Sukses

Kabupaten Bogor Laporkan Kasus Pertama Mpox, Pasien Asal Parung Panjang

Pertama kali, Kabupaten Bogor mendapatkan laporan pertama kasus Mpox atau cacar monyet pada warganya.

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Bogor, Jawa Barat melaporkan kasus pertama cacar monyet atau Mpox. Kasus pertama yang dilaporkan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor adalah warga Parung Panjang.

Kepala Dinkes Kabupaten Bogor, drg Mike Kaltarina, mengungkapkan bahwa pasien tersebut saat ini sudah menjalani pengobatan di sebuah rumah sakit di Tangerang Selatan.

"Sudah ditindaklanjuti oleh pihak kita ya, jadi survei oleh tim kesehatan dan pasiennya juga sudah menjalani pengobatan," kata Mike di Cibinong pada Rabu, 22 November 2023 mengutip Antara.

Pasien berjenis kelamin laki-laki itu diduga terjangkit Mpox di luar Kabupaten Bogor. Terlebih pasien lebih banyak beraktivitas di Tangerang Selatan.

"Jadi itu kan yang bersangkutan kerjanya di Tanggerang Selatan. Antisipasinya pasti kita lokalisasi dulu dan jangan lupa juga masyarakat untuk tetap PHBS (pola hidup bersih dan sehat)," kata Mike.

Pelacakan Kontak Erat

Sekretaris Dinkes Kabupaten Bogor dr Agus Fauzi sudah dilakukan pelacakan terhadap orang yang kontak erat dengan pasien monkeypox.

"Akan ada pelacakan, pelacakan ke keluarganya, (karena) bisa saja anggota keluarganya (mengalami) gejala yang sama," ujar kata Agus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenali Gejala Mpox

Staf Teknis Komunikasi Transformasi Kesehatan Kemenkes RI Ngabila Salama menyampaikan bahwa ada gejala khas Mpox. Yakni terdapat benjolan kelenjar getah bening. Jika itu terjadi diharapkan masyarakat segera ke fasilitas kesehatan setempat.

"Hindari komplikasi dan kematian dengan deteksi dini. Jika menemukan gejala Mpox seperti demam, lenting isi air/luka pada kulit, apalagi disertai gejala khas Mpox, yaitu ada benjolan/pembesaran kelenjar getah bening di ketiak, leher, selangkangan atau lipat paha," ujar Ngabila.

"Segera datang ke fasilitas kesehatan, semua Puskesmas dan rumah sakit dilakukan pemeriksaan laboratorium."

Bagi kontak erat dari pasien positif cacar monyet akan dilakukan pemeriksaan laboratorium.

"Untuk kontak erat dari kasus positif cacar monyet juga dilakukan pemeriksaan lab segera untuk deteksi dan pengobatan dini," lanjut Ngabila.

3 dari 4 halaman

Masa Inkubasi Mpox

Penularan Mpox melalui droplet berupa dahak, bersin, dan liur yang mengontaminasi lingkungan atau tangan melalui kontak kulit, kontak luka, cairan tubuh, dan kontak seksual.

"Masa inkubasi cukup panjang dari tertular sampai muncul gejala, bisa 3-21 hari, yang paling sering itu 6-10 hari," Ngabila Salama menerangkan.

4 dari 4 halaman

Data Pasien Mpox per 21 November di RI

Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) per 21 November 2023 menunjukkan total kasus cacar monyet atau Mpox menjadi 55.

Jumlah ini tersebar di lima provinsi dengan rincian sebagai berikut:

Kepulauan Riau: 1 kasus konfirmasi

Provinsi Banten: 6 kasus konfirmasi

Jawa Barat: 6 kasus konfirmasi

DKI Jakarta: 41 kasus konfirmasi

Jawa Timur: 1 kasus konfirmasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.