Sukses

5 Hal yang Diinginkan Kucing dari Pemiliknya, Salah Satunya Kedipan Cinta

Ingin makin disayang kucing? Simak lima hal yang kucing inginkan dari pemiliknya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Pemilik kucing tentu ingin makin disayang oleh anak bulu (anabul) peliharaan. 

Agar kucing makin sayang pemilik dan nyaman di rumah, pemilik anabul perlu mempertimbangkan dan melakukan hal-hal yang sebenarnya diinginkan kucing dari dirinya.

Kotak Pasir yang Lebih Banyak

Tidak seperti anjing, kucing sangat memperhatikan tempat buang kotoran mereka. Menurut pakar perilaku hewan dan pelatih hewan di Curiosity Trained, Stephanie Mantilla, hal ini berarti kucing umumnya membutuhkan lebih dari satu kotak pasir demi kenyamanannya.

“Bahkan jika Anda hanya memiliki satu kucing, mereka membutuhkan setidaknya dua kotak pasir,” katanya kepada Reader’s Digest.

"Kucing adalah makhluk yang bersih, jadi kucing stres jika menurut mereka kotak kotorannya tidak cocok,” lanjut wanita tamatan University of Mary Washington, Amerika Serikat (AS) itu.

Pelukan dan Kecupan, Tapi Jangan Dipaksa

Pemilik kucing tentu suka memeluk anabul. Kucing pun terkadang suka dipeluk, tetapi mereka sering kali tak ingin dipaksa, mengutip Mantilla.

“Tidak seperti anjing, kucing tidak akan memiliki situasi keluarga yang hangat jika di alam liar,” katanya.

"Memeluk atau membelai secara paksa membuat kucing waspada setiap kali Anda datang," Mantilla melanjutkan.

Oleh sebab itu, Mantilla menyarankan, sebaiknya biarkan kucing datang sendiri. 

“Letakkan selimut lembut atau barang lain yang disukai kucing peliharaan Anda di dekat Anda, dan kemudian tunggulah ‘keajaiban’ terjadi,” tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kedipan Cinta Pemilik

Komunikasi dengan kucing sering kali terasa rumit. Mereka umumnya tidak mudah ditebak seperti anjing, dan mereka tidak peka terhadap bahasa manusia. 

Meski begitu, ahli perilaku kucing dan anjing sekaligus pemilik Fun Paw Care di Los Angeles AS, Russell Hartstein, mengungkap bahwa anabul suka kontak mata dengan pemilik.

Cara melakukan kontak mata yang tepat adalah dengan memberikan kedipan cinta. Adapun kedipan cinta adalah kedipan yang panjang dan lambat.

“Ini adalah cara untuk memberinya cinta dari kejauhan,” jelas Hartstein. 

“Dengan begitu, mereka akan menunjukkan kepada Anda bahwa mereka merasa dicintai, nyaman, dan aman di sekitar Anda,” dia melanjutkan.

3 dari 4 halaman

Spot yang Cerah untuk Berbaring

Kucing sangat menyukai sinar matahari. Oleh sebab itu, sering kali kita melihat kucing yang mengikuti titik yang terkena matahari saat berjalan di lantai. 

“Kucing sangat menyukai tempat yang hangat dan nyaman untuk tidur,” kata dokter hewan dan konsultan DogLab, Sara Ochoa.

Oleh sebab itu, Ochoa menyarankan pemilik kucing untuk menyediakan spot tertentu yang cerah, agar anabul bisa berbaring.

“Tempat favorit adalah berjemur di bawah sinar matahari atau di atas tumpukan pakaian yang baru dikeringkan,” ungkapnya.

“Tapi, di mana pun kucing Anda merasa hangat, mereka akan tidur di sana,” Ochoa menambahkan.

4 dari 4 halaman

Memperhatikan Ketika Kucing Buang Air Kecil

Meski terdengar jorok, tetapi pemilik kucing harus lebih memperhatikan urine kucing, atau ketika anabul pipis. 

Menurut Ochoa, dari urine dan perilaku buang air kecilnya, kucing dapat memberi tahu banyak hal tentang kesehatan fisik dan mentalnya.

“Misalnya, jika kucing Anda yang selalu menggunakan kotak kotorannya buang air kecil di lantai,” tuturnya.

Dalam situasi demikian, Ochoa mengingatkan pemilik kucing untuk jangan memarahi anabul. Alih-alih terpancing emosi, sadarilah bahwa mungkin ia mencoba memberi tahu sesuatu.

“Hal tersebut bisa menandakan kotak pasirnya tidak bersih, kucing sedang sakit, cedera, atau mungkin mengalami depresi,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.