Sukses

Olahraga Terbaik saat Sedang Sedih dan Gundah Gulana, Salah Satunya Berjalan di Alam

Menurut studi komprehensif tentang olahraga dan kesehatan mental, para peneliti menemukan bahwa olahraga sebenarnya dapat mengubah fungsi otak dan mengurangi depresi dan kecemasan.

Liputan6.com, Jakarta - Perasaan sedih dapat merusak mood untuk melakukan aktivitas, baik itu melakukan aktivitas fisik sederhana, seperti merapikan tempat tidur dan memasak.

Sebenarnya, saat suasana hati sedang buruk, memprioritaskan olahraga dapat sangat bermanfaat. Berolahraga dapat membantu keluar dari kesedihan dan mengubah emosi menjadi sesuatu yang lebih ceria.

Menurut studi komprehensif tentang olahraga dan kesehatan mental, para peneliti menemukan bahwa olahraga sebenarnya bisa mengurangi depresi dan kecemasan.

Berikut lima olahraga berikut memiliki potensi untuk meningkatkan suasana hati seperti dikutip dari Verywell Fit pada Kamis, (2/11/2023).

30 Menit Meditasi + 30 Menit Jalan Kaki

Menghabiskan sekitar 60 menit dalam sesi meditasi dan kardio yang terpisah dapat secara signifikan mengurangi depresi dan pikiran sedih, menurut sebuah penelitian dari Translational Psychiatry.

Untuk mengikuti pendekatan yang sama yang dilakukan peneliti terhadap peserta penelitian, luangkan waktu 20 menit untuk berlatih meditasi duduk. Kemudian selama 10 menit berikutnya, berjalanlah perlahan dan fokuskan perhatian pada kaki saat berpindah dari satu kaki ke kaki lainnya. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sesi Tai Chi 30 Menit

Menurut studi peer-review yang diterbitkan dalam The Lancet Psychiatry, aktivitas fisik yang penuh kesadaran seperti Tai Chi dapat menawarkan perubahan kesehatan mental yang optimal bahkan lebih dari sekadar olahraga biasa.

Tai Chi adalah seni bela diri Tiongkok kuno yang dipraktikkan di seluruh dunia karena manfaat kesehatannya. Latihan ini mengikuti serangkaian gerakan perlahan dan lembut yang menggunakan kombinasi pernapasan, pikiran, dan aktivitas fisik dengan harapan mencapai kedamaian batin.

Program pelatihan Tai Chi bervariasi karena tidak ada standar resmi, namun semua latihan dirancang untuk memperkuat otot dan meningkatkan aliran darah.

 

3 dari 4 halaman

Hatha Yoga

Efek positif yoga terhadap kesehatan mental telah didokumentasikan dengan baik. Dalam tinjauan sistematis yoga yang bertujuan untuk mengurangi kesedihan dan gejala depresi, jenis yoga yang paling umum adalah hatha yoga (jenis yoga yang mengajarkan postur fisik), ditemukan berhasil dalam mengurangi perasaan depresi.

Latihan Keseimbangan 10 Menit

Dalam tinjauan sistematis dari Journal of Happiness Studies tentang hubungan antara olahraga dan kebahagiaan, para peneliti menemukan bahwa aktivitas fisik minimal 10 menit dapat meningkatkan suasana hati.

Dalam uji coba terkontrol secara acak, para peneliti menemukan bahwa latihan keseimbangan efektif dalam mencapai peningkatan emosi ini.

 

 

4 dari 4 halaman

50 Menit Berjalan Kaki di Alam

Sebuah studi tentang manfaat olahraga dan alam bagi kesehatan menyarankan pergilah ke perbukitan hijau terdekat saat sedang merasa sedih.

Para peneliti mengukur perubahan dalam pengaruh positif dan negatif, kecemasan, dan stres yang dirasakan di antara partisipan sebelum dan sesudah tindakan berikut: berjalan kaki selama 50 menit di jalur hutan, berjalan kaki selama 50 menit di sepanjang jalan yang sibuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jalan-jalan di hutan memberikan peningkatan terbesar dalam kondisi psikologis.

Untuk mengutamakan keselamatan di hutan, CDC merekomendasikan:

  • Pilih jalan setapak yang teduh atau dekat sungai saat cuaca panas
  • Bawalah air. Dalam cuaca dingin, seseorang perlu minum lebih banyak
  • Ajaklah seorang teman demi keamanan
  • Gunakan bantuan. Tongkat pendakian dapat mengurangi sedikit tekanan pada kaki dan lutut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.