Sukses

Manfaat Me Time Lakukan Perawatan Mandiri atau di Klinik Kecantikan, Bikin Glowing dan Sehatkan Mental

Tak dimungkiri, perawatan kecantikan mulai dari wajah hingga seluruh bagian tubuh kini telah jadi bagian dari gaya hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Meluangkan waktu untuk diri sendiri sangat penting untuk menjaga kebiasaan sehat Anda. Manfaat mengendalikan kesehatan dan kebahagiaan akan dapat menurunkan stres, membuat lebih produktif, dan memiliki lebih banyak energi.

Mengutip laman WebMD, Anda mungkin berpikir bahwa melakukan me time yang menguatkan gagasan "ini semua tentang saya" adalah egois. Namun, ada sejumlah hal yang perlu pertimbangkan terkait meluangkan waktu untuk diri sendiri yaitu:

  • Orang lain juga mendapat manfaat dari "me time" Anda.
  • Melakukan hal-hal yang memberi Anda nutrisi secara mental, emosional, dan spiritual, akan membawa lebih banyak kesabaran dan sikap yang lebih positif dan memperbaiki hubungan Anda dengan orang-orang sekitar.
  • Anda akan menjadi orangtua, pasangan, dan team player yang lebih efektif di tempat kerja.

Meluangkan waktu untuk diri umumnya dilakukan di akhir pekan. Caranya beragam, bisa dengan sesederhana melakukan hal yang disukai seperti membaca buku, berkebun, jalan-jalan, hingga melakukan perawatan mandiri di rumah atau di klinik kecantikan terbaik di sekitar tempat tinggal.

Saat ini, ada banyak pilihan perawatan yang membantu wanita maupun pria mendapat penampilan impiannya. Mulai dari perawatan sederhana hingga ekstrem. Tak dimungkiri, perawatan kecantikan mulai dari wajah hingga seluruh bagian tubuh kini telah jadi bagian dari gaya hidup.

Bahkan, melakukan rutinitas perawatan diri tak hanya bermanfaat pada kesehatan kulit dan tubuh melainkan juga pada kesehatan mental. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rutinitas Perawatan Kecantikan Juga Bantu Sehatkan Mental

Psikolog klinis Catherine J. Mills mengatakan, rangkaian perawatan diri yang menyenangkan itu juga dapat menjaga kesehatan mental seseorang.

Dokter kulit bersertifikat Erum Ilyas, MD pun menguatkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa kondisi kulit secara tidak langsung bisa digunakan untuk mengetahui kondisi mental.

"Kenyataannya adalah kulit kita dalam banyak hal tak ubahnya 'lampu periksa' bagi kesehatan internal kita. Ketika kulit terlihat dan terasa nyaman, kita cenderung merasa lebih baik terhadap diri kita sendiri," jelasnya.

Langkah-langkah perawatan kecantikan mandiri di rumah seperti mencuci wajah, toning, dan mengaplikasikan pelembap memberi kesempatan pada diri untuk masuk ke dalam mode mindfulness. Menurut studi yang dimuat dalam Frontiers in Psychology pada 2019, mindfulness dapat mencegah depresi dan kecemasan dengan mengalihkan perhatian dari pikiran yang ruwet.

“Dengan melakukan aktivitas ini selama beberapa menit, Anda dapat membantu otak Anda melepaskan diri dari pola pikir yang kurang sehat dan berputar-putar,” kata Traube.

Melakukan perawatan wajah di rumah tentunya memberi efek menyenangkan. Namun, sesederhana merencanakannya saja pun bisa membantu melepas hormon bahagia di otak.

"Memikirkan hal yang membuat bahagia melepaskan neurotransmitter perasaan senang di otak," jelas terapis bersertifikat Matt Traube.

Penelitian menunjukkan bahwa ekspektasi terhadap peristiwa positif mengaktifkan area tertentu di korteks prefrontal, wilayah otak yang berhubungan dengan rasa sejahtera, menciptakan perasaan senang yang sederhana dan alami.

 

3 dari 3 halaman

Memanjakan Diri dengan Perawatan di Klinik Kecantikan

Jika tak sempat atau enggan melakukan perawatan mandiri di rumah, memanjakan diri dengan berbagai treatment di klinik kecantikan pun tetap mendukung kesehatan mental. 

Mills mengatakan pelepasan hormon dopamn dan serotonin saat melakukan perawatan bisa meningkatkan mood.

"Aktivitas ini secara fisik terasa menyenangkan dan menyebabkan pelepasan hormon positif (dopamin dan serotonin), yang secara fisiologis meningkatkan mood dan menghasilkan rasa tenang," ujar Mills.

Saat ini, ada berbagai klinik kecantikan yang menawarkan paket perawatan khusus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Perawatan kecantikan yang dimaksud mulai dari basic facial, laser treatment, hingga contouring.

Kelebihan melakukan perawatan di klinik kecantikan yaitu kita bisa berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan kulit.

Salah satu tips yang yang dibagikan oleh dokter estetika Stiven Eli yakni dengan memperhatikan hasil treatment.

"Bidang estetika sedang berkembang sangat pesat di Indonesia, maka pasien harus lebih cerdas dan cermat dalam membedakan klinik mana yang mengutamakan hasil dan mana yang sekadar dan mana yang sekadar mencari profit," tutur Stiven.

"Perhatikan hasil treatment before-afternya, karena itu menggambarkan quality treatmentnya, bukan hanya sekadar viral," Stiven menambahkan.

Sejumlah klinik kecantikan yang tersebar di banyak kota di Indonesia bisa jadi pilihan, antara lain Derma Express yang menawarkan produk dan layanan berkualitas namun dengan harga terjangkau; Dermaster Clinic yang fokus pada treatment contouring; Click House Beauty yang berbasis di Jakarta dan Bandung fokus pada perawatan kulit dan tubuh dengan alat berteknologi canggih yang telah disetujui oleh otoritas kesehatan dunia; ERHA Clinic yang menawarkan dua solusi perawatan yang ditujukan bagi kebutuhan masing-masing individu mapun perawatan yang dijual bebas tanpa resep dokter; dan ZAP Clinic yang menerapkan sistem online terintegrasi bagi layanannya yang tersebar di Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini