Sukses

Kena Post Holiday Blues Usai Libur Tahun Baru, Coba 7 Tips Ini Biar Tak Keterusan Sedih

Istilah post holiday blues yang menandakan rasa sedih karena liburan telah selesai.

Liputan6.com, Jakarta - Kesedihan setelah liburan atau istilahnya post holiday blues sedang hangat diperbincangkan di TikTok. Sebagian orang mungkin merasa sedih lantaran harus kembali masuk kerja dan anak-anak juga mulai bersiap kembali ke sekolah.

Apalagi libur Tahun Baru 2024 segera selesai. Semua kegembiraan liburan sirna dan Anda bisa saja mengalami perasaan kehilangan atau kelelahan, menurut informasi University of Rochester Medical Center.

Melansir The Everygirl, Selasa (2/1/2024), ada berbagi cara untuk mengatasi post holiday blues sehingga Anda merasa bahagia lagi. 

1. Menggerakkan tubuh

Berolahraga selama 10 menit sehari dapat membuat perbedaan dan memiliki efek jangka panjang dan terukur pada kesehatan Anda.

2. Atur ulang kebiasaan makan dan tidur

Atur ulang makan dan tidur. Fokus pada sayuran dan makanan untuk membantu menjaga Anda tetap kenyang. Kembalikan jadwal tidur yang konsisten 7-9 jam setiap malam. 

3. Berpikir ke depan dan membuat rencana

Setelah musim liburan selesai, sulit untuk tidak memikirkan kembali masa-masa baik. Alih-alih memikirkan masa lalu, cobalah berpikir tentang masa depan untuk membantu Anda merasa lebih baik di sekarang.

Ini dapat mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beres-beres Rumah

4. Membereskan rumah

Anda tentu masih menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Lakukan untuk diri sendiri dan suasana hati Anda dengan bersih-bersih rumah.

Ini adalah waktu yang ideal untuk membersihkan setiap sudut. Ruang yang rapi dapat meningkatkan kesehatan Anda.

5. Memikirkan dan menetapkan niat

Rencanakan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencapai target Anda. Mungkin Anda ingin meningkatkan meditasi.

Memiliki tujuan yang dapat dicapai akan membantu meningkatkan kesehatan, sedangkan kemajuan menuju itu akan membantu membawa kebahagiaan dan kepuasan.

 

3 dari 3 halaman

Jalan-jalan Keluar Rumah

6. Perawatan diri

Sekarang saatnya untuk mendengarkan terutama apa yang dibutuhkan pikiran dan tubuh Anda, utamanya perawatan diri. Lakukan apa yang bekerja dan terasa terbaik untuk Anda, dan ganti dari waktu ke waktu sesuai dengan kebutuhan Anda yang selalu berubah.

Apa pun yang Anda pilih, harapannya tingkat stres lebih rendah, harga diri yang lebih tinggi, dan kesehatan secara keseluruhan yang lebih baik. 

7. Jalan-jalan keluar

Jalan-jalan keluar, terutama menikmati suasana alam, seperti ke taman dan hutan dapat membawa kebahagiaan, penurunan kecemasan, stres, dan depresi, dan fokus yang lebih baik.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Positive Psychology menunjukkan, hanya lima menit di alam bisa membuat Anda lebih bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini