Sukses

Pria Juga Bisa Kena Kanker Payudara, Deteksi Dini dengan SADARI dan SADANIS

Gejala kanker payudara pada pria identik dengan yang dialami oleh wanita yaitu adanya benjolan di sekitar payudara yang bertambah besar dan bisa pecah menjadi luka bernanah.

Liputan6.com, Jakarta - Kanker payudara tak hanya menyerang kaum perempuan. Pria pun bisa terkena kanker payudara. Oleh karena itu dokter spesialis bedah onkologi Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Hasan Sadikin Bandung Kiki Rizki menyatakan penting untuk pria juga ikut memeriksa kesehatannya guna mendeteksi kemungkinan kanker payudara.

"Antisipasinya sama dengan wanita, deteksi dini, baik SADARI atau SADANIS," tuturnya, dilansir Antara.

SADARI yakni Pemeriksaan Payudara Sendiri, sedangkan SADANIS adalah Pemeriksaan Payudara Klinis.

Menurut dr Kiki, deteksi dini tersebut sangat penting mengingat kanker payudara juga menyasar kelompok pria.

Gejala kanker payudara pada pria, kata Kiki, identik dengan yang dialami oleh wanita yaitu adanya benjolan di sekitar payudara yang bertambah besar dan bisa pecah menjadi luka bernanah.

"Gejalanya relatif sama dengan wanita, benjolan di payudara yang bertambah besar dan bisa pecah jadi borok," jelasnya.

Menurut Kiki, faktor hormonal menjadi penyebab utama munculnya kanker payudara pada pria.

Tatalaksana penanganan kanker payudara pada pria pun sama dengan wanita.

"Adapun proses penatalaksanaannya sama dengan wanita, akan tetapi biasanya karena payudara pria kecil maka sering datang dengan stadium lokal lanjut," ucapnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kanker Payudara Jenis Kanker yang Paling Banyak Diderita di Indonesia

Di Indonesia, kanker payudara menempati urutan pertama jenis kanker yang paling banyak diderita. Berdasarkan data Kemenkes 2020, jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 68.858 kasus atau 16,6 persen dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia.

Sedangkan menurut National Breast Cancer Foundation, kanker payudara pada pria mencakup kurang dari 1 persen dari angka kejadian kanker yang ditemukan dan hanya satu dari seribu pria yang didiagnosis menderita kanker payudara.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.