Sukses

6 Makanan yang Mengandung Nutrisi Baik untuk Otak, Bantu Mencegah Pikun

Konsumsi 6 makanan untuk otak ini agar terhindar dari pikun

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang kita makan setiap hari tidak hanya memberikan energi untuk tubuh, tapi juga untuk sel-sel yang ada di dalam otak. Kita pun sering mendengar tentang jenis-jenis makanan yang baik untuk otak. Namun, makanan seperti apa yang mengandung nutrisi baik untuk meningkatkan suasana hati hingga baik untuk memori di otak?

Berikut enam makanan kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan otak seperti dijelaskan Chairman Herbalife Nutrition Institute, David Heber dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Minggu 23 Juli 2023.

Jenis Makanan untuk Otak

1. Minyak Ikan

David, mengatakan, apabila terdapat satu jenis makanan yang bisa dikaitkan dengan kesehatan otak, mungkin minyak ikan adalah makanan yang tepat.

Menurut David, ikan berlemak seperti ikan sarden, salmon, dan trout mengandung omega-3 yang tinggi. Pun dengan ikan nila yang mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Dijelaskan David bahwa sekitar 60 persen otak terdiri dari lemak. Lalu, asam lemak omega-3 berantai panjang (EPA dan DHA) yang terdapat di dalam ikan adalah jenis lemak yang tidak diproduksi dengan efisien oleh tubuh, sehingga harus mendapatkannya dari makan.

"Asam lemak omega-3 ini juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung," katanya.

2. Teh Hitam dan Teh Hijau

Kedua jenis teh ini disebut David dapat memberikan hidrasi sepanjang hari yang penting untuk otak, sambil memulai aktivitas termogenik (metabolisme) dan meningkatkan rasa energi.

Kafein dikenal karena manfaat alami dalam meningkatkan metabolisme, sementara teh hijau memiliki sifat antioksidan.

Baik teh hitam maupun teh hijau juga mendukung aktivitas antioksidan dalam tubuh, yang membantu melindungi dari kerusakan radikal bebas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ragam Makanan yang Mengandung Vitamin Otak

3. Lutein

Lutein adalah senyawa fitonutrien antioksidan berwarna kuning yang ditemukan dalam bayam, kubis dan alpukat, serta suplemen makanan untuk kesehatan mata.

Lutein terkonsentrasi di bagian belakang mata pada area yang disebut makula, yang paling terpapar sinar ultraviolet akibat fokus cahaya oleh lensa mata.

Mata terhubung dengan otak melalui saraf optik, dan lutein diangkut ke otak yang konsentrasinya lebih tinggi daripada di dalam darah.

"58 persen antioksidan seperti karoten dalam otak, tapi hanya 28 persen dari keluarga fitonutrien ini dalam aliran darah. Sekarang ada studi baik pada orang muda maupun lansia yang menunjukkan efek positif lutein pada fungsi otak," ujar David.

4. Cokelat Hitam

Dark chocolate kaya akan flavonoid. Akan tetapi David menyarankan untuk mendapatkan cokelat dengan kandungan kakao setidaknya 70 persen agar manfaat baiknya terserap baik ke otak.

Flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat meningkatkan daya ingat dan membantu melambatkan penurunan mental terkait usia, terdapat dalam kakao tapi tidak semua cokelat.

Misalnya, cokelat putih tidak mengandung kakao dan banyak permen hanya memiliki 30 persen kakao.

"Cokelat menjadi guilty pleasure, karena juga membuat otak melepaskan dopamine, yang meningkatkan suasana hati atau mood," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Jenis Makanan untuk Vitamin Otak

5. Telur

Telur dan kuning telur kaya protein dan vitamin seperti B, D, dan E, yang dapat membantu meningkatkan daya ingat. Kolin juga terdapat dalam telur.

Dijelaskan David kolin adalah mikronutrien yang digunakan tubuh untuk membuat asetilkolin dan neurotransmitter yang membantu mengatur mood dan daya ingat.

"Kuning telur juga mengandung lutein yang dapat membantu kesehatan otak," katanya.

6. Minyak Zaitun Virgin

Minyak zaitun ekstra virgin, kata David, kaya akan polifenol yang disebut hidroksitirosol, yang dihilangkan dalam bentuk minyak zaitun yang diproses.

Antioksidan yang kuat ini dapat meningkatkan pembelajaran dan daya ingat, tapi juga mengandung senyawa yang meniru penghilang rasa sakit.

"Senyawa yang disebut oleokantal, bekerja seperti ibuprofen untuk menghambat komponen dari jalur rasa sakit yang disebut sistem prostaglandin," katanya.

Meski makanan berkualitas tinggi mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk otak, David mengingatkan untuk tidak lupa melakukan neurobik yang membantu meningkatkan daya ingat, kognisi, dan suasana hati.

"Otak adalah organ yang tidak dapat ditransplantasi atau diganti, jadi jagalah dengan baik," pungkas David.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini