Sukses

Sering Rontok dan Tak Berkilau? 7 Makanan Ini Bantu Rambut Lebih Kuat

Berikut ini beberapa makanan yang memiliki nutrisi baik untuk pertumbuhan, kekuatan dan kesehatan rambut.

Liputan6.com, Jakarta - Kunci untuk membuat rambut lebih kuat dan sehat bisa jadi sulit untuk dicapai bagi sebagian orang. Hal itu karena berbagai faktor termasuk usia, genetika, dan kondisi medis tertentu.

Memang da sejumlah besar produk rambut dan suplemen yang tersedia untuk mendorong pertumbuhan rambut, atau untuk mengurangi rambut rontok atau menipis. Tetapi bisa juga dengan mengonsumsi berbagai makanan dengan nutrisi yang baik untuk rambut.

Berikut ini beberapa makanan yang memiliki nutrisi baik untuk pertumbuhan, kekuatan dan kesehatan rambut seperti dikutip dari Real Simple pada Jumat, (22/12/2023).

1. Yoghurt

Yoghurt adalah makanan yang bagus untuk kesehatan rambut, produk turunan susu ini menyediakan banyak protein, vitamin B, dan vitamin D. 

2. Salmon

Ikan merah muda yang populer ini sangat berpengaruh bagi kesehatan rambut, tidak hanya kandungan proteinnya yang berkualitas tinggi, tetapi juga asam lemak omega-3, vitamin D, dan vitamin B.

"Sebagai ahli diet terdaftar, saya merekomendasikan salmon yang sangat tinggi lemak omega-3 untuk kesehatan rambut," kata Tamburello.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kaldu Tulang

Selanjutnya beralih ke makanan kaya kolagen yang meningkatkan kesehatan rambut.

"Kaldu tulang adalah sumber kolagen yang bagus, dan dikemas dengan protein pengisi, yang kita tahu juga penting untuk kesehatan rambut," Tamburello menjelaskan.

Kaldu tulang mudah dibuat di rumah, dan akan lebih baik lagi jika dijadikan sup.

4. Buah Jeruk

Baik itu jeruk, lemon, limau seseorang pasti akan menemukan vitamin C dalam pilihan buah jeruk apa pun yang dipilih.

Buah-buahan ini menawarkan vitamin A dan senyawa tanaman, serta lebih banyak nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut.

3 dari 4 halaman

5. Gandum

"Biji-bijian utuh secara unik mengandung silika, unsur yang juga dikenal sebagai 'mineral kecantikan,'" kata Tamburello. Oat tentu termasuk dalam kategori gandum utuh yang sehat, dan sebagai salah satu sumber silikon terbaik yang tersedia.

Makanan ini sangat cocok dalam pilihan sarapan sehat seperti oatmeal dan granola, tetapi juga dapat dimasukkan dalam makanan yang dipanggang, smoothie, roti burger nabati, dan breading untuk protein, seperti tahu atau ayam.

 

4 dari 4 halaman

6. Alpukat

Sumber lemak sehat yang populer ini menggabungkan banyak nutrisi "Vitamin E dan tocotrienol, antioksidan yang ditemukan dalam alpukat, dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut," Tamburello menjelaskan.

Selain guacamole, seseorang bisa menambahkan buah hijau ini ke salad, mangkuk biji-bijian, hidangan telur, taco, salsa, sandwich, dan banyak lagi.

7. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

"Makan lebih banyak kacang-kacangan dan biji-bijian bisa membantu rambut tumbuh lebih cepat," kata Tamburello.

Hal ini karena kandungan zinc, vitamin B, senyawa tanaman, dan asam lemak omega-3 yang tinggi.

"Biji chia, biji rami, dan kenari tinggi sumber lemak sehat omega-3 nabati yang dapat membantu pertumbuhan rambut lebih tebal."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini