Sukses

Seberapa Penting Bikin Resolusi Tahun Baru? Ternyata Ada 5 Manfaatnya Lho

Menetapkan resolusi tahun baru sebenarnya juga bisa berdampak baik. Berikut ini lima manfaat membuat resolusi tahun baru.

Liputan6.com, Jakarta - Resolusi tahun baru adalah topik pembicaraan yang populer jika sudah hari-hari terakhir seperti sekarang.

Beberapa orang menganggap membuat resolusi adalah hal serius dan sering meninjau kembali tujuannya. Sementara yang lain membicarakannya tetapi tidak memiliki banyak tindak lanjut.

Hal yang mungkin tidak disadari adalah bahwa menetapkan resolusi tahun baru sebenarnya juga bisa berdampak baik. Berikut ini lima manfaat membuat resolusi tahun baru seperti dikutip dari Spooky Nook Sport pada Minggu, (31/12/2023).

1. Membangun Kepercayaan Diri dengan Menetapkan Tujuan

Meluangkan waktu untuk menetapkan tujuan untuk diri sendiri dapat menghasilkan dorongan kepercayaan diri. Apakah seseorang mencapainya atau tidak, strategi yang akan diterapkan bisa cukup untuk melihat hasil positif.

Proses menetapkan dan bekerja menuju tujuan membantu seseorang untuk secara mental menyadari bahwa mereka dapat mencapai sesuatu. Perasaan pencapaian itu memiliki korelasi langsung dengan efisiensi diri jangka panjang.

2. Memberikan Kesempatan untuk Refleksi Diri

Duduk dan memikirkan capaian tahun depan membutuhkan pemikiran di mana seseorang berada. Kita hidup di dunia yang serba cepat, tetapi menetapkan resolusi tahun baru mengharuskan kita untuk berhenti sejenak.

Berhentilah sejenak dan pikirkan momen-momen yang berkesan karena satu dan lain alasan. Apakah seseorang melakukan perjalanan yang luar biasa atau melakukan sesuatu yang sangat menyenangkan? Pikirkan cara-cara yang mungkin bisa menduplikasi perasaan itu di tahun mendatang.

Apakah seseorang mengalami sesuatu yang sulit, atau menghabiskan terlalu banyak waktu mengkhawatirkan hal-hal yang seharusnya tidak usah dipikirkan? Gunakan pengalaman tersebut untuk memprioritaskan waktu bergerak maju di resolusi selanjutnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Membawa Seseorang Keluar Dari Zona Nyaman

Banyak orang mengasosiasikan resolusi tahun baru dengan menyerahkan sesuatu atau melakukan lebih atau kurang dari sesuatu yang sudah dilakukan. Tahun ini, cobalah membingkainya dengan pola pikir 'apa yang belum saya coba'.

Mungkin ada tempat yang selalu ingin dikunjungi, tetapi belum pernah ke sana. Atau mungkin ada keterampilan atau hobi yang ingin dicoba, tetapi belum menyisihkan waktu untuk melakukannya.

Menyiapkan resolusi untuk menantang diri sendiri dengan cara baru dan unik membantu membawa seseorang keluar dari zona nyaman dengan cara sebaik mungkin.

 

3 dari 4 halaman

4. Mengembangkan Hubungan Pribadi

Menurut American Psychological Association, tingkat kesepian pada orang dewasa berada pada tingkat tertinggi nasional. Sebanyak 40% orang dewasa melaporkan sering merasa terisolasi.

Pertimbangkan untuk mencari teman untuk mencapai sebuah resolusi. Tidak hanya akan membantu seseorang tetap di jalur dengan tujuannya, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk memperkuat hubungan itu.

 

4 dari 4 halaman

5. Meningkatkan Kesehatan Secara Keseluruhan

Tidak semua resolusi berfokus pada kesehatan tapi banyak orang memasukkan tema penurunan berat badan atau meningkatkan kebugaran fisik. Tahun baru bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengatur ulang dan kembali fokus untuk menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri.

Bagi sebagian orang, mereka ingin mulai memasak untuk diri mereka sendiri secara lebih teratur. Orang lain mungkin ingin bergabung dengan gym dan membuat tujuan kebugaran. Untuk kesehatan mental, seseorang bahkan mungkin berpikir tentang pilihan seperti belajar bermeditasi, atau mulai menulis jurnal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.