Sukses

Viral Omongan Ade Rai Sebut Makanan Sunda Paling Sehat, Begini Alasannya

Ade Rai: Makanan Sunda Paling Sehat di Indonesia, Begini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Beragam tips menurunkan berat badan dan tips diet sehat sering dibagikan binaragawan Ade Rai. Tidak jarang juga omongan pria berumur 53 tahun diunggah banyak akun TikTok, lalu menjadi FYP dan viral.

Contohnya omongan Ade Rai ketika membahas soal makanan sehat menjadi FYP usai diunggah akun TikTok, Z O N A W O R K O U T tiga hari lalu.

Dalam video yang viral, Ade Rai mengatakan bahwa makanan paling sehat di Indonesia tidak jauh-jauh dari makanan Sunda. Tentunya pernyataan Ade memiliki alasan yang kuat.

"Makanan Sunda itu mulai dari penyajiannya, cara makannya, terus dari sumbernya, dari jumlahnya, semuanya sudah tepat," kata Ade Rai.

"Kalau kita boleh jujur, bayangin aja, contoh misalnya dalam orderan makanan. Order itu artinya urutan. Kita baru datang dikasihnya lalap. Nah, itu kan artinya menunjukkan, ketika kita baru datang, yang dikasih adalah sumber serat," dia menambahkan.

Terkait Penyebab Seseorang Gemuk

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa ada dua 'sensasi' menyebabkan seseorang gemuk, yaitu sensasi lapar dan sensasi kenyang.

Lalu menyoal makanan sehat, Ade, mengatakan, ada jenis-jenis makanan yang kalau dimakan akan secara otomatis menginstruksikan tubuh kita untuk bilang kenyang.

"Nah, itu yang disebut dengan namanya satiety hormone, (yaitu) hormon kenyang," katanya.

Cara Makan Makanan Sunda agar Menyehatkan

Menurut Ade Rai, hormon kenyang hanya akan hadir kalau makanan yang kita makan berasal dari makanan-makanan alami atau real food.

"Jadi, bayangin, ketika kita baru masuk ke restoran Sunda, kita makan, makannya dikasih lalap-lalapan. Kita makanin deh si terong, si selada, si kacang panjang. Pada saat itu otomatis nafsu makan kita jadi lebih bekurang, tapi gizinya sudah masuk ke kita," ujarnya.

"Begitu datang tiba-tiba dikasihnya lagi sayur asem. Pada saat itu barulah datang si ikan bakar, si ayam bakar. Belum lagi nasinya nasi yang zaman dulu misalnya nasih merah," Ade Rai menambahkan.

Dia kemudian melanjutkan,"Bayangin kalau kita makannya masuk dari lalap lalu ke protein dulu, baru habis itu masukin nasinya, urutan itulah yang tanpa disadari secara alami itu akan menyehatkan kita."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ade Rai Ungkap Manfaat Besar Olahraga untuk Kesehatan Jantung

Ade Rai juga pernah menjelaskan manfaat olahraga terhadap kesehatan jantung.

Menurutnya, olahraga memiliki manfaat yang sangat besar terhadap fungsi jantung. Fungsi kerja jantung akan optimal jika rajin dilatih.

"Makanya ada istilah, otot itu kalau kamu tidak gunakan maka kamu akan kehilangan. Sedangkan, otot yang paling penting di dalam tubuh kita itu adalah otot jantung atau cardiac muscle. Jantung kita sehat kalau rajin melatih pengencangan otot jantung," ujar Ade kepada Health Liputan6.com melalui sambungan telepon pada Selasa, 28 September 2021.

Pria bernama lengkap I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai lalu menambahkan bahwa melatih pengencangan otot jantung disebut juga dengan cardiovascular exercise atau aerobik aktivitas. Ini merupakan aktivitas olahraga yang melatih pengencangan otot jantung.

3 dari 3 halaman

Latihan Pengencangan Otot Jantung

Latihan ini dapat dilakukan dalam tiga hal yaitu di luar ruangan, di dalam ruangan, dan terorganisir atau bersama-sama.

"Di luar ruangan bisa naik sepeda, jogging, hiking, walking, termasuk olahraga permainan. Kedua, olahraga dalam ruangan biasanya olahraga yang menggunakan alat bantu seperti treadmill, sepeda statis, dan sebagainya," katanya.

Sedang, aktivitas olahraga untuk pengencangan otot jantung terorganisir adalah olahraga yang dikenal juga dengan group exercise seperti senam aerobik. Bisa yang sifatnya high impact atau low impact pada persendian.

"Semuanya masuk dalam kategori aktivitas olahraga untuk pengencangan otot jantung. Jadi kalau berbicara olahraga dan jantung ya langsung nyata karena jantung adalah otot yang paling penting, di sisi lain otot itu harus terus digunakan dengan aktivitas olahraga," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.