Sukses

5 Tanda Pasangan Tidak Tertarik Menikah, Enggan Membahas Masa Depan Contohnya

Pasti ada alasan di balik itu semua, salah satunya takut untuk berkomitmen.

Liputan6.com, Jakarta - Bisa hidup bersama dengan orang terkasih dengan ikatan pernikahan adalah impian bagi banyak orang. Namun, bagi beberapa orang, pernikahan bukanlah hal yang bisa membahagiakan hidupnya.

Bahkan, karena suatu alasan mereka mungkin memutuskan untuk tidak akan pernah menikah selama hidupnya. Mengambil keputusan untuk tidak pernah menikah tentu adalah hal yang berat.

Pasti ada alasan di balik itu semua, salah satunya takut untuk berkomitmen. Pasangan yang enggan berkomitmen tak mau terikat dalam waktu lama dengan kekasihnya.

Mereka merasa terbebani dan tidak bebas jika melakukan hal tersebut. Selain itu, mungkin saja mereka trauma dengan hubungan asmara, sehingga enggan untuk menikah.

Namun kita tak bisa menebak saja. Perlu diketahui tanda yang kerap ditunjukkan oleh pasangan bahwa ia enggan untuk menikah. Berikut informasi seputar tanda pasangan yang enggan menikah, dilansir dari Bustle pada Kamis, 14 Desember 2023.

1. Menghindari Pembicaraan tentang Masa Depan

"Jika pasangan punya banyak alasan seperti tidak punya cukup uang, fokus pada karier, atau menunggu hal lain terlebih dahulu waspadalah. Mungkin masuk akal secara logika, tetapi bisa jadi hanya sebuah alasan. Sebab ia takut berkomitmen,” jelas  mereka semakin menguasai mereka," kata konselor hubungan, Davida Rappaport.

Rappaport  menyarankan untuk beri pengertian pasangan, bahwa mereka masih bisa melakukan hal-hal tersebut meski menikah.

Namun, jika responsnya ternyata tetap menyangkal, kemungkinan besar ia tak mau menikah. Terserah jika ingin menunggu, tetapi pergi juga tidak membuatnya rugi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Masih Menggoda Lawan Jenis

Ramah untuk sekadar bertegur sapa kepada orang lain adalah hal yang wajar. Namun, jika pasangan justru menunjukkan sikap menggoda yang mengarah ke perselingkuhan, tandanya ia tidak mau menikah.

"Sikap ini akan semakin terlihat jelas jika pasangan berkata ia ingin bebas dan mengenal banyak orang. Sebaiknya jangan mengharapkan komitmen dari orang seperti ini," kata konselor hubungan, Kim Leatherdale, NCC.

Sikap ini menunjukkan bahwa ia masih ingin senang-senang dan tidak akan menjalin hubungan yang serius. Tentu kita tahu, hubungan serius pasti memerlukan komitmen dan tanggung jawab, tetapi pasangan enggan melakukan itu, sehingga memilih tidak menikah.

3 dari 4 halaman

3. Mengolok-olok Pernikahan

Menurut Leatherdale, mengolok-olok orang yang sudah menikah, tidak menghargai serta bersikap negatif terhadap sesuatu berbau jalinan pernikahan. Itu secara tidak langsung menunjukkan ia enggan untuk menikah.

Bagi orang sekitarnya yang akan menikah, Leatherdale menyarankan untuk menghindari orang seperti ini. Dikhawatirkan akan memengaruhi prinsip orang yang akan menikah.

4. Tak Kunjung Melamar

Biasanya orang akan menggunakan hari-hari tertentu untuk melamar, seperti perayaan ulang tahun hingga Valentine. Namun, jika pasangan melewatkan kesempatan tersebut, artinya mereka memang enggan menikah.

“Sering kali saat itulah seseorang akan melamar, tetapi jika tidak kemungkinan besar ia enggan meminta kekasihnya untuk menikah," kata Rappaport.

4 dari 4 halaman

5. Tak juga Dikenalkan ke Keluarga

Biasanya orang yang menjalani hubungan serius dan ingin menikah, akan mengenalkan pasangannya ke keluarga besar. Namun lain halnya jika ia tak ingin menikah.

Ia tak ingin hubungannya itu diketahui oleh keluarga, sehingga kecil kemungkinan pasangan akan mengajak menikah dalam waktu dekat.

Justru yang ada ia akan berusaha untuk menutupi agar keluarga tidak mendesaknya untuk menikah segera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.