Sukses

Kutu Busuk Menyerang Hong Kong hingga Singapura, Ini 5 Cara Membasminya

Ramai Soal Kutu Busuk, Kenali Ciri Fisik dan Dampaknya bagi Manusia

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini kutu busuk menyerang masyarakat di berbagai negara termasuk Hong Kong hingga Singapura.

Kutu busuk adalah serangga yang memakan darah hewan dan manusia. Kutu busuk dewasa berwarna coklat kemerahan, tidak bersayap, dan seukuran biji apel. Kutu busuk dewasa memiliki panjang kira-kira lima hingga tujuh milimeter. Mereka berbentuk pipih dengan tubuh berbentuk oval. Setelah makan, mereka membengkak dan berubah warna menjadi kemerahan.

Kutu busuk muda atau nimfa, berukuran lebih kecil dan tampak berwarna bening atau kekuningan. Sementara, telur kutu busuk berukuran kecil dan berwarna putih.

Kutu busuk bisa ditemukan di berbagai tempat seperti:

  • Apartemen
  • Hotel
  • Rumah kos
  • Kamar asrama
  • Kapal pesiar
  • Bis
  • Kereta api.

Kutu busuk ditemukan di seluruh dunia. Meskipun sebagian orang menganggap kutu busuk sebagai masalah yang hanya ditemukan di negara-negara berkembang. Nyatanya, kutu busuk dapat ditemukan di AS, Kanada, dan Inggris, serta Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Kutu busuk bisa muncul di mana saja.

"Tubuhnya yang pipih memungkinkan mereka masuk ke dalam ruang kecil, kira-kira setebal kartu kredit. Ini berarti mereka bisa pergi kemana saja selama masih ada darah untuk dimakan," mengutip Webmd, Selasa (12/12/2023).

Kutu busuk tidak membuat sarang seperti semut atau lebah tetapi cenderung hidup berkelompok di tempat persembunyian. Mereka tidak bisa terbang, tapi mereka bisa bergerak cepat melewati lantai, dinding, dan langit-langit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkembangbiakan Kutu Busuk

Kutu busuk betina bisa menghasilkan ratusan telur seukuran debu selama hidupnya. Kutu busuk yang belum dewasa, disebut nimfa, berganti kulit lima kali sebelum menjadi dewasa.

Mereka membutuhkan makan darah sebelum berganti kulit. Dalam kondisi yang menguntungkan, serangga ini dapat berkembang sepenuhnya hanya dalam waktu satu bulan dan menghasilkan tiga generasi atau lebih per tahun. Mereka dapat hidup sekitar 10 bulan hingga satu tahun.

Kutu busuk biasanya masuk ke rumah dari tempat lain yang dipenuhi kutu busuk. Di apartemen, kutu busuk dapat berpindah dari satu unit ke unit lain.

Mereka kecil dan pandai bersembunyi di siang hari, sehingga mudah bagi mereka untuk masuk ke rumah tanpa disadari.

3 dari 4 halaman

Dampak Kutu Busuk bagi Kesehatan

Kutu busuk tidak dianggap berbahaya. Tidak ada bukti bahwa mereka dapat menyebarkan penyakit ke manusia. Tapi gigitannya bisa terasa gatal dan tidak nyaman.

"Jika Anda menggaruk gigitan kutu busuk hingga merusak kulit, hal itu dapat menyebabkan infeksi. Beberapa orang alergi terhadap gigitannya. Bagi mereka, gigitan dapat menyebabkan gatal-gatal, lecet, atau rasa gatal yang hebat. Temui dokter Anda jika ini terjadi pada Anda."

Gejala gigitan kutu busuk adalah rasa gatal di kulit, sering kali di lengan atau bahu. Kutu busuk cenderung meninggalkan kumpulan gigitan dibandingkan satu gigitan di sana-sini. Namun, bagi sebagian orang, gigitan kutu busuk tidak menimbulkan bekas atau gatal apa pun.

Gejala lain yang bisa timbul adalah:

  • Bercak darah di sprei atau kasur
  • Telur atau cangkang telur kecil berwarna kuning pucat
  • Kotoran kutu busuk, titik-titik hitam seukuran satu titik
  • Kulit kutu busuk terkelupas, yang sangat mirip dengan serangga itu sendiri
  • Bau apek di sekitar tempat tidur.
4 dari 4 halaman

Cara Membasmi Kutu Busuk

Untuk menghilangkan kutu busuk, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yakni:

  • Cuci sprei, gorden, dan pakaian dengan air panas, lalu keringkan dengan pengaturan pengering tertinggi. Masukkan boneka, sepatu, dan barang-barang lain yang tidak bisa dicuci ke dalam pengering dan nyalakan dengan suhu tinggi selama 30 menit atau lebih.
  • Gunakan sikat kaku untuk menggosok lapisan kasur untuk menghilangkan kutu busuk dan telurnya sebelum menyedot debu.
  • Sedot debu tempat tidur dan area di sekitarnya setiap hari, termasuk jendela dan cetakan. Setelah itu, masukkan kantong penyedot debu ke dalam kantong plastik dan segera buang ke tempat sampah di luar ruangan.
  • Perbaiki retakan pada plester dan rekatkan kertas dinding yang mengelupas untuk menghilangkan tempat persembunyian kutu busuk.
  • Singkirkan barang-barang yang berantakan di sekitar tempat tidur dan jauhkan tempat tidur dari dinding dan perabotan lainnya.

"Jika Anda tinggal di daerah yang panas, Anda dapat memasukkan barang-barang Anda ke dalam tas tertutup dan meninggalkannya di dalam mobil untuk dipanggang di bawah sinar matahari. Suhu target setidaknya 120 F."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.