghadiri penggalangan dana London Air Ambulance di Raffles Hotel London. The Times melaporkan William mengajak masyarakat ikut ambil bagian dalam program tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.