Sukses

Stunting Adalah Kondisi Tinggi Badan yang Kurang dari Normal, Apa Saja Penyebab Stunting yang Harus Diketahui?

Berikut penyebab stunting yang harus diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta - Stunting adalah sebuah kondisi panjang atau tinggi badan seseorang yang kurang dari normal berdasarkan usia dan juga jenis kelamin. Terjadinya stunting juga menunjukkan status gizi yang kurang (malanutrisi) dalam jangka waktu yang lama (kronis) mulai dari masa kehamilan hingga anak berumur 24 bulan (2 tahun) atau 60 bulan (5 tahun).

Dokter Obgyn dari Kehamilan Sehat, Prof Johanes C Mose menjelaskan bahwa penyebab stunting yang paling banyak adalah karena kekurangan gizi. Oleh sebab itu, orang tua harus tahu bagaimana cara mengatasi susah makan pada anak yang terkadang menjadi masalah umum pada anak-anak khususnya balita.

Penyebab Stunting

Dilanjutkannya bahwa penyebab stunting lainnya yang perlu diketahui adalah kurangnya pengetahuan ibu terhadap pentingnya pemenuhan gizi sebelum hamil, saat hamil, dan juga setelah melahirkan.

"Selain itu pula kurangnya persediaan air bersih dan sanitasi juga berpengaruh. Kemudian berat badan ibu yang tidak mengalami kenaikan selama hamil atau pun kenaikan berat badan ibu yang berlebih dan tidak sesuai dengan ketentuan dari dokter kandungan bisa jadi penyebabnya," kata Prof Johanes dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Senin 22 Mei 2023.

Sebagai salah satu klinik kesehatan, Kehamilan Sehat memiliki kesadaran akan angka stunting yang sangat membahayakan untuk masa depan anak Indonesia.

Maka dari itu, Kehamilan Sehat siap membantu pemerintah dalam menjalan misi untuk mengurangi angka stunting yang memang masih tinggi khususnya di Indonesia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perawatan Stunting

Adapun cara yang dilakukan dalam membantu pemerintah menekan angka stunting di Indonesia dengan terus memberikan edukasi secara penuh kepada ibu hamil guna mencegah kelahiran dengan stunting.

Selain itu, bagi bayi yang diketahui mengarah ke kondisi stunting juga bisa dilakukan beberapa perawatan dengan cara mengetahui penyebabnya.

Selain itu juga memperbaiki nutrisi si Kecil dan tak lupa pemberian suplemen berupa vitamin (zat besi, zinc, vitamin A, dan yodium).

Selain itu pula penting bagi orang tua untuk mengonsumsi makanan tambahan dengan gizi lengkap atau menerapkan gaya hidup sehat.

 

3 dari 3 halaman

Dampak Stunting

Salah satu dampak dari pertumbuhan stunting yang terus meningkat di Indonesia kepada masyarakat luas, di antaranya status masyarakat yang miskin, kurang gizi, lemah dan penyakitan, angka kematian yang tinggi, berpendidikan rendah, berpenghasilan rendah, rendah daya saing, rendah penguasaan sains dan teknologi, kurang produktif dan prestasi, serta rendahnya kemampuan ekonomi, keamanan dan pertahanan bangsa atau negara.

Cegah stunting sejak dini dengan memenuhi gizi anak bahkan sejak dalam kandungan, agar anak bisa menjalani hidup yang normal sesuai dengan anak seusianya dan kelak menjadi generasi yang memiliki kualitas yang akan membanggakan Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.