Sukses

Penyebab dan Gejala Oliguria, Kondisi Saat Urine Keluar Lebih Sedikit dari Biasanya

Oliguria Bikin Jumlah Urine Lebih Sedikit dari Biasanya, Kenali Gejala hingga Penanganannya

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Oliguria adalah kondisi ketika jumlah urine yang keluar saat buang air kecil lebih sedikit dari biasanya. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh dehidrasi, penyumbatan, atau pengobatan.

Umumnya, oliguria dapat diobati di rumah, tapi dalam beberapa kasus, oliguria bisa menjadi gejala kondisi medis serius yang memerlukan pengujian dan pengobatan lebih lanjut.

Oliguria berbeda dengan anuria, yaitu ketika keluaran urine berhenti total. Gejala utama oliguria adalah produksi urine lebih sedikit dari biasanya.

"Seseorang mungkin juga mengalami gejala lain, bergantung pada penyebab penurunannya," mengutip Verywell Health pada Kamis (7/12/2023).

Tanda dan Gejala utama Oliguria

Tanda dan gejala utama oliguria adalah:

  • Buang air kecil lebih jarang dan/atau buang air kecil lebih sedikit dari biasanya
  • Urine berwarna lebih gelap dari biasanya (umumnya berwarna kuning lebih pekat)
  • Jika ada darah merah atau merah tua dalam urine, ini merupakan masalah lain yang disebut hematuria

Segera Hubungi Dokter Jika Ada Gejala Ini

Karena penurunan produksi urine secara tiba-tiba bisa menjadi tanda masalah medis yang serius, pasien harus segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami salah satu gejala berikut:

  • Muntah, diare, atau seperti tidak bisa menahan cairan
  • Jantung berdebar kencang
  • Merasa pusing

Jika tidak diobati, oliguria juga bisa menyebabkan cedera ginjal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Oliguria

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan oliguria, antara lain dehidrasi, penyumbatan, dan pengobatan.

Dehidrasi

Penyebab paling umum dari oliguria adalah dehidrasi. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup air atau cairan. Umumnya karena tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diterimanya.

"Hal ini bisa terjadi jika Anda banyak berkeringat di hari yang panas atau mengalami sakit perut yang menyebabkan diare atau muntah."

Penyumbatan

Penurunan keluaran urine juga dapat terjadi ketika ada sesuatu yang secara fisik menghalangi saluran kemih (seperti pembesaran prostat atau batu ginjal), sehingga membatasi aliran urine.

Penyumbatan ini dapat terjadi di mana saja di sepanjang saluran kemih, termasuk ginjal, ureter (saluran pembuangan ginjal, kandung kemih, dan uretra, yang mengalirkan kandung kemih).

Hal ini lebih sering terjadi pada orang dewasa dibandingkan anak-anak.

Oliguria Akibat Obat-obatan

Beberapa obat juga dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk memproduksi atau mengeluarkan urine, seperti:

  1. Antikolinergik : Obat ini memblokir gerakan otot tak sadar dan fungsi tubuh lainnya. Antikolinergik digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti penyakit Parkinson dan gangguan pencernaan, serta kandung kemih yang terlalu aktif.
  2. Obat Antiinflamasi Nonsteroid (NSAID) : Obat ini digunakan untuk mengurangi pembengkakan atau menghilangkan rasa sakit. Contohnya termasuk ibuprofen dan aspirin.
  3. Diuretik : Diuretik adalah zat yang mendorong tubuh memproduksi dan mengeluarkan lebih banyak urine. Jika digunakan secara berlebihan atau terlalu lama, diuretik dapat menyebabkan dehidrasi, cedera ginjal, atau masalah kesehatan lainnya yang pada akhirnya mengakibatkan penurunan produksi urine.
  4. Antibiotik : Penggunaan beberapa antibiotik, seperti ciprofloxacin dan penisilin, dapat membahayakan ginjal. Dan dapat memengaruhi keluaran urine. Hal ini lebih sering terjadi pada anak kecil atau mereka yang memiliki masalah kesehatan kronis.

 

3 dari 3 halaman

Penyebab Lainnya

Meskipun kurang umum, ada hal lain yang juga dapat menyebabkan penurunan produksi urine, termasuk:

  • Kehilangan banyak darah
  • Infeksi serius
  • Trauma fisik

Penanganan Oliguria

Cara pengobatan oliguria bergantung pada beberapa faktor berbeda, termasuk:

  • Kesehatan individu secara keseluruhan
  • Kemungkinan penyebab penurunan jumlah urine
  • Cedera pada ginjal

Secara umum, penyedia layanan kesehatan biasanya menyarankan untuk meningkatkan asupan cairan. Dan menghentikan pengobatan yang mungkin menyebabkan masalah dan/atau menggunakan obat untuk mengatasi masalah tersebut.

Meningkatkan Asupan Cairan

Cara sederhana untuk mengatasi oliguria adalah dengan meningkatkan jumlah cairan yang dikonsumsi. Hal ini sering kali dapat dilakukan di rumah dengan minum lebih banyak air atau larutan rehidrasi yang mengandung elektrolit.

Dalam kasus dehidrasi parah atau jika ada masalah kesehatan lain, dokter dapat merekomendasikan cairan intravena (IV) dan kemungkinan rawat inap.

Mengurangi atau Menggunakan Obat-obatan

Jika rehidrasi tidak cukup atau jika ada masalah kesehatan lain yang memengaruhi produksi urine, dokter dapat merekomendasikan penggunaan obat untuk mengobati oliguria atau penyebab utamanya.

Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati oliguria meliputi:

  1. Antimikroba: Untuk mengobati infeksi, seperti yang menyebabkan diare atau muntah yang serius.
  2. Diuretik: Yang memaksa tubuh memproduksi lebih banyak urine. Dalam jumlah kecil, diuretik dapat membantu meningkatkan keluaran urine. Namun seperti disebutkan di atas, terlalu banyak diuretik dapat menjadi bumerang dan memperburuk oliguria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.