Sukses

Rayakan Kekuatan Perempuan Lewat Women Half Marathon 2024

Lebih dari sekedar perlombaan, WHM Jakarta adalah perayaan kekuatan perempuan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Ajang olahraga lari khusus perempuan Women Half Marathon (WHM) Jakarta akan diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tanggal 28 April 2024 mendatang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). 

Lebih dari sekedar perlombaan, WHM Jakarta adalah perayaan kekuatan perempuan Indonesia.  

Acara ini didedikasikan untuk merangkul dan merayakan para pelari perempuan Indonesia dari berbagai latar belakang dengan tekad kuat mendorong kemampuan dan ketahanan demi mencapai hasil terbaik lewat kebersamaan dalam olahraga lari.

"WHM mungkin bukan hanya sebuah ajang, tapi movement dan perayaan kekuatan perempuan Indonesia lewat event ini," kata Dicky Sukmana, Penyelenggara WHM Jakarta (PT Media Dunia Olah Raga) dalam konferensi pers di Jakarta pada Rabu, 23 November 2023.

"Dan mungkin ini menjadi event pertama di Indonesia yang terdaftar dalam organisasi lari internasional World Athletic (WA) sehingga masuk ke dalam agenda lomba dunia dengan mengikuti standar internasional," kata  

WHM Jakarta juga berkomitmen menciptakan sebuah komunitas olahraga yang menghubungkan sesama pelari perempuan untuk saling mendukung, menginspirasi dan membangkitkan semangat dalam setiap langkah menuju garis akhir.

"Kami juga berharap WHM Jakarta dapat mengajak lebih banyak lagi perempuan di Indonesia ikut bergerak aktif dan menerapkan pola hidup sehat untuk tubuh dan mental yang kuat demi kesejahteraan yang lebih baik di masa depan," jelasnya.

Selain itu, WHM juga bertujuan untuk menambah angka pelari perempuan baru di Indonesia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target 5000 Peserta

Selain acara utama  WHM Jakarta, juga akan ada serangkaian acara Road to WHM Jakarta selama empat bulan mulai bulan Januari 2024. Tujuannya untuk membantu peserta menyiapkan diri dengan matang, mulai dari fisik, mental, dan emosional.

Sebagai lomba lari half marathon, penyelenggaraan perdana WHM Jakarta kali ini menargetkan akan diikuti oleh 5.000 peserta. Bukan cuma orang dewasa, remaja juga bisa terlibat dalam acara ini.

Acara ini diharapkan mampu mendukung upaya pemerintah dalam mendongkrak pertumbuhan atletik wanita nasional untuk menemukan talenta terbaik dan atlet-atlet unggul dari dalam negeri yang nantinya dapat bersaing di kancah internasional.

WHM Jakarta akan dibuka hanya untuk peserta perempuan nasional mulai tanggal 3 Desember 2023 melalui website womenhalfmarathon.id dengan tiga kategori yang akan ikut dilombakan, yaitu 5 kilometer untuk umum dan remaja perempuan dengan dua kelompok usia 12-14 tahun dan 15-17 tahun, serta 10 kilometer dan 21,0975 kilometer (half marathon). 

Perlombaan WHM Jakarta ini akan dibanderol untuk kategori 5 kilometer adalah Rp350.000, 10 kilometer sebesar Rp375.000, dan half marathon adalah Rp450.000.

3 dari 3 halaman

Keunikan Ajang WHM

Ada satu hal unik dalam ajang Women Half Marathon Jakarta 2024, yakni para pelari diizinkan untuk memilih jersey lari dengan beberapa model pakaian. 

"Karena bagi beberapa perempuan penampilan adalah hal yang utama, maka kami memfasilitasi mereka untuk dapat memilih jerseynya masing-masing sesuai dengan model kesukaannya," kata Dicky. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.