Sukses

5 Kepribadian Wanita yang Disukai Pria, Sering Mengapresiasi hingga Komunikatif

Sederet kepribadian wanita yang disukai pria menurut macam-macam studi dan ulasan. Ada apa sajakah itu?

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, media sosial menampilkan begitu banyak pilihan konten. Di antaranya yang kerap ramai mencuri perhatian mengangkat soal standar kepribadian yang dikagumi pria dan wanita dalam seorang pasangan.

Hal itu nyata lewat banyaknya konten yang mengangkat perihal sikap pria dan wanita dalam hubungan. Tak sedikit pria yang tampak iri melihat pria lain dalam hubungannya yang diperlakukan sedemikian indahnya oleh sang kekasih.

Begitu pula wanita, yang mendambakan pria dengan kepribadian manis layaknya konten-konten di media sosial. Namun di samping itu semua, tulisan ini hendak membahas lebih dulu soal kepribadian wanita yang disukai pria.

Deretan studi yang dikutip melalui Insider, Selasa (29/8/2023) pun pernah membahas hal satu ini. Ternyata, ada beberapa kepribadian wanita yang dianggap menarik untuk pria. Lantas, apa sajakah itu? Berikut di antaranya.

1. Mau Memberi Apresiasi

Studi yang dipublikasikan dalam Evolution and Human Behavior milik Eric R Bressler dan rekannya menemukan bahwa pria tertarik pada wanita yang punya kepribadian senang mengapresiasi.

Menurut para peneliti dalam studi pertama, pria menyukai wanita yang akan tertawa dengan leluconnya. Hal itu dianggap bisa membuat pria merasa lebih didengar dan dihargai.

2. Mengutamakan Kejujuran

Studi kedua, yang dipublikasikan dalam Journal of Research in Personality dan Journal of Psychology & Human Sexuality menemukan bahwa pria lebih senang dengan wanita yang punya kepribadian jujur.

Terutama, jika pria tersebut hendak mencari hubungan untuk jangka panjang. Sebab, kejujuran dan adanya keterbukaan memang akan menjadi komponen penting dalam sebuah hubungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Punya Kepribadian Cerdas dan Berpendidikan

Penulis artikel bertajuk 'The New Trophy Wife', Kristen Houghton mengungkapkan bahwa gelombang ketertarikan sudah berubah, di mana laki-laki banyak yang kini mengakui jikalau perempuan cerdas dan berpendidikan lebih menarik.

Demi mendukung teorinya, Houghton mengutip antropolog Stephen Juan.

"Pria yang sangat kuat menginginkan wanita yang setara dengannya, itulah kenyataannya saat ini," ujar Stephen Juan yang dijadikan rujukan oleh Houghton dalam tulisannya.

Menurut Stephen, akan berbeda hal jika pria menginginkan wanita yang sekadar patuh padanya. Maka, hal itu bisa menunjukkan hal yang berbeda.

"Pria yang lemah menginginkan seseorang yang patuh dan menjadi pelayannya. Itu adalah tanda nyata rasa insecure dalam diri seorang pria jika menginginkan wanita yang tidak punya otak," kata Stephen Juan mengutip Your Tango.

"Istri bisa menjadi cantik, cerdas, dan memiliki karier serta pendapat yang sama kuatnya dengan pasangannya," sambungnya. 

3 dari 4 halaman

4. Kepribadian Wanita yang Responsif dan Mendengarkan

Lebih lanjut studi yang dipublikasikan dalam Personality and Social Psychology Bulletin. Para peneliti menemukan bahwa pria berpikir wanita yang mau menjadi pendengar yang baik dan responsif lebih seksi.

Salah satu penulis studi, dr Gurit Birnbaum mengungkapkan bahwa daya tanggap juga dapat menentukan perempuan mana yang akan dilihat pria bisa menjadi pasangan jangka panjang dan jangka pendek.

"Pasangan yang responsif dianggap sebagai pasangan yang hangat dan penuh perhatian. Sehingga bisa dijadikan pasangan jangka panjang yang diinginkan," ujar Birnbaum dikutip melalui Time.

4 dari 4 halaman

5. Wanita dengan Kepribadian Komunikatif Tak Kalah Penting

Anda mungkin pernah mendengar bahwa komunikasi jadi aspek penting. Itu pula yang diungkapkan melalui ulasan dalam laman Your Tango soal kepribadian wanita seperti apa yang disukai oleh pria.

"Wanita sukses mengasah keterampilan komunikasi mereka. Mereka tetap sibuk dan tidak punya waktu untuk bermain-main. Wanita seperti itu memikirkan apa yang ingin mereka katakan, dan kemudian mereka mengatakannya, dengan tenang dan jelas," ujar pakar dan edukator hubungan, Randy Skilton.

"(Alhasil), pria menghormati wanita yang melakukan hal ini karena mengambil tanggung jawab dan tidak bersikap konfrontatif, dan hubungan bisa berkembang dalam hal tersebut," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.