Sukses

Berniat Coba Aplikasi Kencan Online? Ajukan 9 Pertanyaan Berikut untuk Menggali tentang Dirinya

Hal pertama adalah berhati-hati dalam menggunakan aplikasi kencan online. Selain itu, penting untuk mengajukan pertanyaan berbobot untuk bisa menggali sosoknya.

Liputan6.com, Jakarta Di zaman teknologi maju bukanlah hal aneh mencari jodoh dari aplikasi kencan online. Dan, ada segilintir orang yang berhasil menemukan cinta di sini walau tidak sedikit yang alami kejadian tak menyenangkan dari aplikasi kencan online.

Mengingat orang-orang yang ada di aplikasi kencan online tidak saling mengenal maka amat penting untuk mengajukan pertanyaan yang tepat agar tak berkenalan dengan orang yang salah. Hal ini penting, mengingat ada banyak orang yang sekadar bosan dan main-main menggunakan aplikasi kencan online.

Maka dari itu pakar hubungan yang juga pakar interpersonal communication dari California State University, Tara Suwinyattichaiporn mengatakan bahwa penting menanyakan pertanyaan yang tepat saat chatting dengan seseorang di aplikasi kencan online.

"Semakin banyak informasi benar yang dapat Anda peroleh dari seseorang, semakin sedikit merasa khawatir atau cemas orang tersebut,” kata Tara  mengutip Women's Health.

Harus Hati-Hati Gunakan Aplikasi Kencan Online

Hal pertama adalah berhati-hati dalam menggunakan aplikasi kencan online. Sejak awal komunikasikan secara terbuka di profil tentangn sosok seperti apa yang dicari seperti disarankan sosiolog dan pakar hubungan Jess Carbino.

"Adalah mitos kalau terlalu terbuka dalam mencari maka tak dapat jodoh," kata Tara.Maka penting untuk di awal-awal menanyakan minat dan sosok yang diinginkan."Ini seperti alat skrining," kata Carbino.

Jika sesi pembicaraan dengan seseorang adalah hal bermakna atau penting bisa dilanjutkan. Hindari mengangkat hal sensitif seperti membahas hubungan masa lalu

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

9 Pertanyaan Bisa Diajukan Saat Chat dengan Seseorang di Aplikasi Kencan Online

Berikut pertanyaan yang bisa diajukan saat chat dengan seseorang:

1. "Apa Minatmu?"

Cari tahu hal yang orang itu sukai. Dengan mengetahui hal tersebut akan membantu memahami kesukaan dan hal yang bakal sering dilakukan dalam hari-harinya seperti disampaikan Tara.

2. "Apa yang Bikin Tertarik pada Hal Itu?"

Pertanyaan ini merupakan lanjutan dari pertanayaan pertama untuk menggali lebih dalam dengan orang yang Anda ajak chat di aplikasi kencan online.

"Mengetahui alasan ia tertarik pada hal yang disukai membuat Anda membuat sedikit paham perjalanan hidupnya," kata Tara.

3 dari 5 halaman

3.

"Bukan berarti harus tahu rencana dia secara rinci. Namun, pertanyaan ini penting diajukan untuk membantu memahami orientasi hidupnya," kata Tara.

Paling tidak Anda tahu sosok tersebut orang yang spontan atau penuh perencanaan. Nah, dari jawabannya bisa diputuskan cocok atau tidak.

4. Ajukan Pertanyaan Receh seperti "Jika Kamu Mobil, Jadi Bagian yang Mana?"

Psikolog sosial Sara Nasserzadeh mengatakan bahwa mengajukan pertanyaan receh bisa memancing selera humor seseorang.

"Lalu, Anda juga punya perspekif dia saat hal-hal yang lucu atau receh," kata Sara.

4 dari 5 halaman

5.

Penting juga tahu hal-hal yang dilakukan saat waktu luang. "Dengan tahu hobi dia maka bisa melihat apakah punya kesamaan," kata Sara.

6. "Asal dari Mana?"

Carbino menyarankan untuk menanyakan “hal-hal yang dapat membangun hubungan baik,” seperti pertanyaan di atas.

"Hal itu membantu mengetahu latar belakang seseorang tanpa perlu menekannya," katanya.

  “Itu pantas untuk membangun koneksi.” Ini mungkin memberi Anda sedikit latar belakang mereka, tanpa terlalu banyak dorongan," kata Carbino.

5 dari 5 halaman

7.

"Pertanyaan terkait orang asli mana, sekolah adalah hal-hal bersifat demografis yang bisa mengembangkan pertanyaan lain," kata Carbino.

Misal berasal dari universitas A, bisa tanya kapan lulus atau turut menceritakan ada seorang sahabat yang juga berasal dari lokasi A berada.

8. "Sahabat Kamu itu Sosoknya Seperti Apa?

"Bijaksana dan penting untuk menanyakan hal ini,” kata Tara.

“Itu pertanyaan yang sangat menarik untuk memahami bagaimana ia terhubung dengan jaringan sosialnya.”

9. "Apa Tiga Hal yang Penting dalam Hubungan?"

“Ini akan membantu Anda memahami apa hal yang menarik buat dia,” kata Tara.

Jadi bisa tahu apakah sosok itu lebih suka dengan fisik, kecerdasan atau aspek lainnya. Dari sini bisa diputuskan untuk lanjut lagi atau tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.