Sukses

7 Makanan Sehat Kaya Magnesium yang Baik untuk Tubuh

Magnesium memainkan peran dalam lebih dari 300 proses fisiologis yang berbeda, dari membuat protein untuk melaksanakan fungsi otot hingga berkontribusi untuk saraf yang sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Magnesium adalah mineral paling melimpah yang ada dalam tubuh kita. Magnesium memainkan peran dalam lebih dari 300 proses fisiologis yang berbeda, dari membuat protein untuk melaksanakan fungsi otot hingga berkontribusi untuk saraf yang sehat.

Perannya dalam mengurangi stres dan kecemasan secara alami juga telah membuat beberapa orang mellirik magnesium akhir-akhir ini ketika mereka mencoba untuk makan lebih banyak makanan tinggi magnesium.

"Ketika perawatan diri menjadi lebih fokus, makanan kaya magnesium bisa menjadi cara yang mudah (dan murah) untuk merawat diri sendiri," kata Brigitte Zeitlin, MPH, RD, dan pemilik BZ Nutrition.

Mendapatkan lebih banyak mineral ini ke dalam diet dapat meningkatkan tidur yang lebih baik dan hal ini telah terbukti bahwa magnesium dapat membantu meringankan gejala pramenstruasi, melawan kembung, dan meringankan sembelit.

Berikut ini beberapa makanan yang kaya akan magnesium seperti dikutip dari Reader's Digest pada Minggu, (24/12/2023).

1. Bayam

Terlepas dari apa yang digambarkan Popeye, sayuran daun hijau ini lebih dari sekadar zat besi. Cobalah menambahkan bayam kukus ke dalam pasta dan menggunakannya sebagai dasar untuk bakso, saran Zeitlin.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Biji Rami

Biji yang ringan dan rasanya pedas ini pasti merupakan makanan super, yang tergabung dengan jajaran makanan super musim panas terkenal lainnya. Selain dosis protein yang besar dan kuat. Biji rami memberikan asam lemak omega-3 dan -6 nabati, kurang dari seperempat cangkir menyediakan hampir 200 mg magnesium.

Taburkan biji rami di oatmeal atau salad, atau aduk menjadi smoothie atau sup.

3. Kacang-kacangan

Seseorang pasti sudah tahu bahwa kacang-kacangan sebagai sumber protein, serat, dan lemak sehat. Yah, mereka memiliki jumlah magnesium yang juga layak.

Satu ons almond memberikan 20 persen dari RDA (zat gizi) untuk mineral. Kacang mete dan kacang Brazil adalah pilihan utama lainnya untuk camilan kaya magnesium.

Berhati-hatilah dengan berapa banyak yang dimakan, karena kacang bisa tinggi kalori.

 

3 dari 4 halaman

4. Biji Labu

Seperti kacang-kacangan, biji adalah sumber yang baik dari banyak vitamin dan mineral. Pepitas, atau biji labu, adalah sumber magnesium khusus, dengan seperempat cangkir menyediakan 42 persen dari RDA.

Seseorang akan mendapatkan banyak serat dengan itu, terutama jika makan cangkangnya. Nikmati segenggam sebagai camilan, atau taburkan di atas sup atau salad.

5. Cokelat hitam 

Bubuk kakao memiliki 27 mg magnesium per sendok makan, sehingga cokelat batangan memiliki jumlah yang baik per ons dan kandungan itu meningkat dengan jumlah kakao di batangan.

Dengan kata lain, semakin gelap cokelat, semakin tinggi persentase kakao, dan semakin banyak magnesium yang akan didapatkan.

 

4 dari 4 halaman

6. Pisang

Orang selalu menganggap pisang sebagai muatan kalium, tetapi kalium bukan satu-satunya mineral yang bisa didapatkan. Satu pisang berukuran sedang memiliki 8 persen dari magnesium.

Pisang juga mmerupakan camilan super murah, nyaman, dan cocok dengan banyak makanan kaya magnesium lainnya, seperti sereal dan roti yang diperkaya dan selai kacang.

7. Kentang panggang

Kentang biasa jarang diketahui manfaatnya, tetapi sebenarnya kentang merupakan sumber dari sejumlah mineral, termasuk kalium dan magnesium.

Kentang panggang sederhana tentu saja lebih sehat daripada kentang goreng, dan itu akan memberi seseorang 11 persen dari magnesium. Poin bonus untuk topping kentang panggang dengan sesuatu yang hijau, seperti brokoli atau arugula, daripada mengoleskannya dengan mentega atau susu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.