Sukses

Terima Donor Darah Bisa Pengaruhi Kepribadian? Begini Kata Studi

Benarkah prosedur menerima donor atau transfusi darah berdampak pada kepribadian seseorang yang menerima donor darah?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa penerima transfusi darah melaporkan adanya perubahan pada mood serta perilaku mereka. Bahkan ada pula yang mengatakan ingatan atau memori mereka ikut mengalami perubahan usai menjalani prosedur tersebut.

Benarkah prosedur transfusi darah berdampak pada kepribadian seseorang yang menerima donor darah?

Para peneliti dari University of Geneva mencatat bahwa enam dari tujuh peserta riset 'mencermati kemungkinan bahwa transfusi menyebabkan perubahan pada perilaku atau pun nilai-nilai.'

"Tiga pasien mencermati bahwa transfusi yang mereka jalani kemungkinan mengubah perilaku atau nilai-nilai mereka," tulis para peneliti dalam sebuah artikel yang dipublikasikan dalam International Journal of Clinical Transfusion Medicine pada 2018.

"Studi ini menunjukkan bahwa sejumlah pasien mungkin merasa bahwa transfusi bisa mengubah perilaku atau nilai-nilai mereka dan bahwa kepribadian tertentu dari pendonor bisa saja ditransmisikan," ujar para peneliti.

Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Michigan pada tahun 2013 menemukan bahwa “ada keyakinan yang terus-menerus bahwa bagian dalam tubuh seseorang mempunyai kekuatan sebab-akibat, sehingga – jika bagian-bagian tersebut tercampur – dapat membuat penerimanya memiliki beberapa karakteristik donor.”

“Meskipun ilmu pengetahuan tidak mendukung kemungkinan tersebut, orang masih percaya bahwa transplantasi dapat mengakibatkan perubahan kepribadian,” kata Sarah-Jane Leslie, profesor filsafat di Universitas Princeton dan salah satu rekan penulis studi tersebut, dalam sebuah pernyataan, dilansir New York Post

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dampak Transfusi Darah pada Kondisi Kesehatan

Potensi dampak mengenai transfusi darah baru-baru ini terungkap dalam sebuah penelitian baru yang mengaitkan pendarahan otak spontan dengan prosedur transfusi darah dalam kasus yang jarang terjadi.

Pasien transfusi yang darahnya berasal dari orang yang kemudian menderita pendarahan otak, memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk menderita pendarahan otak, menurut penelitian dari Karolinska Institutet di Swedia, Universitas Kopenhagen di Denmark dan lembaga lainnya.

Ada kekhawatiran bahwa penyakit pembuluh darah angiopati amiloid serebral – yang menyebabkan penumpukan protein di pembuluh darah otak – dapat menyebar melalui transfusi, sehingga menyebabkan perdarahan.

 

3 dari 3 halaman

Perlu Banyak Penelitian untuk Menunjukkan Bukti

Jika fenomena ini benar adanya – para ahli ini, yang diterbitkan bulan lalu dalam Journal of American Medical Association, mengatakan diperlukan lebih banyak penelitian – fenomena ini masih cukup jarang terjadi, karena hanya 0,1% dari donor yang diteliti menunjukkan adanya perdarahan berulang.

“Transfusi darah relatif umum terjadi, sehingga kemungkinan dampak negatifnya menjadi masalah kesehatan masyarakat yang penting,” kata pemimpin penulis studi Gustaf Edgren dalam sebuah pernyataan. “Namun, dalam kasus ini, sangat kecil kemungkinannya Anda akan menderita pendarahan otak akibat sesuatu yang ditularkan melalui transfusi.”

Eksplorasi lebih lanjut terhadap teori bahwa transfusi darah dapat mengubah kepribadian penerima juga diperlukan, demikian argumen peneliti dari Universitas Jenewa.

“Penelitian [kami] menunjukkan bahwa pasien mungkin merasa bahwa transfusi dapat mengubah perilaku atau nilai-nilai mereka dan bahwa ciri-ciri kepribadian tertentu dari donor dapat ditularkan,” tulis mereka.

“Penelitian lebih lanjut pada populasi yang lebih besar diperlukan untuk mengevaluasi kejadian perubahan perilaku atau nilai yang dirasakan setelah transfusi darah, yang kemudian akan menyebabkan perubahan dalam cara informasi diberikan kepada pasien di masa depan yang membutuhkan transfusi.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.