Sukses

Franz Beckenbauer Meninggal di Usia 78, Dunia Kehilangan Satu Lagi Legenda Sepak Bola

Franz Beckenbauer Meninggal Karena Sempat Mengalami Sakit Akhir Pekan Kemarin

Liputan6.com, Jakarta - Legenda sepak bola Franz Beckenbauer meninggal dunia pada Senin 8 Januari 2024 waktu setempat. Mantan pemain bertahan Jerman yang dikenal dengan julukan 'Der Kaiser' meninggal di umur 78 tahun.

Kabar meninggalnya Franz Beckenbauer disampaikan oleh pihak keluarga. Mereka juga mengatakan bahwa Franz Beckenbauer meninggal setelah mengalami sakit akhir pekan kemarin.

Namun, hanya itu informasi yang dapat diberikan pihak keluarga. Untuk selanjutnya, pihak keluarga meminta agar tidak bertanya apa pun tentang hal tersebut.

Pihak keluarga mengatakan,"Dengan kesedihan yang mendalam kami mengumumkan bahwa suami dan ayah, Franz Beckenbauer meninggal dengan damai dalam tidurnya kemarin, Minggu, dikelilingi oleh keluarganya. Kami meminta Anda bisa berduka dalam diam dan menahan diri untuk tidak bertanya apa pun."

Tidak lama setelah kabar Franz Beckenbauer meninggal mencuat ke publik, tanda pagar (tagar) 'RIP Legend' pun bergema di Twitter alias X. Dari pantauan Liputan6.com pada Selasa 9 Januari 2024 pagi, RIP Legend telah dikicaukan lebih dari 43 ribu kali.

"RIP Legend," kicau Dokter Spesialis Penyakit Dalam Subspesialis Hematologi Onkologi Medik, Prof dr Zubairi Djoerban SpPD-KHOM melalui akun Twitter pribadinya, @ProfesorZubairi.

"RIP Legend. Sedih sekali kami harus kehilangan legenda lainnya," kicau akun @Kijana**** sebagai keterangan dari foto yang diunggahnya. Foto itu memerlihatkan Franz Beckenbauer berpelukan dengan legenda sepak bola asal Brasil, Pele.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Franz Beckenbauer Pemain Belakang Tersukses Sepanjang Sejarah

Berikut catatan karier Franz Beckenbauer. Pria kelahiran Munchen, Jerman pada 11 September 1945 dikenal sebagai salah satu pemain belakang tersukses sepanjang sejarah.

Beckenbauer pernah membawa Jerman Barat menjadi juara Piala Dunia 1974 saat mengalahkan Belanda di partai final.

Awalnya Franz Beckenbauer merupakan pemain gelandang, tapi transformasi ke pertahanan membuatnya sukses besar. Total Beckenbauer main 103 kali bersama timnas Jerman dengan koleksi 14 gol dan 10 assists.

Gelar bergengsi lain yang didapat Franz Beckenbauer selama membela Jerman adalah Euro 1972. Di tahun yang sama dia memenangi penghargaan Ballon d'Or pertamanya. Total dua kali Beckenbauer merebut Ballon d'Or sepanjang kariernya.

Franz Beckenbauer Sukses di Bayern Munchen

Di level klub, Franz Beckenbauer juga sukses besar di Bayern Munchen. Bermain 13 tahun dari 1964 sampai 1977, ayah enam orang anak ini mampu menyumbang tiga gelar juara Eropa, empat Bundesliga dan empat DBL Pokal ditambah satu Piala Intercontinental.

Bersama Die Roten, Franz Beckenbauer menyumbang 74 gol dan 75 assists dalam 582 pertandingan. Kisah sukses Beckenbauer berlanjut saat pindah ke Amerika Serikat bersama New York Cosmos.

Di sana, Beckenbauer selalu juara North American Soccer League dalam tiga musim. Mudik ke Jerman, Beckenbauer memutuskan memperkuat Hamburger SV.

Lagi-lagi kehadiran Franz Beckenbauer memberi keberuntungan. Hamburger sukses juara Bundesliga 1982.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini