Sukses

6 Hal yang Dilakukan Dokter Mata untuk Melindungi Penglihatannya

Faktanya, banyak dari kebiasaan yang bisa menjaga mata sehat dan melindungi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta Wajar jika penglihatan Anda sedikit berubah seiring bertambahnya usia. Tetapi masalah mata serius yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata Anda dalam kondisi terbaik?

"Untuk setiap tahap yang kita capai dalam hidup, bagian tubuh kita yang berbeda membutuhkan jenis perawatan dan perhatian yang berbeda. Mata kita tidak terkecuali aturan itu," kata Roselyn Ahua, seorang dokter mata yang bekerja di praktik swasta dan untuk Veterans Affairs Medical Center di Charlotte, Carolina Utara, dikutip dari Livestrong.

Faktanya, banyak dari kebiasaan yang bisa menjaga mata sehat dan melindungi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Ahua berbagi strategi yang dia gunakan untuk menjaga ketajaman penglihatannya sekarang dan di masa depan.

1. Memakai Kacamata Hitam Saat di Luar Rumah

Seperti memakai tabir surya, memakai kacamata harus menjadi kebiasaan rutin.

"Salah satu hal paling berdampak yang dapat kita lakukan adalah melindungi mata kita dari paparan sinar UV," kata Ahua.

Sama seperti sinar UV matahari yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda, mereka juga dapat membahayakan mata Anda: Paparan kronis dapat meningkatkan risiko pertumbuhan kanker pada permukaan mata dan menyebabkan perubahan mata yang terkait dengan degenerasi makula terkait usia, catat Dr. Ahua.

Untuk mendapatkan perlindungan maksimal, pilih kacamata hitam yang melindungi dari sinar UVA dan UVB, saran Johns Hopkins Medicine. (Label harus menyatakan "perlindungan 100% terhadap UVA dan UVB" atau "perlindungan 100% terhadap UV400.")

Pastikan kacamata hitam cukup menutupi mata Anda. Karena jika tidak, sinar matahari bisa masuk melalui sisi-sisinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tak Lupa Mengelola Masalah Kesehatan Kronis

Jika Anda menderita diabetes atau tekanan darah tinggi, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk memastikan kondisinya dikelola dengan baik dengan meminum obat sesuai resep dan mengikuti kebiasaan gaya hidup sehat.

"Diabetes adalah salah satu dari lima besar penyebab gangguan penglihatan di dunia. Hipertensi juga dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi," kata Dr. Ahua.

Ini termasuk katarak, distorsi visual, perdarahan abnormal dan bahkan kebutaan.

Jika Anda tidak memiliki masalah kesehatan ini, penglihatan yang sehat adalah satu lagi alasan untuk mencegahnya dengan makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, mengelola stres, dan menjaga berat badan yang sehat.

3 dari 4 halaman

3. Rutin Janji Temu Dokter

Pemeriksaan mata lebih dari sekadar pemeriksaan untuk memastikan resep kacamata atau lensa kontak Anda mutakhir. Dokter mata Anda juga melihat kesehatan mata Anda untuk melihat tanda-tanda awal kemungkinan masalah.

Beberapa perubahan mata tidak dapat dirasakan atau dirasakan sampai terjadi kerusakan parah. Evaluasi sangat penting untuk menentukan adanya kondisi seperti katarak, glaukoma, perubahan diabetes, kerusakan pada jaringan ginjal, perubahan pada makula dan adanya kelainan lain. manifestasi penyakit mata," kata Ahua.

Seberapa Sering Anda Harus Memeriksakan Mata?

Seberapa sering Anda harus menemui dokter mata tergantung pada usia dan status kesehatan Anda, menurut American Academy of Ophthalmology.

Orang dewasa sehat tanpa tanda-tanda atau faktor risiko penyakit mata harus menemui dokter mata untuk pemeriksaan mata yang komprehensif:

- Lebih muda dari 40: Tidak perlu

- Usia 40 hingga 54: Setiap dua hingga empat tahun

- Usia 55 hingga 64: Setiap satu hingga tiga tahun

- Usia 65 tahun ke atas: Setiap satu hingga dua tahun

Orang dewasa dengan diabetes harus mendapatkan pemeriksaan mata tahunan, dan orang dengan diabetes yang mencoba untuk hamil harus mendapatkan pemeriksaan sebelum pembuahan dan sekali lagi di awal trimester pertama kehamilan.

Orang dengan kondisi kesehatan atau yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit mata berdasarkan riwayat medis atau riwayat keluarga mereka harus menjalani pemeriksaan mata secara teratur berdasarkan rekomendasi dokter mereka.

 

4 dari 4 halaman

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang tepat membantu menjaga tubuh Anda dalam kondisi terbaik dari ujung rambut hingga ujung kaki, termasuk mata Anda. "Mata bisa dipengaruhi oleh kekurangan vitamin," kata Dr. Ahua.

Meskipun penting untuk memilih berbagai macam makanan sehat, makanan olahan minimal, American Academy of Ophthalmology mengatakan Anda dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia, katarak, dan mata kering dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan:

- Vitamin C, ditemukan dalam jeruk, stroberi, kiwi, brokoli, dan paprika- Vitamin E, ditemukan dalam almond, biji bunga matahari, dan minyak zaitun

- Seng, ditemukan dalam kacang-kacangan dan polong-polongan, daging, makanan laut, susu, dan telur

- Lutein dan zeaxanthin, ditemukan dalam sayuran berdaun hijau

5. Mengikuti Kebiasaan Gaya Hidup Sehat Lainnya

Selain memilih makanan sehat, "memperhatikan olahraga, istirahat, dan tingkat stres kita membantu kita memiliki tubuh yang lebih sehat secara keseluruhan, yang mengarah ke mata yang lebih sehat," kata Ahua.

Bertujuan untuk berolahraga ringan setidaknya 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu, cobalah untuk tidur tujuh hingga delapan jam di malam hari dan temukan strategi yang berhasil untuk membantu Anda mengendalikan perasaan stres atau kecemasan.

6. Tidak Merokok

Merokok meningkatkan risiko masalah kesehatan serius termasuk kanker, penyakit jantung, penyakit paru-paru, diabetes, dan masalah pernapasan kronis. Dan itu bisa berbahaya bagi mata Anda.

"Penggunaan rokok dapat menyebabkan mata kering, meningkatkan perkembangan katarak dan secara signifikan meningkatkan risiko degenerasi makula terkait usia," kata Ahua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.