Sukses

Perankan Remaja Antisosial dalam Serial The Crowded Room, Kesehatan Mental Tom Holland Terdampak

Perankan remaja antisosial di The Crowded Room, Tom Holland mengaku kesehatan mentalnya terdampak. Kok bisa?

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Inggris Tom Holland kembali ke layar kaca lewat perannya di serial The Crowded Room yang akan tayang pada 9 Juni 2023 mendatang.

Baru kali ketiga bermain serial televisi, kali ini bintang Spider-Man: No Way Home tersebut memerankan seorang remaja antisosial yang bermasalah, Danny Sullivan.

Tom mengungkap, perannya sebagai Danny membuatnya belajar dan menggali lebih dalam tentang kesehatan mental.

“Belajar tentang kesehatan mental dan kekuatannya, dan berbicara kepada psikiater tentang perjuangan Danny telah menjadi sesuatu yang sangat informatif bagi hidupku sendiri,” tutur pria kelahiran 1996 tersebut kepada EW.

Peran Remaja Antisosial Memengaruhi Kesehatan Mental Tom Holland

Meskipun fiksi, peran remaja antisosial yang dimainkan Tom cukup berat baginya. Bahkan, ia mengungkap, peran sebagai Danny lebih berat daripada peran yang menguras tenaga fisik.

"Aku tidak asing dengan aspek fisik dari pekerjaanku, (seperti) main film action," katanya.

"Tapi dalam aspek mental, itu benar-benar memukulku dan aku butuh waktu lama untuk pulih setelah itu,” lanjut pria yang lahir di London tersebut.

Lebih lanjut, Tom juga bercerita bahwa ia sempat sulit untuk “kembali” ke kenyataan. Sebab, karakter Danny sudah terlanjur terlalu melekat pada sang aktor.

“Aku melihat diriku dalam dirinya, dalam kehidupan pribadiku,” ia bercerita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sutradara The Crowded Room Sebut Tom Holland Aktor yang Paling Cocok Perankan Danny

Sutradara dan penulis naskah The Crowded Room, Akiva Goldsman mengungkap, ia merasa Tom Holland adalah satu-satunya sosok yang cocok memerankan Danny.

“(Tom) orang pertama dan satu-satunya yang saya ajak bicara tentang memerankan Danny,” katanya.

"Dia membawa karakter ini ke dalam hati. Itu adalah bagian yang sangat menantang,” pria 60 tahun tersebut melanjutkan.

Goldsman berkata, peran Tom sangat luar biasa selama syuting. “Kami syuting selama 130 hari berturut-turut di New York, selama COVID. Tom memegang pusat syuting kami dengan cara yang membuat karya berhasil,” ungkapnya.

Kekaguman sang sutradara kepada Tom tak lain lantaran ia memiliki pendirian yang kuat terhadap peran ini.

“Dia sangat penyayang, keyakinannya dan pendiriannya pada peran itu luar biasa. Saya senang, karena saya pikir belum cukup banyak orang melihat sosoknya yang seperti ini,” lanjut Goldsman.

3 dari 5 halaman

Perankan Danny Sullivan, Tom Holland Belajar Mengenali Pemicu Kesehatan Mental Menurun

Tak hanya menggali karakter Danny dengan amat mendalam, Tom juga jadi mengenali hal-hal yang dapat memicu menurunnya kesehatan mental.

“Belajar tentang kesehatan mental karena peran ini telah menjadi sesuatu yang sangat membuka wawasan, terutama untuk mengenali pemicu dan hal-hal yang membuatku stres, seperti media sosial,” kata Tom.

Seperti yang diketahui para penggemar pria bernama lengkap Thomas Stanley Holland tersebut, aktor ini sempat memutuskan untuk rehat dari media sosial pada Agustus 2022 lalu.

Sebelum beristirahat dari jagat maya, Tom menyampaikan kepada penggemar dalam dalam sebuah video berdurasi nyaris tiga menit di Instagram.

“Aku sudah mencoba membuat video ini sekitar satu jam. Dan untuk orang yang menjalani 13–14 tahun terakhir berakting…aku seperti tak bisa mengungkap apa yang ingin kukatakan tanpa bilang “uhm..” atau “ah” setiap lima menit sekali,” katanya seperti dilansir dari Elle.

“Aku beristirahat dari media sosial demi kesehatan mentalku,” lanjut Tom.

4 dari 5 halaman

Tom Holland Berharap Penonton ‘The Crowded Room’ Makin Sadar Pentingnya Kesehatan Mental

Sebelum serial yang akan tayang di Apple TV+ ini dirilis, Tom membeberkan harapannya untuk penonton.

Ia berharap, melalui serial The Crowded Room, makin banyak orang dapat menyadari pentingnya kesehatan mental.

“Aku berharap penonton akan lebih menghargai dan memiliki simpati yang lebih besar untuk orang-orang yang memiliki isu-isu kesehatan mental,” tuturnya.

“Aku harap orang-orang akan merasa teredukasi tentang kekuatan kesehatan mental, penderitaan, dan kemampuan kita yang hebat untuk terus bertahan hidup,” pungkas Tom.

5 dari 5 halaman

Sinopsis ‘The Crowded Room’

The Crowded Room adalah serial TV dengan genre thriller psikologis Amerika Serikat yang akan datang. Ditulis oleh Akiva Goldsman, serial ini terinspirasi dari buku tahun 1981, ‘The Minds of Billy Milligan’ oleh Daniel Keyes.

Serial ini bercerita tentang Danny Sullivan (Tom Holland) setelah dia ditangkap lantaran keterlibatannya dalam penembakan di New York City pada tahun 1979. 

Danny mengungkap hidupnya melalui serangkaian wawancara dengan interogator Rya Goodwin (Amanda Seyfried), dan perlahan-lahan menjelaskan secara detail kepada Rya dan penonton mengenai masa lalunya yang misterius.

Saat Danny memeriksa hidupnya, dia memperhitungkan masa lalunya dan beberapa momen penting, yang pada akhirnya membawanya untuk mengungkap suatu hal yang mengubah hidup.

The Crowded Room dijadwalkan tayang perdana di Apple TV+ pada 9 Juni 2023 dengan tiga episode. Tujuh episode berikutnya akan dirilis setiap minggu, berakhir pada 28 Juli 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.